INTENSITAS BELAJAR DENGAN TINGKAT STRES PADA SISWA PESANTREN

yuni shelma, Arfiza Ridwan

Abstract


Stres dikalangan siswa sekolah menjadi perhatian saat ini, adapun faktor yang memicu terjadinya stres diantaranya adalah intensitas belajar yang tinggi. Pesantren sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan formal Islam yang memadukan kurikulum nasional dan kurikulum yang dibuat oleh pesantren. Siswa pesantren dapat menghabiskan waktu hampir 24 jam untuk belajar. Waktu penelitian dilakukan pada tanggal 1 Mei 2018. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan intensitas belajar dengan tingkat stres dengan pendekatan model adaptasi Roy pada siswa di Pesantren Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Jenis penelitian ini deskriptif korelatif dengan desain cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 87 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini Proportional Random Sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner intensitas belajar dan DASS 42. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: tidak terdapat hubungan intensitas belajar dengan tingkat stres pada siswa di Pesantren (p-value = 0,47), selanjutnya bila dilihat dari subvariabel didapatkan tidak terdapat hubungan motivasi (p-value = 0,86), durasi kegiatan (p-value = 0,43), frekuensi kegiatan (p-value = 0,26), arah sikap (p-value = 0,81), minat (p-value = 0,47) dengan tingkat stres. Dari hasil penelitian diharapkan menjadi masukan yang bermanfaat bagi sekolah terkait kegiatan belajar mengajar serta bagi perawat menjadi dasar untuk pengembangan upaya promkes di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Alligood, M.R. & Tomey, A.M,. (2010). Nursing Theorists and Their Work, 7 th Edition. Louis: Mosby Elsevier

Aryani, R. (2012). Kesehatan Remaja: Problem dan Solusinya. Jakarta: Salemba Medika

Asniar. (2017). Pengembangan Sikap “Caring” Pada Anak Usia Sekolah Sebagai Upaya Promosi Kesehatan, The Development of Caring on School Age Children as Health Promotion. Idea Nursing Journal Vol. 1 No. 1

Asniar. (2017). Meaning Of Health and Health Improvement Of Muslim Female Adolescents in Muslim Schools in Aceh, Indonesia. Songklanagarid Journal of Nursing. Volume 37 No. 2 April-June 2017: 144-153

Bakrie. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Husni, W. M. (2016). Hubungan Intensitas Belajar Terlalu Tinggi dan Sikap Otoriter Orang Tua dengan Stres Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 4 Tahun Ke-5

Irfan, M. & Wibowo, H. (2015). Hubungan Tingkat Stres Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus (DM) Di Puskemas Peterongan Kabupaten Jombang. Jurnal Keperawatan Vol. 1, No. 2 (2015)

KPAI. (2012). Peta Permasalahan Perlindungan Anak di Indonesia. (Online). Tersedia: http://kpai.go.id/artikel/peta-permasalahan-perlindungan-anak-di-indonesia.html. [5 April 2018]

Maulana, Z.F, et al. (2013). Diffterences in Stress Level Between First-year and Second-year Medical Students in Medical Faculty of Lampung University: Medical Faculty of Lampung University

Mawaddah, N., & Titiani, E. (2016). Efektifitas Group Discussion Therapy Dalam Menurunkan Stres Remaja di MTS Pesantren Al-Amin Mojokerto, Jurnal Ilmiah Kesehatan Medica Majapahit, vol 8(2)

Pritaningrum, M., & Hendriani, wiwin. (2013). Penyesuaian Diri Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama, Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, Vol.02 No.03

Rahmat, Helmi. (2013). Kecenderungan Kepribadian Peserta Didik Berdasarkan Tingkat Gejala Stres Akademik. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Saputri, A.R,. (2017). Hubungan Tingkat Stres, Kecemasan, dan Depresi Dengan Tingkat Prestasi Akademik Pada Santri Aliyah Di Pondok Pesantren Darul Ihsan Tgk. H. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Aceh Besar, Aceh. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah

Sholikhah, S. (2012). Hubungan Intensitas dan Motivasi Belajar dengan prestasi belajar mahasiswa SI Keperawatan stikes muhammadiyah Lamongan. Vol.02, No XII

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press

Sripongwiwat, S. et al. (2017). An Investigation Of Learning Stressors Among Secondary School Students: A Case Study In Northeast Thailand. Kasetsart Journal Of Social Sciences

Sulaeman, R.F., & Joefiani, P,. (2014). Study Deskriptif Mengenal Derajat Stres Dan Strategi Coping Stress Siswa Tsanawiyah Di Pesantren X

Zahidi, S. (2017). Pondok Pesantren Sebagai Lembaga Pendidikan Alternatif. KUTTAB,Vol 1(1): Universitas Islam Lamongan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id