KUALITAS PELAYANAN KONSELING KELUARGA BERENCANA PADA IBU POSTPARTUM
Abstract
Periode postpartum merupakan masa yang tepat untuk memulai menggunakan kontrasepsi dalam mengatur jarak kehamilan atau membatasi jumlah anak demi kesehatan ibu dan bayinya. Hal ini akan tercapai dengan adanya konseling KB yang tepat sehingga akan membantu ibu postpartum dalam memilih dan menggunakan kontrasepsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan konseling KB yang ditinjau dari 5 dimensi yaitu Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy pada ibu postpartum di wilayah Kota Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Populasi penelitian yaitu seluruh ibu postpartum pada bulan Oktober sampai Desember 2016 di wilayah kerja Puskesmas Meuraxa, Baiturrahman dan Jaya Baru berjumlah 217 jiwa dengan jumlah sampel sebanyak 75 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Proportional Random Sampling dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan konseling keluarga berencana pada ibu postpartum secara umum berada pada kategori puas (66,7%). Dengan dimensi Tangibles berada pada kategori tidak puas (53,3%), Reliability berada pada kategori puas (64,0%), Responsiveness berada pada kategori puas (86,7%), Assurance berada pada kategori puas (66,7%) dan Empathy berada pada kategori puas (77,3%) dengan gap score negative terdapat pada dimensi Tangibles (-0,39), Reliability (-0,04) dan Assurance (-0,05) serta gap score positive Responsiveness (0,30) dan Empathy (0,06). Hal ini menunjukkan perlu adanya penyempurnaan kualitas konseling keluarga berencana pada ibu postpartum dari segi kelengkapan peralatan dan fasilitas pelayanan yang baik.
Full Text:
PDFReferences
Agudelo, A.C., Bermudez, A.R & Goeta, A.C.K (2006). Birth spacing and risk of adverse perinatal outcomes a meta-analysis. JAMA; April 19, 2006-vol 295,No. 15 diakses dari http://humrep.oxfordjournals.org
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyaningsih, N., Suhartono & Suherni, T. (2014). Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan konseling keluarga berencana AKDR oleh bidan di wilayah kerja puskesmas wiradesa kabupaten pekalongan tahun 2013. Vol: 3, No: 6. Diakses dari http://ejournal.poltekkessmg.ac.id/ojs/index.php/jurkeb/article/view/111
Bobak, I. M., Lowdermilk, D. L., Jensen, M. D., (2004). Buku ajar keperawatan maternitas, ed.4. Alih bahasa Wijayarini, M. A & Anugerah, P. I. Jakarta: EGC
Evans, A. (2005). Postpartum contraception. Women’s Health Medicine: 2-5. Diakses dari https://doi.org/10.1383/wohm.2005.2.5.23
Kamil, H. (2012). Tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan pada ruang rawat inap kelas III RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Nursing Journal. Vol: 5 No: 3, hal: 1-13. Diakses dari http://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/viewFile/6406/5255
Mujiati, I., Budijanto, D., & Khairani (2013). Situasi keluarga berencana di Indonesia. Buletin Jendela Data Dan Informasi Kesehatan: Kementrian Kesehatan RI diakses dari http://www.depkes.go.id/download.php?file=download/pusdatin/buletin/buletin-kespro.pdf
Mwaniki, M. K., Vaid, S., Chome, I. M., Amolo, D., Tawfik, Y & Kwale Improvement Coaches (2014). Improving service uptake and quality of care of integrated maternal health services: The kenya Kwale district improvement collaborative. BMC Health Services Research. Diakses dari http://www.biomedcentral.com/1472-6963/14/416
Nasir, A., Muhith, A., & Ideputri, M.E. (2011). Buku ajar metodologi penelitian kesehatan: Konsep pembuatan karya tulis dan thesis untuk mahasiswa kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Notoatmadjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Parasuraman, A., Zeithmal, V.A., & Berry, L.L. (1988). SERVQUAL: A multiple item scale for measuring customer perception of service quality. Journal of Retailing; Vol. 64 No. 1, p. 12-40 diakses dari http://crawl.prod.proquest.com.s3.amazonaws.com/fpcache/7d007e04d78261295e5524f15bef6837.pdf?AWSAccessKeyId=AKIAJF7V7KNV2KKY2NUQ&Expires=1491106326&Signature=k3aY2jsj%2F5EYjeBIn4vS6rq3USs%3D
Rahayu, A. P. (2016). Panduan praktikum keperawatan maternitas, ed. 1. Yogyakarta: Deepublish
Saryono. (2011). Metodologi penelitian kesehatan: Penuntun praktis bagi pemula. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press
Sciortino, R. (2007). Menuju kesehatan madani: Gugus opini. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Swarjana, I. K. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Ed. 1. Yogyakarta: ANDI
Taner, T & Antony, J. (2006). Comparing public and private hospital care service quality in Turkey. Leadership in Health Services. Vol. 19 Iss 2 pp. 1–10. Diakses dari http://dx.doi.org/10.1108/13660750610664991
Triwibowo, C. (2013). Manajemen pelayanan keperawatan di rumah sakit. Jakarta: Trans Info Media
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id