FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN DIET HIPERTENSI

Mai Anisa, Teuku Samsul Bahri

Abstract


Hipertensi adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan namun dapat dikontrol, salah satunya dengan diet. Diet pada pasien hipertensi dijalani seumur hidup berupa pengaturan pola makan. Menjalani diet dalam waktu lama membuat pasien merasa bosan dan stres sehingga pasien tidak patuh dan hipertensi tidak terkontrol. Ketika hipertensi tidak terkontrol akan muncul komplikasi pada organ target. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan diet pada pasien hipertensi. Jenis penelitian adalah  descriptive eksploratif dengan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian adalah pasien hipertensi yang berkunjung ke Poliklinik Jantung Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel non probability sampling  menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 150 responden. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dalam bentuk skala Guttman dengan 28 pernyataan. Metode analisis data menggunakan analisa univariat. Hasil penelitian yang didapatkan dewasa menengah 64,7%, laki-laki 54%, pendidikan dasar 40,7%, bekerja 52%, lama menderita hipertensi ≤5 tahun 72,7%, 100% menggunakan asuransi kesehatan, pengetahuan responden baik 89,3%, dukungan keluarga berada kategori baik 84,7%, peran tenaga kesehatan baik 78%, motivasi tentang diet pada responden berada dalam kategori kurang 59,3% dan responden yang tidak patuh terhadap pola makan 60,7%. Direkomendasikan kepada perawat agar dapat dan meningkatkan perhatian terhadap kepatuhan diet pasien.

Full Text:

PDF

References


Evadewi, Putu K, R & Sukmayanti, L, M, .(2013). Kepatuhan Mengonsumsi Obat Pasien Hipertensi di Denpasar ditinjau dari Kepribadian Tipe A & Tipe B. Vol.1, No.1, Mei 2013, hal 32-42.

Friedman, M, M., Bowden, V, R., & Jones, E, G. (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: Riset, Teori, & Praktik. Jakarta: EGC.

Gusmira, S 2012, ‘Evaluasi Penggunaan Antihipertensi Konvensional dan Kombinasi Konvensional Bahan Alam pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Wilayah Depok’, Artikel Penelitian, Departemen Farmasi, Fakultas Ilmu Pengetahua Alam dan Matematika Universitas Indonesia, Vol. 16, No. 2. hh.77-78.

Kumar, V, Cotran, R. S & Robbins, S. L (2007) Buku Ajar Patologi Robbins, edisi 7, Vol. 2, EGC, Jakarta.

Kusumastuty, dkk (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Diet Hipertensi pada Lansia yang Mengalami Hipertens di Panti Wredha Dharma Bakti Kasih Surakarta. Skripsi pada Program Studi S-1 Keperawatan STIKES Kusuma Husada Surakatta.

Kusumawati, I (2015). Kepatuhan Menjalani Diet ditinjau dari Jenis Kelamin dan Tingkat Pendidikan pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Artikel penelitian pada Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mershal, FA. Original Research Article: Effect of Evidence Based Lifestyle Guidelines On Self-Efficacy of Patients with Hypertension. International Journal of Current Microbiology and Applied Sciences. 2015;4(3).p.244-263.

Mularcik, KA. Self-Efficacy Toward Health Behaviors to Improve Blood Pressure in Patients Who Receive Care in A Primary Care Network [Thesis]. The Ohio Statee University; 2010. P.6-15.

Natalia, D, Hasibuan, P, Hendro 2014, ‘Hubungan Obesitas dengan Hipertensi pada Penduduk Kecamatan Sintang Kalimantan Barat‘, Departemen Patofisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Bagian Penyakit Dalam RSU St. Antoius, Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura, Vol. 2, No. 3, hh.157.

Puspita, E. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepattuhan Penderita Hipertensi dalam Menjalani Pengobatan. Skripsi pada Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Keolahragaan Universsitas Negeri Semarang.

Riset Kesehatan dasar. (2007). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan, Republik Indonesia Desember 2008. Jakarta

UU RI No. 40 Tahun 2014, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian

WHO. (2013). A Global Brief on hypertension Silent Killer, Global Public Health Crisis


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id