PERAN PERAWAT CLINICAL INSTRUKTUR DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN KLINIK MAHASISWA PRAKTEK
Abstract
Bimbingan klinik adalah suatu metode pengajaran dan pembelajaran mahasiswa dengan menggunakan perawat sebagai model perannya. Proses bimbingan klinik melibatkan CI dan mahasiswa, untuk mencapai tujuan bimbingan klinik di perlukan manajemen bimbingan klinik terkhususnya peran CI yang baik. Seorang CI mempunyai peran menjembatani antara teori yang didapatkan mahasiswa difakultas dengan kenyataan yang adadirumah sakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Peran Perawat CI dalam pelaksanaan program bimbingan klinik mahasiswa praktek di Ruang Rawat Inap Mina, Raudhah dan Aqsa Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif eksploratif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh perawat CI di Ruang Rawat Inap Mina, Raudhah dan Aqsa Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin sebanyak 66 perawat CI. Pengambilan sampel dalam penelitian ini secara purposive sampling yang berjumlah 66 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar kuesioner. Analisa data dilakukan dengan menggunakan analisa univariat. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan Peran Perawat CI dalam pelaksanaan program bimbingan klinik mahasiswa praktek berada pada kategori baik sebanyak 74,2% yang di bagi menjadi peran sebagai educator baik 72,7 %, peran sebagai care giver baik 69,7 %, peran sebagai role model baik 66,7%. Diharapkan CI lebih memperhatikan dan mendampingi mahasiswanya pada saat melakukan asuhan keperawatan, dan pentingnya kerjasama sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal dan mutu pelayanan semakin baik
Full Text:
PDFReferences
Departement Kesehatan RI Pusdiknakes. (2001). Pedoman Praktik Kerja Lapangan. Jakarta
Fikri, N.A.(2013). Peran Preceptor Dalam Pelaksanaan Program Preceptorship Di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang Mini Theses, Universitas Muhammadiyah Semarang
Liu, M., & al, e.(2010). Lived Experiences Of Clinicsl Preceptor : A phenemonological study. Nurse Education Today
Kristianingsih, Y. (2015). Persepsi Mahasiswa Ilmu Keperawatan Tentang Manajemen Bimbingan Klinik. Jurnal Keperawatan
Philip Kotler & Kevin Lane Keller . ( 2005 ), Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2 , Pt indeks, Jakarta : gramedia.
Notoadmodjo, S. ( 2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Oktavianus, D. (2012). Hubungan Role Model Clinical Instructur dengan Konsep Diri Mahasiswa S-1 Keperawatan Saat Pertama Kali Mengikuti Praktik KLinik. Jurnal Keperawatan
Ranupendoyo & Saud. (2005). Manajemen personalia, ED. 4. Yogyakarta: Pustaka Binawan Presindo FE-UGMik, S. (2011).
Rahmalia.S. (2016). Peran Perawat Dalam Penanganan Defisit Perawatan Diri Pada Pasien gangguan Jiwa . fakultas Keperawatan. Universitas Syiah Kuala
Yuliani. (2016). Pengaruh Peran Perawat Sebagai Care Giver Terhadap Length Of Stay ( LOS) di IGD RSUD dr. T. C. Hillers Maumere dengan Pelaksanaan Triage. Jurnal Keperawatan
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id