Daya Dukung habitat Terhadap Ketersediaan Pakan Gajah Sumatera yang Ditangkarkan di Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Aek Nauli Provinsi Sumatera Utara

Devi Kristina Br Ginting, Saida Rasnovi, Iqbar Iqbar

Abstract


Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK Aek Nauli merupakan salah satu KHDTK yang ditetapkan melalui surat keputusan menteri kehutanan no. 39/Menhut-II/2005, tanggal 7 Februari 2005 dengan luasan 1900 ha. Untuk alokasi habitat gajah sumatera diberikan 100 ha terletak pada ekosistem hutan sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis pakan gajah sumatera dan menghitung daya dukung habitat terhadap ketersediaan pakan gajah sumatera.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis vegetasi dan menghitung daya dukung habitat. Analisis vegetasi yaitu metode jalur dan garis berpetak (Kusmana 1997, 2006) sebanyak 5 petak contoh diletakkan pada garis transek yang panjangnya 50 m. Jumlah transek untuk analisis vegetasi adalah 2 transek. Ukuran petak contoh untuk setiap strata pertumbuhan adalah semai  2m x 2m, pancang 5m x 5m, dan tiang 10m x 10m.Untuk menghitung daya dukung pakan gajah dilakukan dengan menentukan tumbuhan pakan gajah yang terdapat pada petak pengamatan lalu memilih bagian tumbuhan yang dimakan yang memiliki karateristik jumlah daun, panjang, dan diameter ranting yang relatif sama sebanyak 4-5 ranting contoh dalam satu individu, kemudian memotong contoh daun/ranting pertama untuk ditimbang k, pemotongan kembali contoh daun/ranting kedua dan seterusnya dalam selang waktu 1 minggu dalam 4 minggu. Berdasarkan hasil perhitungan iketahui bahwa daya dukung habitat gajah sumatera di KHDTK Aek Nauli dengan luasan 100 ha  dengan proper use 60%, dan kebutuhan per ekor gajah rata-rata 250 kg/hari adalah1,71ha/ekor/hari.

 


Keywords


Gajah sumatera; daya dukung habitat di KHDTK Aek Nauli; Sumatran elephants; habitat support capacity in KHDTK Aek Nauli

Full Text:

PDF

References


Kusmana, C.1997. Ekologi Dan Sumberdaya Ekosistem Mangrove. Bogor. Jurusan Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB.

Priyono, A. 2007. Pendekatan Ekologi dan Ekonomi dalam Penataan Kawasan Buru Rusa Sambar: studi Kasus Taman Buru Gunung Masigit-Kareumbi. Sisertasi. Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor. Tidak diterbitkan.

Saleh, C dan Andriani. 2005. Petualangan Ghazu, Gajah Sumatera. Internal Report. WWF Indonesia. Jakarta.

Sitompul, A.F. 2011. Ecology and Conservation of Sumatran Elephants (Elephas maximus sumatranus) in Sumatra, Indonesia. Ph.D thesis. University of Massachusetts, Amherst, USA.

Susetyo, S. 1980. Padang pengembalaan. Bogor: Fakultas Peternakan, Institut Pertanian Bogor.

Yoza, D., 2005. Kajian Kurikulum Latihan Gajah di Pusat Konservasi Gajah Tahura Sultan Syarif Hasyim Riau. Laporan Penelitian. Universitas Riau




DOI: https://doi.org/10.17969/jimfp.v5i4.15717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id