Persepsi Murid Terhadap Sekolah Siaga Bencana
Abstract
Pengetahuan bencana yang dimiliki sangat mempengaruhi sikap dan kepedulian untuk siap siaga dalam mengantisipasi bencana. Sekolah Siaga Bencana bertujuan meningkatkan kapasitas institusi sekolah dan individu dalam mewujudkan tempat belajar yang lebih aman bagi siswa, guru, anggota komunitas sekolah serta komunitas di sekeliling sekolah serta menyebarluaskan dan mengembangkan pengetahuan kebencanaan ke masyarakat luas melalui jalur pendidikan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi murid terhadap Sekolah Siaga Bencana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah populasi sebanyak 306 murid, kemudian diambil sampel sebanyak 75 murid. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk multiple choice. Analisa data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian adalah pengetahuan murid tentang Sekolah Siaga Bencana dikategorikan siap (100%). Kesimpulannya semua murid telah siap menghadapi bencana, namun dilihat dari jawaban kuisioner, ada beberapa item pengetahuan yang masih kurang dipahami oleh murid seperti, pentingnya siaga bencana, paham tentang peta siaga bencana, perlunya pemanfaatan ruang UKS untuk kegiatan pelayanan kesehatan pada tingkat pertama. Disarankan bagi pemerintah dan pihak sekolah diperlukan adanya evaluasi setiap tahun untuk menilai kesiapan murid dalam menghadapi bencana.
References
Adiyoso W & Kanegae H. (2012). The effect of different disaster education programs on tsunami preparedness among schoolchildren in Aceh, Indonesia. Disaster Mitigation of Cultural Heritage and Historic Cities, 6, 165-172.
Asian Disaster Reduction Center. (2005). Total Disaster Risk Management - Good Practices -. Japan: Asian Disaster Reduction Center. Retrieved from http://www.adrc.asia/publications/TDRM2005/TDRM_Good_Practices/Index.html[Accessed 12 Jan 2017].
Daud R, Sari SA, Milfayetty S& Dirhamsyah M. (2014). Penerapan Pelatihan Siaga Bencana dalam Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Komunitas SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1, 26-34.
LIPI-UNESCO/ISDR. (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Mengantisipasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Jakarta.
Nuranda E, Sari SA, Milfayetty S & Dirhamsyah M. (2014). Hubungan Kebijakan, Sarana dan Prasarana dengan Kesiapsiagaan Komunitas Sekolah Siaga Bencana Banda Aceh. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1, 42 - 49.
Pribadi, K. dan Yuliawati, A. K. (2009). Pendidikan Siaga Bencana Gempa Bumi Sebagai Upaya Meningkatkan Keselamatan Siswa (Studi Kasus pada SDN Cirateun dan SDN Padasuka 2 Kabupaten Bandung). JurnalPendidikanTahun 9 Nomor 9, Oktober 2009.
Rusiyah. (2014). Hubungan Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Bencana Gempabumi pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Khair Kabupaten Bonebolango.. Jurnal Swarabhumi, 2, 1-6.
Sudrajat dan Wibowo, S. (2010). Pemahaman Tentang Menejemen Bencana AlamSiswa Sekolah Menengah Pertama. Journal.uny.ac.id, 168 - 189.
United Nations International Strategy For Disaster Reduction. (2009). Guidance Notes on Safer School Construction. In: RECOVERY, D.R.A. (ed.). USA. Retrieved from http://www.unisdr.org/we/inform/publications/11599 [Accessed 12 Jan 2017]
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id