PERILAKU MEROKOK DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ade Arrayyan Ibrahim, Fithria Fithria

Abstract


Perilaku merokok menjadi masalah yang sering terjadi pada remaja di sekolah dimana sering dilakukan di belakang sekolah pada saat jam istirahat berlangsung. Kecerdasan emosional yang baik akan mampu mengatasi maraknya perilaku merokok pada remaja karena dapat meningkatkan pemahaman tentang efek merokok dengan penguasaan emosional yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku merokok dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh pada tanggal 14-16 Mei 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik self report dan lembar kuesioner dengan skala Likert. Populasi penelitian ini yaitu 76 siswa laki-laki kelas X, XI, dan XII di SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh dengan Metode analisis data yang digunakan adalah Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan perilaku merokok dengan kecerdasan emosional pada remaja di SMA Negeri 15 Adidarma Banda Aceh (p-value= 0,00). Direkomendasikan kepada pihak sekolah agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap siswanya dan lebih banyak memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok, sehingga akan menurunkan perilaku merokok pada remaja dengan melibatkan keluarga secara afektif.

 


Full Text:

PDF

References


Aryani, M., Hubungan Antara Sikap Terhadap Kesehatan Dengan Perilaku Merokok Di Sma Negeri 1 Pleret Bantul, Empathy Jurnal Fakultas Psikologi, 2013;2 (1).

Badan Pusat Statistik (BPS). (2004) Statistik Kesehatan 2004 hasil survey sosial ekonomi. Jakarta: BPS Indonesia.

Bintari, D. (2015). Hubungan Tingkat Stres Dengan Perilaku Merokok Pada Remaja Laki-laki Di Desa Candirenggo Ayah. Stikes Muhammadiyah Gombang.

Goleman, D (2007). Emotional intelligence, kecerdasan emosional. Jakarta: P. T Gramedia Pustaka Utama.

Goleman, D. (2009). Emotional intelligence, why it can be matter than IQ. London: Bloomsburry Publishing Plc.

Jonta, T. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Kenakalan Remaja. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Kurnianingrum, R. (2011). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Di SMA Karya 3 Boyolali. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Liem, A. (2014). Pengaruh Media Massa, Keluarga, dan Teman terhadap Perilaku Merokok Remaja di Yogyakarta Andrian Liem Influences of Mass Media, Family, and Friends Toward Adolescents ‘ Smoking in Yogyakarta, 18 (1), 41-52. https://doi.org/10.7454/mssh.v18i1.3640

Mappiare, A. (2003). Psikologi remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Meta. (2014). Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kecerdasan Emosional Remaja Di SMA Negeri 8 Banda Aceh 2014. Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

Santrock, John.W. (2003). Adolescene Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga.

WHO. (2013) World Health Organization. Report on the Global Tobacco Epidemic, 2013, The Mpower Package.

World Health Organization. Media Center : Tobacco. 2016. (http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs339/en/ online) (diakses pada 23 Maret 2018).

Yatiningsih, T. (2017). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dengan Kebiasaan Merokok Mahasiswa Laki-laki. Stikes Muhammadiyah Gombang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id