BUDAYA KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT DALAM MELAKSANAKAN PELAYANAN DI RUANG RAWAT INAP

nurlindawati nurlindawati, Noraliyatun Jannah

Abstract


Membangun budaya keselamatan pasien dirumah sakit adalah kewajiban dan tanggung jawab seluruh tenaga kesehatan salah satunya perawat, karena perawat berperan penting dan memiliki kontak terbanyak dengan pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran budaya keselamatan pasien oleh perawat dalam melaksanakan pelayanan di ruang rawat inap. Jenis penelitian ini deskriptif ekploratif dengan desain cross sectional study. Populasi penelitian seluruh perawat pelaksana sebanyak 159 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan probality sampling dengan 67 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner baku yang dikembangkan oleh Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya keselamatan pasien oleh perawat dalam melaksanakan pelayanan, berada pada kategori baik (91%) yang terbagi dalam 12 dimensi, yaitu kerja sama tim dalam unit berada pada kategori baik (59,7%); harapan dan tindakan supervisor berada pada kategori baik (88,1%); pembelajaran organisasi berada pada kategori baik (94,0%); dukungan manajemen untuk keselamatan pasien berada pada kategori baik (100 %); persepsi keselamatan pasien berada pada kategori baik (94,0%); umpan balik terhadap error berada pada kategori baik (97,0%); komunikasi terbuka berada pada kategori baik (98,5%); frekuensi pelaporan kejadian berada pada kategori baik (70,1%); kerja sama tim antar unit berada pada kategori baik (89,1%); penyerahan dan pemindahan berada pada kategori baik (92,5%); respon tidak menyalahkan berada pada kategori baik (52,2%); staf yang adekuat berada pada kategori cukup (79,1%). Direkomendasikan bagi perawat agar dapat meningkatkan kerja sama tim dalam mempertahankandanmeningkatkan budaya keselamatan pasien.

 

 


Full Text:

PDF

References


Agency for Healthcare Research and Quality (AHRQ). 2004. Hospital Survei on Patient Survey Culture. Agency for Healthcare Research and Quality.

Agency For Healthcare Tahun2011. FKM Universitas Indonesia. Di unduh dari http://www.ahrq.gov>wysiwyg>hospital.

Budiharjo, Andreas Research and Quality. 2004. Hospital Survey On Patient Survey Culture. Agency For Healthcare Research and Quality.

Cahyono, J.B Suharjo B.Membangun budaya keselamatan pasien dalam praktik kedokteran.Yogyakarta: Kanisius. 2008.

Cahyono, J.B, Suharjo B, 2008. Membangun Budaya Keselamatan Pasien Dalam J, 2010. Implementing Human Factor In Healthcare: How To Guide. London. Patienty Safety First.

Depkes RI, 2006. Pedoman penyelenggaraan dan prosedur rekam medis. Rumah sakit Indonesia. Jakarta: depkes RI.

Fleeming, 2006. Patienty Safety Culture And Learning From Each Other Marquis & Huston, C.J. (2010). Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan: Teori dan Aplikasi. Edisi keempat. Jakarta: EGC.

Hamdani, Siva. 2007. Analisis Budaya Keselamatan Pasien (Patienty Safety Culture) Di Rumah Sakit Islam Jakarta Tahun 2007. Tesis.

Ilyas, 2003. Kiat Sukses Manajemen dan Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Marquis, B.L., & Huston, C. J. (2006). Leadership roles and management fumctions in nursing theory and application (5th.Ed,). Philadelphia: Lippincott Williams and wilkins.

Marseno, Rhundy. 2011. Patienty Safety Keselamatan Pasien Rumah Sakit.

Ultaria. T. D. S, Arso, S.P, & Sriatmi,A. 2017. Gambaran budaya keselamatan pasien di RS romani Muhammadiah semarang.

Setiowati, Dwi. 2010. Hubungan Kepemimpinan Efektif Head Nurse dengan Penerapan Budaya Keselamatan Pasien oleh Perawat Pelaksana di RSUPN Dr. Cipto Mangkusomo Jakarta. Universitas Indonesia: Jakarta.

Setiowati. Dwi, 2010.Hubungan kepemimpinan Efektif Head Nursedengan penerapan Budaya Keselamatan Pasien oleh perawat Pelaksana di RSUPN Dr. Cipto mangunkusomo. Tesis. Fakultas Ilmu Keperawatan- UI:Depok.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id