REINFORCEMENT YANG DIBERIKAN ORANGTUA DAN PRESTASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH

Ragil Tri Julianda, Fithria Fithria

Abstract


Anak usia sekolah mengalami perubahan progresif, terutama dalam proses belajar. Hal ini harus diperhatikan oleh orangtua. Orangtua pihak yang dapat membantu anak pada periode ini, diantaranya dengan menerapkan reinforcement. Kurangnya pemberian penghargaan berdampak buruk untuk hasil prestasi belajar anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah descriptive correlation dengan desain penelitian cross sectional study. Responden sebanyak 91 Ibu yang memiliki anak usia sekolah dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik angket dalam bentuk skala likert dan rating scale. Hasil penelitian menunjukkan reinforcement berada pada kategori tinggi yakni 71 responden (78,0%) dan prestasi belajar berada pada kategori baik 51 anak (56,0%). Dari hasil uji statistik dengan menggunakan chi-square diperoleh nilai p-value =(0,033) < α (0,05), sehingga ada hubungan reinforcement yang diberikan orangtua dengan prestasi belajar anak usia sekolah di Gampong Lambhuk Kecamatan Ulee Kareng Kota Banda Aceh. Disarankan kepada orangtua untuk dapat menerapkan reinforcement sehingga anak akan merasa diperhatikan dan dihargai yang tentunya hal ini akan berdampak pada prestasi belajar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, I., Said, H., & Khan, F. (2013). Effect of corporal punishment on students motivation and lassroom learning. Published by Canadian Center of Science and Education, 5 (4), 130-134. doi: 10.5539/res.v5n4p130.x

Atmojo, P. D. (2016). Pengaruh pemberian reward dan reinforcement negatif terhadap motivasi belajar siswa. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 27 (5).doi: 241-567/yj.bk8mp328.x

BPS Provinsi Aceh. (2015). Jumlah murid pada sekolah dasar (SD) negeri dan swasta menurut kabupaten/ kota. Aceh: Badan Pusat Statistik.

Budiarto, E. (2008). Biostatistik untuk kedokteran dan kesehatan masyarakat. Jakarta: EGC.

Churngchow, C., & Sinprajukpol, W. (2016). Factors affecting the scholastic achievement of Prince of Songkla University students from private schools with islam instruction in the three southern border provinces.Thailand: Kasetsart Journal of Social Sciences 37, (59-65).doi: 10.1016/j.jkss.2016.01.001.x

Fatmawati, N. L. (2016). Pengaruh positive reinforcement terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas v sekolah dasar negeri se-kecamatan Butuh. Jakarta: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 10, (946-957).doi: 10.11.21/j/1017-8551.2016.0012.x

Kozier, B., Erb, G., Berman, A., & Snyder, S. J. (2010). Buku ajar fundamental keperawatan konsep, proses & praktik edisi 7, volume 1. Jakarta: EGC.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT assyfa boarding school Subang Jawa Barat. Bandung: Jurnal Psikologi Undip Vol. 10, No.2 (103-114). doi: 10.1131/j.1457-8615.2011.0012.x

Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Swarjana, I. K. (2012). Metodelogi penelitian kesehatan ed (1). Yogyakarta: ANDI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id