Analisis Pemasaran Cabai Merah (Capsicum Annum) Di Desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar

Novita Sari, Zulkarnain Zulkarnain, T Fauzi

Abstract


Cabai merah merupakan komoditi holtikultura yang tergolong sayuran rempah dimana komoditi ini cukup penting sebagai sumber penghasilan petani dan pendapatan negara. Artinya produk cabai merah sangat besar kontribusinya untuk masyarakat dan negara, karena selain dipasarkan dalam negeri komoditi ini juga diekspor. Desa Ladong merupakan daerah sentra penghasil cabai merah di Kecamatan Mesjid Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis saluran pemasaran, besarnya margin dan efisiensi pemasaran cabai merah di Desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis desktiptif, metode analisis margin dan efisiensi pemasaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa saluran pemasaran cabai merah menggunakan saluran satu tingkat dan saluran dua tingkat. Margin cabai merah pada tipe I sebesar Rp. 24.126 per kg dan tipe II sebesar Rp. 26.000 per kg. Efisiensi pamasaran cabai merah pada tipe I adalah 51,33%  dan pada tipe II 54,16% 


Keywords


Cabai Merah;Saluran Pemasaran;Margin Pemasaran dan Efisiensi Pemasaran;Red Chili Pepper;Marketing Channels;Marketing Margin and Marketing Efficiency

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.

Azzaino, Z. 2005. Pengantar Tataniaga Pertanian. Jurusal Sosial Ekonomi Pertanian. IPB Bogor.

Kohl, R. L. dan Uhl, J. N. 1985. Marketting of Agricultural Product. Macmillan

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Padmowiharjo, S. 1999. Psikologi Belajar Mengajar. Universitas Terbuka, Jakarta.

Sadirman, A.M. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Santika. 2006. Agribisnis Cabai. Penebar Swadaya, Jakarta.

Sarma. 1985. Pengantar Ilmu Ekonomi Pertanian. Bahan Kuliah. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian. Fakultas pertanian IPB, Bogor.

Soekartawi. 2002. Pemasaran Hasil Pertanian. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Suratiyah, Ken. 2006. Ilmu Usaha Tani. Penebar Swadaya, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian

 


JIM Agribisnis|JIM Agroteknologi|JIM Peternakan|JIM Teknologi Hasil Pertanian|JIM Teknik Pertanian|
JIM Ilmu Tanah|JIM Proteksi Tanaman|JIM Kehutanan


E-ISSN: 2614-6053 2615-2878 Statistic Indexing | Citation | Dimensions


Alamat Tim Redaksi:
Fakultas Pertanian,Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Hasan Krueng Kalee No. 3, Kopelma Darussalam,
Banda Aceh, 23111, Indonesia.
Email:jimfp@usk.ac.id