ERGONOMI DALAM BEKERJA DENGAN NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PEKERJA BURUH KASAR

ema putri, t samsul alam

Abstract


Penerapan ergonomi saat bekerja di sebuah perusahaan masih perlu perhatian dan  masih menjadi masalah dalam kehidupan  masyarakat terutama di Indonesia. Kegiatan yang dilakukan secara manual handling menjadi salah satu pekerjaan fisik yang berat juga menjadi penyebab terlazim dari nyeri punggung bawah yang menyebabkan 80% kasus pada kalangan pekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hubungan ergonomi dalam bekerja dengan nyeri punggung bawah pada pekerja buruh kasar di Aceh Besar. Jenis penelitian yang digunakan adalah descriptif korelatif, dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh buruh kasar yang bekerja sebagai buruh tetap di Aceh Besar sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling  menggunakan  metode total  sampling. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 28 Mei 2018. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara terpimpin dan observasi. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisa data dalam penelitian ini yaitu analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa tidak ada hubungan antara ergonomi dalam bekerja dengan nyeri punggung bawah dibuktikan dengan (p-value =0,372),tidak ada hubungan antara berat beban dengan nyeri punggung bawah (p-value =1,000)tidak ada hubungan antara teknik mengangkat beban dengan nyeri punggung bawah (p-value =0,153), dan tidak ada hubungan antara lama jam kerja dengan nyeri punggung bawah (p-value =0,290). Diharapkan bagi puskesmas untuk dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat serta mengajarkan untuk melakukan peregangan otot 5-10 menit sebelum memulai aktivitas maupun pada saat istirahat agar dapat meregangkan kembali otot-otot yang kaku dan tubuh menjadi bugar kembali.


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, D. (2013). Pilar dasar ilmu kesehatan masyarakat. Yogyakarta: Nuha Medika.

Andini, F. (2015). Risk factors of low back pain In workers. Jurnal Majority vol4,1,12-19.

Asda, P, Sumekar, A, & Ngongo, F,Y. (2013). Hubungan antara masa kerja dan cara kerja angkat angkut dengan keluhan nyeri punggung bawah pada buruh gendong di pasar tradisional beringharjo Yogyakarta. Jurnal kesehatan masyarakat vol.6/No. 2:128-135.

Astuti, R, D. (2016). Analisis dan perancangan sistem kerja. Yogyakarta : Deepublish.

Djatmiko, D. R. (2016). Keselamatan dan kesehatan kerja. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Efendi, F,M. (2009). Keperawatan kesehatan komunitas: Teori dan praktik dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hambudi, T. (2015). Professional general affair, panduan bagian umum perusahaan modern. Jakarta: Visimedia.

Irzal. (2016). Dasar-dasar kesehatan dan keselamatan kerja. Jakarta: Kencana.

Kasjono, H, S, Yamtama, & Pandini, D,I. (2017). Faktor resiko manual handling dengan keluhan nyeri punggung bawah pembuat batu bata. Jurnal kesehatan, Vol VIII, Nomor 2 hal 202-212.

Kurniawidjaja, L.M, Purnomo, E. Maretti, N, Pujriani, I. (2014). Pengendalian risiko ergonomi kasus low back pain pada perawat di Rumah Sakit. MKB, Vol 46, No. 4.

Lee, N. et al. (2017). Perceived discrimination and low back pain among 28,532 workers in South Korea: Effect modification by Labor Union Status. Journal elsevier social science & medicine 177. 198-204.

Martiwi, R, Koesyanto, H, & Pawenang, E.T. (2017). Faktor penyebab kecelakaan kerja pada pembangunan gedung. Higeia journal of public health research and development.

Riskesdas. (2013). Riset kesehatan dasar. Jakarta: Badan penelitian dan pengembangan kesehatan.

Rivai, W.T, Ekawati, Jayanti,S. (2014). Hubungan tingkat risiko ergonomi dan masa kerja dengan muskuloskeletal pada pekerja pemecah batu. Jurnal kesehatan masyarakat Vol. 2 Nomor 3.

Safa’at, B. (2016). 99 Perbedaan pola pikir pengusaha VS Karyawan. Pt. Gramedia Widiasarana.

Umami, A.R, Hartanti, R.I, & Dewi, A.P.S. (2014). Hubungan antara karakteristik responden dan sikap kerja duduk dengan keluhan nyeri punggung bawah (low back pain) pada pekerja batik tulis. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, Vol. 2 No. 1.

WHO. (2013). WHO methods and data sources for global burden of desease estimates 2000-2011. Geneva. Department of health and information system WHO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id