PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN PENDEKATAN TEORI SWANSON DI RUANG RAWAT INAP

cut hafriska, Hajjul kamil

Abstract


Seorang perawat harus memiliki perilaku caring dalam memberikan pelayanan kepada pasien, karena hubungan antara pemberi pelayanan kesehatan dengan pasien merupakan faktor yang mempengaruhi proses kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sikap caring perawat dengan pendekatan teori Swanson. Jenis penelitian kuantitatif; deskriptif dengan desain cross sectional study, jumlah populasi 124 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan jumlah 55 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan 26 pertanyaan. Analisis data univariat menggunakan Mean (x ̅). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran sikap caring perawat berada pada kategori baik 32 responden (58,2%), dengan rincian sub variabel; perilaku knowing (mengetahui) perawat berada pada kategori baik sebanyak 31 responden (56,4%), perilaku being with (menemami) perawat berada pada kategori baik 36 responden (65,5%), perilaku doing for (melakukan untuk) perawat berada pada kategori baik sebanyak 30 responden (54,5%), sikap caring perawat Enabling (memberdayakan) berada pada kategori baik sebanyak 36 responden (65,5%), dan perilaku maintaining belief (mempertahankan keyakinan) perawat berada pada kategori baik sebanyak 28 responden (50,9%). diharapkan agar perawat lebih meningkatkan pengetahuan tentang sikap caring karena sangat membantu mempercepat proses kesembuhan pasien yang sedang dirawat sehingga akan meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit.


Full Text:

PDF

References


Alligood, M.T., & Tomey., (2010). Nursing Theorists and Their Work. Edisi 7. New York. Mosby Elsevier.

Cahyono, S., Nugroho, H. A., & Rahayu, A. (2011).Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Ruang Nusa Indah Rumah Sakit Bhakti Wira Tamtama Semarang.http://jurma.unimus.ac.id/index.php/perawat/article/view/33/33. 17 juli 2017.

Departemen Kesehatan RI. 2007. Sistem Kesehatan Naional.

Listianinsih, L. T., Wijaya, Y. M., & Kamanti, I. (2013). Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien False Emergensi Di Unit Gawat darurat Rumah Sakit Kawaluyan.https://www.scribd.com/doc/3136488077?bu-wina. 23 November 2016.

Notoatmodjo, S. (2010). Metodelogi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Purwaningsih, A. M. E., Asmaningrum, N., & Wantiyah. (2014). Hubungan Perilaku Caring Perawat dengan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual pada Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Kaliwates PT Rolas Nusantara Medika Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/60699. 17 juli 2017.

Potter, P.A & Perry, A.G. (2009). Fundamental of Nursing Fundamental Keperawatan, Buku 1 Edisi 7, Editor Dripa Sjabana, Salemba Medika, Jakarta.

Rusnatalina, I., Puja, L., & Zumrotul, C. (2016). Gambaran Perilaku Caring Perawat Terhadap Pasien Hipertensi di Ruang Rawat Inap RSUD Ungar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id