Analisis Kepuasan Penerima Bantuan Program Sembako Terhadap Pelayanan dan Harga Produk Bantuan Program Sembako di Kota Banda Aceh
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan dan harga produk bantuan Program Sembako di Kota Banda Aceh. Berdasarkan jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan melalui wawancara langsung dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan Program Sembako. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil perhitungan dengan menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) nilai kepuasan konsumen terhadap pelayanan dan harga produk bantuan Program Sembako pada beras dan telur diperoleh hasil CSI yang menyatakan sebanyak 68 responden puas. Hal tersebut dikarenakan para penerima bantuan Program Sembako merasa pelayanan dan harga produk yang diberikan dinilai sudah baik. Dengan hadirnya bantuan Program Sembako yang diberikan ini, tentu membuat mereka bersyukur dan merasa cukup atas bantuan yang diberikan. Sehingga, adanya bantuan Program Sembako ini tentu dapat mengurangi beban pengeluaran KPM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2020). Analisis CSI (Customer Satisfaction Index) Mandreling Coffee Di Kota Medan (Studi Kasus: Kopi Takar Cafe Ji Setiabudi No. 35 Medan).
Aritonang, R.L. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia
Badan Standarisasi Nasional (BSN). (2006). Sni 3926: 2006. Telur Ayam Konsumsi. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.
BPS Aceh. (2019). Badan Pusat Statistik. Https://Aceh.Bps.Go.Id/
Cahyat, A., Gonner, C., & Haug, M. (2007). Mengkaji Kemiskinan Dan Kesejahteraan Rumah Tangga: Sebuah Panduan Dengan Contoh Dari Kutai Barat, Indonesia. Cifor.
Damanik, P. (2014). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Minuman Kopi Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23Dengan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI)(Studi Kasus Di Coffee Story Malang. Universitas Brawijaya.
Ghozali, I. (2016)., Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss, 23.
Humas Jabar. (2020). Manajemen Penyimpanan: Cegah Telur Bansos Tidak Membusuk. Http://Humas.Jabarprov.Go.Id/
Junaidi, M. S. (2017). Komparasi Kepuasan Penerima Kartu Bantuan Pangan Non Tunai Dan Penerima Rastra Di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Econosains Jurnal Online Ekonomi Dan Pendidikan, 15(2), 273–288.
Kabar Pasti. (2020). E-Warung Disebut Abal-Abal, Kualitas Suplai Pangan Bpnt Dipertanyakan. Https://Kabarpasti.Com/E-Warung-Disebut-Abal-Abal-Kualitas-Suplai-Pangan-Bpnt-Dipertanyakan/
Kemenko, P. (2019). Pedoman Umum Program Sembako 2020.
Naingolan, N., Maarif, S., & Sukmawati, A. (2020). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Studi Kasus Bank Xyz. Jurnal Rekomen (Riset Ekonomi Manajemen), 3(2), 109–124.
Rasu, K. J. E., Kumenaung, A. G., & Koleangan, R. A. M. (2021). Analisis Pengaruh Dana Alokasi Khusus, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Bagi Hasil Terhadap Tingkat Kemiskinandi Kota Manado.Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 20(4), 12–25.
Republik Merdeka. (2021). Beras Program Bpnt Di Lamongan Tidak Layak Konsumsi.Https://Www.Google.Com/Amp/S/Rmol.Id/Amp/2021/06/06/490890/Beras-Program-Bpnt-Di-Lamongan-Tidak-Layak-Konsumsi
Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. Alfabeta : Bandung.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Method). Bandung : Alfabeta.
Suparmoko, M. (2002). Buku Pedoman Penilaian Ekonomi: Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Konsep Dan Metode Perhitungan). Bpfe, Yogyakarta.
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1).
Yulandari, D. A. Y. U. I., Budiasa, I. W., & Sarjana, I. D. G. R. (2019). Analisis Preferensi Dan Kepuasan Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Terhadap Beras Di Kota Denpasar. Jurnal Agribisnis Dan Agrowisata (Journal Of Agribusiness And Agritourism), 252–261.
DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v6i4.18217
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian
JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan
E-ISSN: 2614-6053 | 2615-2878 | Statistic | Indexing | Citation | Dimensions
Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id