PROSES ADAPTASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS YIAH KUALA BANDA ACEH

Habibi Habibi, Noraliyatun Jannah, Noraliyatun Jannah

Abstract


Adaptasi adalah upaya penyesuaian diri dengan lingkungan atau menyesuaikan lingkungan agar sesuai dengan tujuan personal. Seseorang yang menghadapi lingkungan berbeda perlu melakukan usaha penyesuaian, peralihan sistem belajar yang dihadapi oleh mahasiswa baru merupakan masa penyesuaian terhadap tuntutan akademis universitas dan perubahan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses adaptasi belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan total sampling pada mahasiswa reguler A angkatan 2015 di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala berjumlah 91 orang. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses adaptasi belajar mahasiswa adaptif (52,7%), subvariabel mekanisme koping dalam proses pembelajaran mahasiswa adaptif (61,5%), subvariabel regulator subsistem dalam proses pembelajaran mahasiswa adaptif (59,3%), dan subvariabel kognator subsistem dalam proses pembelajaran mahasiswa adaptif (60,4%). Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses adaptasi belajar mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala sudah adaptif. Pihak Fakultas Keperawatan dapat terus meningkatkan orientasi sistem pembelajaran dan penerapan metode pembelajaran untuk mahasiswa baru. 


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Mularsih, H. (2010). Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Universitas Tarumanagara.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Selemba Medika.

Saputra, A. A., dkk. (2012). Kemampuan Adaptasi Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Ilmu Komunikasi di Lingkungan Universitas. Jakarta: UI.

Purwanto, T. (2013). Pengaruh Kemampuan Bersosialisasi, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Beradaptasi terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Elektronika Industri Terapan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id