KEPERAWATAN SPIRITUAL DENGAN KEPUASAN PASIEN DIRUANGRSUD MEURAXA BANDA ACEH

zulia H.U putri, noraliyatun jannah

Abstract


Aspek spiritual merupakan elemen penting dalam asuhan keperawatan yang berdampak pada kepuasan pasien. Asuhan keperawatan spiritual di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh belum optimal dilaksanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penerapan asuhan keperawatan spiritual dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini  desktiptif korelasi dengan populasi penelitian seluruh pasien rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh sejak bulan Desember 2016 s/d Februari 2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, sebanyak 97 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner dengan metode wawancara terpimpin. Hasil  penelitian bivariatdiperoleh  p-value=0,001 (α = 0,05)yang berarti terdapat hubungan antara penerapan asuhan keperawatan spiritual dengan kepuasan pasien. Hasil penelitian univariat diketahui bahwa penerapan asuhan keperawatan spiritual berada pada katagori kurang baik (57,7%) dan kepuasan pasien terhadap penerapan asuhan keperawatan spiritual berada pada kataogori tidak puas (50,5%). Bidang keperawatan rumah sakit diharapkan meningkatkan penerapan asuhan keperawatan spiritual kepada kepala ruang dan staff pelaksana dengan memberikan pelatihan terkait asuhan keperawatan spiritual.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Azrul. (1996). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan: Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah.Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Budiarto, Eko. (2002). Biostatistikal Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Jakarta: EGC

Estetika, Novita. (2016). Gambaran Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Spiritual di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Banda Aceh. ( Skripsi, Universitas Syiah Kuala, 2016)

Ghozali, Imam,. (2008). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamid, A. y. (2008). Bunga Rampai Asuhan Keperawatan Kesehatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Hastono, S. P. (2007). Basic Data Analysis For Health Research Training:

Analisis Data Kesehatan. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat universitas Indonesia.

Ijeoma, E. a. (2011). Helpless patients’

satisfaction with quality of nursing care in Federal tertiary hospitals, Enugu, Southeast, Nigeria.International Journal of Nursing and Midwifery, 3 (1), 6-13. Diunduh tanggal 30 November 2016. Diakses dari: http://www.academicjournals.org/ijnm.

Ilhamsyah. (2014). Hubungan Pelaksanaan

Keperawatan Spiritual terhadap Kepuasan Spiritual Pasien Di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar. Diunduh tanggal 20 November 2016. Diakses dari: http://pasca.unhas.ac.id/jurnal/files/81d819ce514daf70ca00dec2f52f2463.pdf.

Kasih. (2010). Gambaran pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien di Ruang Rawat Bedah Dan Ruang Inap Penyakit Dalam Rumah sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh.(Skripsi, Universitas Syiah Kuala, 2010)

Kozier, B. Erb. G., Berman, A., & Snyder, S. J. (2010). Buku ajar fundamental keperawatan, konsep, proses, & praktik (7 ed., Vol. 2). Jakarta: EGC

Muninjaya, A. A Gde,. (2004). Manajemen Kesekatan. Jakarta: EGC

Notoatmodjo. (2010). Metodeologi Penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurcahyani. (2012). Hubungan penerapan aspek spiritualitas perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien rawat inap di unit perawatan umum Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto. (Thesis, Universitas Esa Unggul, 2012)

Nurdina, Yesika. (2016). Hubungan pelayanan spiritual yang diberikan oleh perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh.(Skripsi, Universitas Syiah Kuala, 2016).

Parasuraman, A., Zeithaml, Valerie, A., & Berry, Leonard, L,. (1988). SERVQUAL:A Multiple-ItemScale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality (Vol. 64). Diakses dari: Diunduh pada jam 21.04 tanggal 23 Maret 2017. Diakses dari : https://www.researchgate.net/profile/Valarie_Zeithaml/publication/225083802_SERVQUAL_A_multiple-_Item_Scale_for_measuring_consumer_perceptions_of_service_quality/links/5429a4540cf27e39fa8e6531/SERVQUAL-A-multiple-Item-Scale-for-measuring-consumer-perceptions-of-service-quality.pdf.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2005). Fundamental of Nursing: Fundamental Keperawatan. Jakarta : EGC.

Priharjo, R. (2008). Konsep & Perspektif Praktik Keperawatan Profesional (2nded.). Jakarta: EGC.

Wilkinson, J. M. (2011). Buku Saku Diagnosis: Diagnosis NANDA, Intervensi NIC, Kriteria Hasil NOC (9 ed.).Jakarta: EGC.

Winarti, Rahayu. (2016). Pengaruh Penerapan Asuhan Keperawatan Spirirual terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang.. Diakses dari : Diunduh tanggal 13 Desember 2016. Diakses dari: http://eprints.undip.ac.id/48430/2/Rahayu_Winarti,_Edi_Darmana,_Hasib_Ardani._2016_Pengaruh_Penerapan_Asuhan_Keperawatan_Spiritual_Terhadap_Kepuasan_Pasien_di_RS_Islam_Sultan_Agung_Semarang.pdf.

Sabarguna, B, S., & Rubaya, A, K. (2011). Sanitasi Lingkungan dan Bangunan Pendukung Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Jakarta: Salemba Medika.

Suyanto. (2011). Metodologi dan Aplikasi Penelitian Keperawatn. Yogyakarta: Nuha Medika.

Swarjana, I. K. (2015). Metodologi Penelitian Kesehatan (edisi revisi). Yogyakarta: ANDI.

Van Leeuwen, R.R., Et., al . (2009). An Instrument to Measure Nursing Competencies in Spiritual Care: Validity and Reliability of The Spiritual Care Competence Scale (SCCS). Journal of Clinical Nursing, 6, 132-151. Diunduh tanggal 23 November 2016. Diakses dari: https://pure.rug.nl/ws/files/6736138/van_Leeuwen_2009_J_Clin_Nurs.pdf

Vaughans, B. W. (2011). Keperawatan Dasar . Yogyakarta: Rapha Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id