INDIKATOR KELUARGA SEHAT

Wirdaliani Shabrina, Fithria Fithria, Fithria Fithria

Abstract


Pemerintah pusat dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan kesehatan melalui pendekatan keluarga sehat. Derajat kesehatan keluarga atau rumah tangga ditentukan oleh 12 indikator keluarga sehat sebagai upaya peningkatan Program Indonesia Sehat (PIS) dan untuk meningkatkan perilaku masyarakat dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran indikator keluarga sehat di Gampong Lampulo Kecamatan Kuta Alam Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 104 Ibu dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara terpimpin menggunakan kuesioner dengan 32 pernyataan menggunakan skala Guttman. Penelitian ini menggunakan analisa univariat dengan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan keluarga dengan program Keluarga Berencana (KB) sebanyak 63,8%, ibu dengan persalinan fasilitas kesehatan sebanyak 98,0%, bayi dengan imunisasi dasar lengkap sebanyak 60,0%, bayi dengan ASI ekslusif sebanyak 73,3%, balita dengan pemantauan pertumbuhan sebanyak 84,6%, penderita TB Paru mendapatkan pengobatan sesuai standar sebanyak 100,0%, penderita hipertensi dengan pengobatan secara teratur sebanyak 53,7%, penderita gangguan jiwa dengan pengobatan sebanyak 100,0%, keluarga menjadi anggota Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sebanyak 97,1%, anggota keluarga merokok sebanyak 86,5%, keluarga memiliki akses sarana air bersih sebanyak 83,7%, keluarga mempunyai jamban sehat sebanyak 92,3%. Diharapkan kepada keluarga untuk dapat melakukan imunisasi kepada bayinya dan mengurangi untuk tidak merokok di dalam rumah.

 


Full Text:

PDF

References


Fauziah, A.N. (2016). Keluarga Sehat Berdasarkan Pendekatan Keluarga Di RW 03 Kelurahan Mojosongo Surakarta Tahun 2016. Surakarta :Akademi Kebidanan Mamba’ul’ulum Surakarta.

Jaeyana, Imah. (2010). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Tentang Kunjungan balita di Posyandu Perum Boro Mukti Permai Bayuurip Purworejo.

Kozier. (2010). Buku Ajar Fundamental keperawatan :Konsep dan praktik.ed.7.Jakarta:EGC

Kementrian Kesehatan RI. (2016). Buku Panduan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Jakarta

Notoatmodjo, S. (2010). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan.Jakarta: Rineka cipta

Potter, & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses dan Praktik.Vol 1. Jakarta:EGC

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Badan penelitian dan pengembangan kesehatan.Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id