Pengaruh Fungi Mikoriza Arbuskula dan Pupuk Kandang Terhadap Serapan Hara Kacang Hijau (Phaseolus radiatus L.) pada Ultisol

Juliani Anata Lubis, Fikrinda Fikrinda, Hifnalisa Hifnalisa

Abstract


Pemanfaatan fungi mikoriza arbuskular (FMA) dan pupuk kandang merupakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas tanaman pada ultisol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh FMA dan pupuk kandang terhadap serapan hara N, P, K. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 2 x 3 dengan 4 kelompok. Faktor yang dicobakan adalah FMA dan pupuk kandang kambing. Faktor pertama adalah FMA (Fungi Mikoriza Arbuskula)  dengan 2 taraf yaitu: M0 : Tanpa FMA dan M1 Aplikasi FMA: 20 g/polibag. Faktor kedua yaitu pupuk kandang yang terdiri dari 3 taraf yaitu: P0 : tanpa pupuk kandang, P1 : 50 g /polibag pupuk kandang, P2 : 100 g /polibag pupuk kandang. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa serapan N sangat nyata dipengaruhi oleh FMA, namun tidak nyata oleh perlakuan pupuk kandang dan interaksi FMA dan pupuk kandang, serapan P sangat nyata dipengaruhi oleh FMA, namun tidak nyata oleh perlakuan pupuk kandang dan interaksi FMA dan pupuk kandang serta serapan K sangat nyata dipengaruhi oleh FMA, namun tidak nyata oleh perlakuan pupuk kandang dan interaksi FMA dan pupuk kandang. Inokulalasi FMA dengan pemberian 100 g/polibag pupuk kandang kambing memberikan pengaruh terbaik terhadap perbaikan serapan hara kacang hijau pada ultisol.


Keywords


Mikoriza, Pupuk Kandang, Serapan Hara, Kacang Hijau, Ultisol

Full Text:

PDF

References


Alfandi, F. N., B. Siswanto dan Y, Nuraini. 2015. Pengaruh pemberian berbagai jenis bahan organik terhadap sifat kimia tanah pada pertumbuhan dan produksi tanaman ubi jalar di Entisol Ngrangkah Pawon, Kediri. Tanah dan Sumberdaya Lahan. 2(2): 237-244.

Arifah, S. M. 2013. Aplikasi macam dan dosis pupuk kandang pada tanaman kentang. Gamma. 8(2): 80-85.

Diastama, W. P., G. K. Susrama dan G. P. Wirawan. 2015. Isolasi dan karakterisasi fungi mikoriza arbuskula pada tanah dan akar tanaman jagung di desa Sanur Kaja. Agroekoteknologi Tropika. 4(1): 66-73.

Fitriatin, B. N., A. Yuniarti., T. Turmuktini dan F. K. Ruswandi. 2014. The Effect of Phosphate Solubilizing Microbe Producing Growth Regulators on Soil Phosphate, Growth and Yield of Maize and Fertilizer Efficiency on Ultisol. Eurasian J. of Soil Sci. Indonesia. Hal:101-107.

Harahap, L. H., A. S. Hanafiah dan H. Guchi. 2018. Efektivitas pemberian mikoriza terhadap serapan hara N dan P tanaman karet pada lahan dengan cekaman kekeringan yang telah diberi bahan organik. Agroekoteknologi. 6(1): 167-173.

Hartoyo, B., O. Trisilawati dan M. Ghulamahdi. 2015. Tanggap pertumbuhan dan biomasa pegangan (Centella asiatica. L Urban) pada aplikasi fungi mikoriza arbuskular dan pemupukan di Andosol. Bul littro. 26 (6): 87-96.

Jannah, H. 2011. Respon tanaman kedelai terhadap asosiasi fungsi mikoriza arbuskular di lahan kering. Ganec Swara. 5(2): 28-31.

Kuncoro, H. 2008. Serapan hara P dan K serta hasil tanaman padi pada berbagai imbangan pupuk kandang dan pupuk anorganik di lahan sawah Palur Sukoharjo. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Makka, A. A., Y. S. Patadungan dan S. W. Prahastuti. 2015. Pengaruh pupuk kandang ayam terhadap serapan hara nitrogen oleh tanaman kubis bunga pada oxid dystrudepts lembantongoa. Agroland. 22(2): 138-146.

Pulungan, A. S. S. 2013. Infeksi fungi mikoriza arbuskular pada tanaman tebu (Saccharum officinarum). Biosains Unimed. 1(1): 43-46.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v6i2.16989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@unsyiah.ac.id