ATTACHMENT (KELEKATAN) IBU DAN ANAK DENGAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL BAYI

Ishlahil Akmalia, Sri Intan Rahayuningsih

Abstract


Attachment (kelekatan) ibu dan anak dimulai pada masa bayi dan menjadi sangat penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya perkembangan sosial emosional anak. Agar ibu memiliki kelekatan yang baik dengan bayinya, ibu harus selalu berespon terhadap kebutuhan bayi. Namun, fenomenyanya ibu sibuk dengan aktivitasnya sendiri dan lebih mengandalkan pengasuhan bayi kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara attachment (kelekatan) ibu dan anak dengan perkembangan sosial emosional bayi di wilayah kerja Puskesmas Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar melalui metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional study. Responden dalam penelitian ini berjumlah 86 ibu yang memiliki bayi 1-12 bulan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan di 5 desa dari 32 desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar dengan menggunakan kuesioner untuk mengidentifikasi attachment ibu dan anak serta kuesioner ASQ:SE-2 usia 2 bulan, 6 bulan dan 12 bulan untuk mengidentifikasi perkembangan sosial emosional pada bayi. Hasil penelitian dengan uji statistik chi square didapatkan bahwa ada hubungan attachment (kelekatan) ibu dan anak dengan perkembangan sosial emosional bayi di wilayah kerja Puskesmas Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar (p-value=0,003). Sesuai dengan hasil penelitian diharapkan puskesmas setempat memberikan penyuluhan atau informasi kepada para ibu yang mempunyai bayi tentang pentingnya membangun hubungan yang baik antara ibu dan bayi/anak serta pentingnya melakukan pemeriksaan perkembangan pada anak sedini mungkin.


Full Text:

PDF

References


Appleyard, K., & Berlin, L. J. (2007). Supporting healthy relationship between young children and their parents. Center For child and Family Policy Duke University. Diakses dari http://www.icctc.org.

Ervika, E. (2005). Kelekatan (attachment) pada anak. Diakses dari http://repository.usu.ac.id pada 11 Januari 2015.

Kochanska, G., Barry, R.A., Aksan, A., & Boldt, L.J. (2008). A developmental model on maternal and child contributions to distruptive conduct: The first six years. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 49(11), 1220-1227. Doi: 10.1111/j.1469-7610.2008.01932.x

Medise, B. E. (2013). Mengenal keterlambatan perkembangan umum pada anak. IDAI. Diakses pada tanggal 1 Desember 2017 dari http://www.idai.or.id.

Nugraha, A. (2004). Metode pengembangan sosial emosional. Jakarta: Universitas Tebuka.

Papalia, D.E., Olds, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Human development. Jakarta: Salemba Humanika.

Profil Anak Indonesia. (2011). Kementrian perberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Diakses dari http://www.kemenpppa.go.id.

Rosdahl, C. B. (2014). Buku ajar keperawatan dasar. Jakarta: EGC.

Sa’diyah, R. (2016). The correlation of attachment, self regulation, autonomy to social intelligences (Research correlations in class III Primary School on South Tangerang City). International Multidiciplinary Conference, 15(2), 889-897.

Squires, J., Bricker, D., & Twombly, E. (2015). Ages and stages questionares: Social emotional a parent-completed child monitoring system for social-emotional behaviors second edition. London: Paul H. Brookes Publishing Co.

Voort, A.D., Juffer, F., & Bakermans-Kranenburg, M.J. (2014). Sensitive parenting is the foundation for secure attachment relationship and positive social-emotional development of children. Journal of Children’s Service, 9 (2), 165-176.

Verissimo, M., Santos, A. J., Fermandes, C., Shin, N., & Vaughn, B.E (2014). Associations between attachment security and social competence in preschool children. Merrill-Palmer Quarterly, 60(1), 80-99.

Wade, C & Tavris, C. (2007). Psikologi, Edisi ke-9. Jakarta: Erlangga.

WHO. (n.d). Early child development. Diakses dari http://www.who.int/topics/early-child-development/en/ pada tanggal 1 Desember 2017.

Wijirahayu, A., Krisnatul, D., & Muflikhati, I. (2016). Kelekatan ibu-anak, pertumbuhan anak dan perkembangan sosial emosi anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konseling, 9(3): 171-182.

Wong, D. L., Eaton, M. H., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Schwartz, P. (2008). Buku ajar keperawatan pediatric Wong, ed.6, vol 1. Jakarta: EGC


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id