Keragaman Jenis Anggrek Epifit di Kawasan Rainforest Lodge Kedah Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh

Dessy Mutiara Chandra, Iqbar Iqbar, Saida Rasnovi

Abstract


Kedah adalah salah satu gerbang menuju Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) dari bagian Kabupaten Gayo Lues. Kedah memiliki kawasan hutan hujan tropis (tropical rainforest) dengan status hutan lindung dan berbatasan dengan TNGL. Hutan hujan tropis Kedah lebih dikenal dengan Rainforest Lodge Kedah, memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi termasuk anggrek epifit, namun keragamannya belum terdata. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian keragaman anggrek epifit yang bertujuan untuk mengidentifikasi jenis dan menghitung indeks keragaman jenis anggrek epifit di kawasan Rainforest Lodge Kedah. Keragaman anggrek epifit didata dengan metode analisis vegetasi garis berpetak dan lokasi cuplikan ditentukan dengan acak terstruktur. Empat transek dengan panjang 120 m dibuat untuk meletakkan 6 plot dengan ukuran 20 m x 20 m pada masing-masing transek tersebut. Hasil analisis vegetasi ditemukan 35 jenis anggrek epifit yang didominasi oleh jenis Dendrochilum simile Blume dan Appendicula hexandra (J.Koenig) J.J.Sm. Anggrek-anggrek ini merupakan anggota dari 20 genus dengan genus dominan yaitu Appendicula dan Dendrochilum. Dilihat dari indeks nilai penting yang dimiliki, anggrek jenis Appendicula hexandra (INP: 27,67%) dan Dendrochilum simile (INP: 25,73%) merupakan jenis yang lebih penting dari 33 jenis lainnya. Indeks nilai penting anggrek epifit terendah adalah jenis Coelogyne miniata (Blume) Lindl. (INP: 1,25%) dan Agrostophyllum tenue J.J.Sm (INP: 1,25%).Secara keseluruhan kawasan Rainforest Lodge Kedah memiliki keragaman anggrek epifit dengan nilai sedang yang disimpulkan dari indeks keragaman yang dihasilkan yaitu 2,889.

 


Keywords


Keragaman jenis anggrek epifit, Rainforest Lodge Kedah;Diversity of epiphytic orchid species, Kedah Rainforest Lodge

Full Text:

PDF

References


Berliani, K. 2008. Disrtibusi dan Stratifikasi Altitudinal Jenis Anggrek Epifit di Hutan Gunung Sinabung Kabupaten Karo Sumatera Utara. Sekolah Pascasarjana: Univrsitas Sumatera Utara.

Fachrul, M.F. 2007. Metode Sampling Bioekologi. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Hasanuddin. 2010. Jenis Tumbuhan Anggrek Epifit di Kawasan Cagar Alam Jantho Kabupaten Aceh Besar (Variety Of Epiphytic Orchids in Jantho Nature Reservation Aceh Besar Distric). www.e-jurnal.com.

Harwati, C.T. 2007. Pengaruh Intensitas Cahaya Matahari Terhadap Pertumbuhan Anggrek (Orchidaceae) Innofarm: Jurnal Inovasi Pertanian Vol, 6 No. 1.

Indarto, N. 2011. Pesona Anggrek Petunjuk Praktis Budi Daya dan Bisnis Anggrek. Yogyakarta: Cahaya Atma Pustaka.

Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Bumi Aksara. Jakarta.

Puspitaningtyas, D. M. 2007. Inventarisasi Anggrek dan Inangnya di Taman Nasional Meri Betri-jawa Timur. Biodiversitas Volume 8. Nomor 3.

Suin, N. M. 2002. Metode Ekologi. Cetakan ke-1. Edisi 2. Padang: Universitas Andalas.




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v5i4.15884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id