PELAKSANAAN METODE PENDIDIKAN KESEHATAN PADA DISCHARGE PLANNING OLEH PERAWAT RUANG RAWAT INAP
Abstract
Pendidikan kesehatan merupakan bentuk kegiatan dan pelayanan keperawatan yang dapat di lakukan di rumah sakit ataupun di luar rumah sakit. Tujuan penelitian untuk mengetahui Pelaksanaan Metode Pendidikan Kesehatan pada Discharge Planning oleh Perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif eksploratif & desain cross sectional study. populasi 227 orang perawat, Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 99 orang perawat. Alat pengumpulan data yang digunakan kuesioner dengan 31 pernyataan . Hasil penelitian didapatkan: pelaksanaan metode pendidikan kesehatan pada discharge planning oleh perawat 98 responden (99,0%) kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian maka di harapkan perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelaksanaan metode pendidikan kesehatan pada discharge planning oleh perawat dengan mengikuti seminar-seminar maupun workshop-workshop tentang pendidikan kesehatan.
Full Text:
PDFReferences
Bastable, S.B. (2002). Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip-Prinsip Pengajaran Dan Pembelajaran, Jakarta: EGC.
Ernita, D., Rahmalia, S., & Novayelinda, R. (2015). Pengaruh Perencanaan Pulang Yang Di Lakukan Oleh Perawat Terhadap Kesiapan Pasien TB Paru Menghadapi Pemulangan, http://download.portalgaruda.org. Di akses tanggal 17 november 2016.
Kozier, B, Erb, Berman.G, Synder.A & Shirlee.J. (2011). Buku Ajar
Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses & Praktik, Ed.7, Vol.1, Jakarta: EGC.
Lasmito & Rahma. (2014). Motivasi Perawat Melakukan Pendidikan Kesehatan Di Ruang Anggrek RS Tugurejo Semarang, http://download.portalgaruda.org
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: RinekaCipta.
Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori Dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam, M.N., & Efendi, F. (2008). Pendidikan dalam keperawatan, Jakarta: Salemba Medika.
Potter, P.A., & Perry, A.G. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik, Vol , E/4, Jakarta: EGC.
Purnamasari, L.D., & Ropyanto, C.B. (2012). Evaluasi Pelaksanaan Perencanaan Pulang, Http://Ejournl-S1.Undip.Ac.Id. Di Akses Tanggal 14 November 2016.
Sanjaya,W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Smeltzer, S.C., & Bare, B.G. (2002). Keperawatan medikal bedah. Edisi 8. V,1, jakarta: EGC
Supardi, S., Sampurno, D.S., & Notosiswoyo, M. (2002). Pengaruh Metode Ceramah Dan Media Leaflet Terhadap Perilaku Pengobatan Sendiri Sesuai Dengan Aturan, http://ejournal.litbang.depkes.go.id. Di akses tanggal 16 november 2016.
Suratun, sumartini & manurung. (2014). Hubungan Antara Pendidikan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Diabetus Mullitus Di Ruang Rawat Rumah Sakit Persahabatan Tahun 2011. http://portalgaruda.org. Di akses tanggal 8 juni 2017.
Yosafyanti, V., & Alfyanti, D. (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatn Persiapan Pasien Pulang Terhadap Kepuasan Psien Tentang Pelayanan Keperawatan Di RS Romani semarang, http://unimus.ac.id. Di akses tanggal 16 november 2016.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id