PERBANDINGAN HEALTH LITERACY BERDASARKAN STATUS DEMOGRAFI KLIEN TUBERKULOSIS PARU DI BANDA ACEH

RIZKA RIZKA, asniar asniar

Abstract


Health literacy sebagai keterampilan dan kompetensi yang dikembangkan selama masa hidup individu untuk mencari, memahami, mengevaluasi, menggunakan informasi dan konsep kesehatan untuk membuat pilihan informasi, mengurangi resiko kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup. Health literacy berkembang seumur hidup seseorang dan dipengaruhi oleh status kesehatan, demografi, sosial politik, psikososial dan faktor budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan status demografi dengan health literacy pada klien tuberkulosis paru di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah korelatif dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah klien tuberkulosis paru sebanyak 87 orang yang diperoleh dengan metode simple random sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan cara wawancara terpimpin. Hasil pengolahan data menunjukkan ada perbedaan yang signifikan health literacy pada klien tuberkulosis paru antara rata-rata usia muda yaitu 11,2174 dan rata-rata usia tua yaitu 8,7313 dengan nilai p-value 0,012, sedangkan rata-rata jenis kelamin laki-laki yaitu 9,1224 dan rata-rata perempuan yaitu 11,2368 dengan nilai p-value 0,034 dan rata-rata pendidikan tinggi yaitu 11,9000 dan rata-rata pendidikan rendah yaitu 9,0702 dengan nilai p-value 0,006. Diharapkan bagi Rumah Sakit agar lebih meningkatkan health literacy terhadap klien tuberkulosis paru di Kota Banda Aceh sehingga klien dapat meningkatkan health literacy pada penyakit tuberkulosis paru. 


Full Text:

PDF

References


Chinn, D & McCarthy, C (2013). All Aspects of Health Literacy Scale (AAHLS): developing a tool to measure functional, communicative and critical health literacy in primary healthcare settings. London: King’s College London

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences, 2nd edition. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Jurnal Pendidikan Indonesia. Hubungan Persepsi dan Tingkat Pengetahuan Penderita TB dengan Kepatuhan Pengobatan di Kecamatan Buleleng. Singaraja. 2013

Polit, D.F., (2012). Nursing research: Generating and assessing evidence for nursing practice, 9th edition. Philadelphia, PA: Wobters Kluwers, Lippincott Williams & Wilkins

Polit, D.F., & Beck, C.T. (2003). Nursing research: Principles and Methods, 7th edition. Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins

Riskesdas (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan KemenKes RI

Smeltzer C (2001). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner & Suddarth, Edisi 8. Jakarta: EGC

WHO (2016). Global Tuberculosis Report

Yusida, H (2016). Relationship Individual Factors With Occupational Health Literacy (Observational Study on Industrial Workers of Sasirangan in South Kalimantan) Volume 6, Issue 1. Surabaya, Indonesia: International Journal of Scientific and Research Publications

Zarcadoolas, et al (2006). Advancing Health Literacy: A Framework for Understanding and Action. San Fransisco, CA: Jossey-Bass


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id