Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sayuran Di Pasar Simpang Tujuh Ulee Kareng

Lely Kurniawati, M. Yuzan Wardhana, Fajri Jakfar

Abstract


Vegetables are food items consumed by the population to meet its daily food needs and the provincial administration reports that the people of Aceh increased in consumption of vegetables and fruits by 2018, as much as 18,1%. The study aims to find out what factors affect consumer decisions in the purchasing of vegetables and to find out which factors most strongly influence the decision of the consumer in the purchasing of vegetables at the Ulee Kareng. The study is carried out in the Ulee Kareng market in December 2020. Data collection methods are done with survey methods using a survey method using questionnaire made up of 6 (six) sub-chapter on lifestyles, attitudes, qualities, prices, locations, and purchase decisions related to research and analysis methods using regression analysis with the help of the SPSS device. The results of this study indicate that lifestyle, attitude, quality, price, and location factors affected the decision of buying vegetables in the box-market seven Ulee Kareng and that the price factors were the most dominant to influence the decision of buying vegetables in the Ulee Kareng Seven Intersections.


Keywords


Vegetables, Consumer, Ulee Kareng Market

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013. PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.

Direktorat Jenderal Hortikultura. 2013. Pedoman Umum Program Peningkatan Produksi, Produktifitas Dan Mutu Produk Hortikultura Berkelanjutan Tahun 2013, Jakarta.

Eliza., E. Sayamar dan C. Kaswita. 2011. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Di Pasar Arengka (Pasar Tradisional) Dan Giant Hypermarket (Pasar Modren) Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Indonesian Journal Of Agricultural Economics (IJAE). 2: 16, 20, 32, 33.

Fissamawati, F. 2009. Analisis Keputusan Pembelian Konsumen Sayuran Di Pasar Tradisional (Studi Kasus Di Pasar Baru Bogor). Skripsi. Program Sarjana Ekstensi Manajemen Agribisnis Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Fuad, M., H. Christine., Nurlela., Sugiarto dan Y.E.F. Paulus. 2000. Pengantar Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gay, L.R dan P.L. Diehl. 1992. Research Methods for Business and Management. Mac Milan Publishing Company, New York.

Ghanimata, F. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, I. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 4. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, I. 2013. Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 7. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hawkins, Best, dan Coney. 2001. Consumer Behavior: Building Marketing. Strategy 8th Edition. The McGraw-Hill Companies, New York.

Kreitner, R. 2005. Organizational Behavior. Salemba Empat, Jakarta.

Kotler, P dan G. Armstrong. 2000. Dasar – Dasar Pemasaran. Bagian 1 dan 2. Prehallindo, Jakarta.

Kotler, P dan G. Armstrong. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi Kedua Belas. Erlangga, Jakarta.

Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran: Jilid 1. Edisi Milenium. Prehallindo, Jakarta.

Kotler, P dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1 Cetakan Keempat. PT Indeks, Jakarta.

Lamb, C., J.F. Hair dan C. McDaniel. 2008. Pemasaran. Buku 1 Edisi Pertama. Salemba Empat, Jakarta.

Mankiw, N.G. 2007. Chaper 4: The Market Forces of Supply and Demand dalam Principles of Macroeconomics. Ohio: Thomson, South Western.

Muazin, A. 2017. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Bekas (Studi Pada Konsumen Sepatu Bekas Kendari Beach). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo, Kendari.

Oladele, O.I. 2011. Contribution of Indigenous Vegetables and Fruits to Poverty Alleviation in Oyo State, Nigeria. Hum Ecol. 34(1) : 1 – 6.

Peraturan Presiden Nomor 112 Tahun 2007 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan, dan Toko Modern.

Purba, E.B.A., R. Ginting dan S.N. Lubis. 2014. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Sayuran Di Pasar Tradisional (Studi Kasus : Pasar Tradisional Di Kota Medan). Journal On Social Economic Of Agriculture And Agribusiness. Vol 3(2). Departemen Agribisnis FP USU. Medan.

Roscoe dalam U. Sekaran. 2006. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Salemba Empat, Jakarta.

Saodah, D.S dan R. Malia. 2017. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). Jurnal Agrosicence. 7: 1 – 15.

Sara, W.N dan H. Ikasari. 2014. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayuran Di Pasar Tradisional Di Kota Semarang. Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Sari, M.R.P. 2010. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Berbelanja Di Pasar Klithikan Notoharjo Semanggi Surakarta. Skripsi. Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Schiffman, L dan L. L. Kanuk, 2008. Perilaku Konsumen. PT. Indeks, Jakarta.

Sekaran, U. 2011. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 4. Salemba Empat, Jakarta.

Satria. 2010. Pasar Modern dan Pasar Tradisional. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran. Kencana, Jakarta.

Soekirno, S. 2007. Makro Ekonomi Modern. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Sumarwan, U. 2004. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia, Bogor Selatan.

Suryani, T. 2008. Perilaku Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan 3. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Swastha, B. 2002. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Cetakan Kedelapan. Penerbit Liberty, Jakarta.

Tandjung, J. 2004. Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai – Nilai Pelanggan. Edisi Kedua Cetakan Kedua. Bayumedia Publishing, Malang.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Usman, H dan P.S. Akbar. 2006. Pengantar Statistika. Edisi Kedua Cetakan Pertama. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Widiyono dan M. Pakkanna. 2013. Pengantar Bisnis : Respon Terhadap Dinamika Global. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Yamato. 2011. Kekurangan Dan Kelemahan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional. CV. Andi, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v6i1.16527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id