SELF-EFFICACY, STRATEGI KOPING, DAN STRES MAHASISWA KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

Evy Maulya, Asniar Asniar

Abstract


Pembelajaran dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) cenderung menyebabkan stres pada mahasiswa. Kondisi tersebut membutuhkan keyakinan diri pada mahasiswa agar dapat membentuk koping yang efektif dalam mengatasi berbagai stresor akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-efficacy, strategi koping, dan stres mahasiswa KBK di sebuah Universitas Negeri di Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan yang sedang menjalani pembelajaran dengan KBK berjumlah 96 responden, yang dikumpulkan dengan metode proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner self-report, yang terdiri dari Skala Self-Efficacy, Skala Strategi Koping, dan Perceived Stress Scale (PSS). Hasil analisa data  dengan uji chi-square menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara self-efficacy dengan strategi koping (p value = 0,041). Selain itu, uji Mann Whitney-U memperlihatkan perbedaan yang signifikan dalam nilai stres pada mahasiswa dengan strategi koping tinggi dan mahasiswa dengan strategi koping rendah (p value = 0,001). Hasil penelitian ini menekankan pentingnya self-efficacy dan strategi koping bagi mahasiswa dalam menghadapi tingginya stres dalam mengikuti pembelajaran KBK. Untuk itu, diharapkan bagi penyelenggara pendidikan KBK agar dapat mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan program atau intervensi yang dapat meningkatkan self-efficacy dan strategi koping mahasiwa.

Full Text:

PDF

References


ACHA-NCHA II (2013). American College Health Association-National College Health Assessment. Retrieved from http://www.achancha.org/docs/achanhii_referencegroup_executivesummary_spring2013.pdf

ACHA-NCHA II (2016). American College Health Association-National College Health Assessment. Retrieved from http://www.cacuss.ca/_Library/Provincial_Reports/NCHAII_SPRING_2016_CANADIAN_REFERENCE_GROUP_EXECUTIVE_SUMMARY.pdf

AIPNI. (2010). Sistem pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia. Diakses pada 10 Desember 2016, diakses melalui www.innappni.or.id/index.php/pendidikan-keperawatan

Anelia, N. (2012). Hubungan tingkat stres dengan mekanisme koping pada mahasiswa reguler program profesi ners FIK UI tahun akademik 2011/2012 (Skripsi). Universitas Indonesia, Jakarta. Diakses dari http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/2016 4/20313591 S43722 Hubungan%20tingkat.pdf

Burns, N., & Grove, S. K. (2007). The practice of nursing research : Conduct, critique, and utilization. St. Louis Missouri: Elsevier Saunders

Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences, 2nd edition. Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates

Cohen, S. (2012). The Slim Book of Health Pearls: Hormones, nerves, and stres. Diakses dari books.google.co.id/books?id=yzfwqGQ9DNYC7pg=PT27lp

Dani, S.M., Hamidy, M.Y., & Risma, D. (2012). Hubungan antara tingkat stres dengan strategi koping pada mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Diakses dari http://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/2447/REPOSITORI%20UCI%20new.pdf?sequence=1

Davison, C. G., Neale, M. J., & Kring, M.A. (2012). Psikologi abnormal (9th ed.). Jakarta : PT Raja Grafindo

Dayfiventy, Y., & Nurhidayah, R.E. (2012). Stressor dan koping mahasiswa pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi fakultas keperawatan universitas sumatera utara. Diakses melalui http://download .portalgaruda.org/article.php

Dowlatabadi, F.H., Sadeghi, A., Saadat, S., & Khodayari, H. (2014). Relationship between self-efficacy and self-actualization with coping strategies among students. Research in Medical Education, 6 (1), 10-18. doi : 10.18869/acadpub.rme.6.1.10

Labrague, L. J. (2013). Stress, stressors, and stress responses of student nurses in a goverment nursing school. Health Science Journal, 7 (4), 424-435

Lazarus, R.S., & Folkman, S. (1984). Stress appraisal, and coping. New York : springer publishing company, Inc

Munro, B. H. (2001). Statistical methods for halth care research (4th ed.). Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins

Polit, D. F., & Beck, C.T. (2008). Nursing research: Generating and assessing evidence for nursing , (8th ed.). Philadelphia, PA: Lippincott Williams & Wilkins

Purwati, S. (2012). Stres akademik pada mahasiswa reguler angkatan 2010 fakultas ilmu keperawatan Universitas Indonesia. Jakarta

Rachmah, D. N. (2013). Hubungan self-efficacy, coping stress dan prestasi akdemik. Jurnal ecopsy,1(1). Diaksesdari http://download.portalgaruda.org/article.php?article=137288&val=5064

Raudha, R. (2016). Tingkat stres dan strategi koping pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala (Skripsi). Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Resnick, B. (2014). Theory of self-efficacy. In M. J. Smith., P. R. Liehr (Ed.), Midle range theory for nursing (pp. 197-216). New York: Springer Publishing Company, LLC

Rizky, E., Zulharman., & Risma, D. (2014). Hubungan efikasi diri dengan coping stress pada mahasiswa angkatan 2012 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FK, 1 (2). Diakses melalui https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFDOK/article/view/3152

Siregar, A. Z. (2013). Hubungan metode pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan tingkat stres mahasiswa keperawatan universitas syiah kuala banda aceh tahun 2013 (Skripsi). Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

Sujono. (2014). Hubungan antara efikasi diri (self-efficacy) dengan problem focused coping dalam proses penyusunan skripsi mahasiswa FMIPA Unmul. Ejournal Psikologi, 2 (3). ISSN00000000, ejounal.psikologi.fisip unmul.org

Yilmaz, E. B. (2016). Academic and clinic stress, stress resources and ways of coping among Turkish first-year nursing students in their first clinical practice, Kontakt, 18 (3), 145-151, doi: 10.1016/j.kontakt.2016.08.001

Zhao, F. F., Lei, X. L., He, W., Gu, Y. H., & Li, D. W. (2015). The study of perceived stress, coping strategy and self-efficacy of chinese undergraduate nursing students in clinical practice, International Journal of Nursing Practice 21, 401-409, doi: 10.1111/ijn.12273

Zhang, W., Li, K., Zhang, X., & Chen, L. (2016). Coping self-efficacy of Chinese nursing student undergraduates with their research projects. Nurse Education Today 45, 126-13, http://dx.doi.org/10.1016/jnedt.2016.07.003


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id