PEMBERIAN REINFORCEMENT DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SANTRI TSANAWIYAH

muntasir muntasir, Sri Intan Rahayuningsih

Abstract


Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi belajar siswa ialah dengan cara memberikan penguatan (Reinforcement) pada siswa, penguatan tersebut terdiri dari reward dan punishment bertujuan untuk memberikan stimulus dan perubahan perilaku siswa agar memiliki motivasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemberian reinforcement (reward dan punishment) terhadap motivasi belajar pada siswa. Penelitian ini dilakukan di Dayah Insan Qurani Aceh Besar dimulai dari tanggal 28 Mei sampai dengan 4 Juni 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif. Dengan desain penelitian cross sectional study yang dilakukan dengan cara angket. Pengambilan sample dilakukan secara proportional random sampling. Dan dianalisis dengan menggunakan metode chi square. Jumlah responden berjumlah 71 siswa. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan ada hubungan antara pemberian reward dan motivasi belajar (p-value = 0,006). Ada hubungan antara pemberian punishment dengan motivasi belajar (p-value = 0,005). Ada  hubungan pemberian reinforcement dengan motivasi belajar (p-value = 0,023). Setelah dilakukan penelitian ini penulis menyarankan kepada pihak sekolah agar dapat lebih memperhatikan para pendidik supaya meningkatkan pemberian reward kepada siswa yang telah berusaha dengan baik dan memberikan punishment sesuai dengan hal yang telah disepakati antara pendidik dan siswa dengan tujuan meningkatnya Motivasi Belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Djiwandono, S, E, & W. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasrana Indonesia

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN Ngaringan 05 Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Volume 5

Education For All (EFA). (2011) diakses pada 29 November 2017, darihttp://edukasi.kompas.com/read/2011/03/02/18555569/Indeks.Pendidikan.Indonesia.Menurun

Human Development Report, (HDR). (2011) diunduh pada 24 Maret 2017, dari http://hdr.undp.org/en/content/human-development-report-2011

Kemendikbud. (2015). Analisis kinerja pendidikan di provinsi Aceh.

Purwanto & Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarbini, A. (2014). Model Pendidikan Karakter Dalam Keluarga. Jakarta : PT Gramedia.

Wade. C., & Tavris. C. (2008). Psychology,9th edition, bahasa

indonesia language edition. Di unduh dari https://books.google.co.id/books


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id