TINGKAT KEBUTUHAN SPIRITUAL DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA LANSIA DI PANTI SOSIAL

dian islamy, khairani khairani

Abstract


Lansia sangat rentan mengalami perubahan psikis, sehingga dibutuhkan kekuatan spiritual salah satunya adalah hubungan dengan Tuhan. Kebutuhan religius dan spiritual dari lansia adalah kebutuhan akan kesempatan untuk beribadah sesuai dengan agama dan kebutuhan akan sumber-sumber untuk mempertahankan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan pribadi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kebutuhan spiritual dengan tingkat kecemasan pada lansia di Panti Sosial kota Banda Aceh. Jenis penelitian bersifat deskriptif korelatif, dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasi 55 orang lansia. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan cara simple random sampling sehingga jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 49 orang lansia. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dengan cara ukur wawancara terstruktur. Waktu dan tempat pengumpulan data dilakukan pada tanggal 8-11 Mei 2018 di Panti Sosial Kota Banda Aceh. Hasil analisa data secara bivariat menunjukkan ada hubungan antara tingkat kebutuhan spiritual dengan tingkat kecemasan (p=0,003). Lansia di Panti Sosial Kota Banda Aceh diharapkan untuk lebih meningkatkan diri dalam memenuhi kebutuhan spiritualnya dalam rangka untuk mengurangi tingkat kecemasan, dan pihak panti Sosial yang berada di wilayah Kota Banda Aceh agar lebih meningkatkan kualitas dalam memenuhi kebutuhan spiritual bagi para lansia yang ada didalamnya.


Full Text:

PDF

References


BPS. (2014). Penduduk Lanjut Usia. Diambil dari http://www.menegpp.go.id/v2/index.php/datadaninformasi/kependudukan.

Dariah, E. D & Okatiranti. (2015). Hubungan Kecemasan dengan Kualitas Tidur Lansia di Posyandu Anyelir Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Ilmu Keperawatan. Bandung: Universitas BSI Bandung. Volume III, No. 2, September 2015.

Destarina, V. (2014). Gambaran Spiritualitas Lansia di Panti Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru. Jurnal: 1 (2)

Gunarsa. (2004). Dari Anak Sampai Usia Lanjut: Bunga Rampai Psikologi Anak. BPK Gunung Mulia, Jakarta

Hamid, A.Y. (2008). Buku Ajar Aspek Spiritual dalam Keperawatan. Jakarta: Widya Medika

Maryam S., Mia, Rosidawati, Ahmad, & Irwan. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Salemba Medika: Jakarta

Maryam S., Mia, Rosidawati, Ahmad, & Irwan. (2008). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Salemba Medika: Jakarta

Menkokesra. (2008). Lansia Masa Kini dan Mendatang. Diambil tanggal 12 Februari 2018 dari http://www.Menkokesra.go.id/.

Nugroho, W. (2000). Keperawatan Gerontik & Geriatri. Edisi 3. Jakarta: EGC

Polit, D, F., & Beck, C.T (2003). Nursing Rescarh : Principles and Methods. Edisi 7. Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins.

Stanley, M., & Beare, P. G. (2006). Buku Ajar Keperawatan Gerontik. Jakarta: EGC

Wolitzky-Taylor, K. B. W., et al. (2010) Anxiety disorder in older adults: a comprehensif review. Wiley-Liss, Inc. Vol 27: 190-211.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id