PENGARUH PENERAPAN METODE KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU KEPEMIMPINAN MAHASISWA

Rijal Maulana, Ardia Putra

Abstract


Kurikulum Berbasis Kompetensi adalah kurikulum yang disusun berdasarkan kompetensi yang dapat menghantarkan peserta didik untuk mencapai profil lulusan ners yang berkompeten. Kepemimpinan adalah proses untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain supaya termotivasi untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan metode Kurikulum Berbasis Kompetensi terhadap pengembangan perilaku kepemimpinan mahasiswa di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 382 responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar kuesioner, dengan metode analisis korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian: ada pengaruh penerapan metode collaborative learning terhadap pengembangan perilaku kepemimpinan mahasiswa (p-value 0,000), ada pengaruh penerapan metode problem based learning/inquiry terhadap pengembangan perilaku kepemimpinan mahasiswa (p-value 0,000), dan ada pengaruh penerapan metode student centered learning terhadap pengembangan perilaku kepemimpinan mahasiswa (p-value 0,000). Direkomendasikan kepada pihak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala agar terus mengembangkan metode Kurikulum Berbasis Kompetensi berdasarkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia sehingga dapat meningkatkan kemampuan kepemimpinan dan pencapaian lulusan ners yang mampu bersaing di dunia kerja. 


Full Text:

PDF

References


Akademik Fkep-USK. (2015). Borang Akreditasi Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Banda Aceh: Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala.

AIPNI. (2010). Kurikulum Inti Pendidikan Ners Indonesia. Jakarta: Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI).

Chairunnisa, R. A. (2016). Hubungan Self Directed Learning dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Jurnal Universitas Muhammadiyah Malang, V(2).

Ditjen Dikti. (2014). Panduan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Ditjen Dikti.

Ginting, B. B. (2017). Effektivitas Collaborative Learning dan Independent Learning terhadap Pengetahuan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Angkatan 2016. Jurnal Universitas Lampung, (1) 15–23.

Ikram, A & Kamil, H. (2016). Metode PBL Seven Jumps Dengan Keberhasilan Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 1 (1), 1-8.

Marquis, B.L,. & Carol J.H. (2006). Leadership Role and Management Functions In Nursing : Theory and Application (V). United States: Lipincott Williams & Wilkins.

Riyanto, A. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sudjarwadi. (2010). Kurikulum Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Swansburg, R.C. & Swansburg, R,J. (2002). Introduction to Management and Leadership for Nurse Managers Third Edition. Canada: Jones and Bartlett Publishers.

Syarif, H. (2011). Soft Skill Mahasiswa Keperawatan Universitas Syiah Kuala Pada Kurikulum Berbasis Kompetensi Dan Pendekatan Lecturing 2011; The Analysis of Nursing Student Soft Skills Development Between Lecture and Problem Based Learning Faculty of Nursing , Syiah Kuala University. Idea Nursing Jurnal, V(3), 22-28.

Whitehead, D.K, Weis, S.A, & Tappen, R.M. (2010). Esentials of Nursing Leadership and Management (5th ed). Philadelphia: F.A. Davis Company.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id