GAMBARAN MINAT MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN USK UNTUK BEKERJA DI DAERAH TERPENCIL DAN TERTINGGAL
Abstract
Kekurangan perawat di daerah terpencil dan tertinggal akan berdampak buruk pada kesehatan dan keselamatan pasien, karena perawat merupakan salah satu tenaga kesehatan dengan waktu yang lebih lama memberikan pelayanan kepada pasien. Kekurangan perawat ini dapat disebabkan oleh kurangnya minat dari mahasiswa keperawatan untuk memilih berkarier di daerah terpencil dan tertinggal. Minat pada mahasiswa keperawatan dapat mendorong dan memotivasi mahasiswa untuk ikut serta berkontribusi dalam pemerataan tenaga kesehatan di seluruh pelosok Indonesia terutaman di daerah terpencil dan tertinggal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran minat mahasiswa Fakultas keperawatan Universitas Syiah Kuala untuk bekerja di daerah terpencil dan tertinggal yang dinilai berdasarkan indikator kemauan, pengaruh kepribadian, serta lingkungan kerja yang sesuai bakat dan minat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 528 mahasiswa. Hasil penelitian didapatkan minat mahasiswa pada kategori sedang (83,9%), dengan presentase kemauan (60,8%), pengaruh kepribadian (80,5%), dan lingkungan kerja yang sesuai dengan bakat dan minat (79,4%). Diharapkan bagi pihak yang berwenang di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala agar dapat melakukan promosi tenaga kesehatan untuk berkarier ke daerah terpencil dan tertinggal, agar minat kerja pada mahasiswa keperawatan dapat meningkat dan mereka siap bekerja dimanapun mereka ditugaskan setelah lulus nanti
Full Text:
PDFReferences
Amalianita, B., & Putri, Y. E. (2020). Perspektif Holland Theory serta Aplikasinya dalam Bimbingan dan Konseling Karir. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 4(2), 63–70.
Amanatul F. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Keperawatan untuk Bekerja di Daerah Terpencil, Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Program Studi Pendidikan Ners Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga: Surabaya.
Anggraini, W., & Kurniawan, F. (2020). Validitas dan Realibilitas Instrumen Teori Pilihan Karir Holland di Indonesia. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 68–73.
Aryani, F., & Rais, M. (2017). Model E-Peminatan : Solusi Praktis Merencanakan Karier Masa Depan. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Ashari, T., & Hasanuddin. (2020). Minat Kerja, Profesionalisme Konsel dan Kepuasan Kerja Konselor di LPT Grahita Indonesia di Banten. Analitika:Jurnal Magister Psikologi UMA, 12(2), 123–129. https://doi.org/10.31289/analitika.v12i2.4192
Asri, A. F., Ernawati, L., & Sefianmi, D. (2022). Pola Minat Menurut Teori Holland Pada ANDIKPAS di LPKA Kelas II Sukamiskin Bandung Jurnal Ilmiah Psikologi Reliabel. RELIABEL, 8(1), 19–30.
Farhan, F., & Biran, M. (2022). Perspektif Teori Holland dalam Pemilihan Karir Siswa SMA di Era Teknologi Informasi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(1), 9. https://doi.org/10.29210/1202221148
Firdaus, A., Efendi, F., Hadisuyatmana, S., Aurizki, G. E., & Abdullah, K. L. (2019). Factors influencing the intention of Indonesian nursing students to work in rural areas. Family Medicine and Community Health, 7(3), 1–6. https://doi.org/10.1136/fmch-2019-000144
Gazali, K. M., Syakurah, R. A., & Fadilah, M. (2019). Medical Students’ Interests on Rural Practices. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 8(2), 192–196. https://doi.org/10.11591/ijphs.v8i2.19633
Getachew, B., Bizuneh, B., Ewunetu, B., Kassahun, D., Fentahun, D., Ademe, D., Cherkos, E. A., & Kebede, A. A. (2022). Willingness to Work in Rural Areas and Associated Factors Among Graduating Health Students At the University of Gondar, Northwest Ethiopia, 2021. PLoS ONE, 17(10), 1–14. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0276594
Liu, J., Zhang, K., & Mao, Y. (2018). Attitude Towards Working in Rural Areas: A Cross-Sectional Survey of Rural-Oriented Tuition-Waived Medical Students in Shaanxi, China. BMC Medical Education, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12909-018-1209-z
Liu, T., Li, S., Yang, R., Liu, S., & Chen, G. (2019). Job preferences of undergraduate nursing students in eastern China : a discrete choice experiment. Human Resources for Health, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s12960-018-0335-3
Raftery, D., Isaac, V., & Walters, L. (2021). Factors Associated with Medical Students’ Interest in Remote and Very Remote Practice in Australia: A National Study. Australian Journal of Rural Health, 29(1), 34–40. https://doi.org/10.1111/ajr.12694
Rosdiana, Y., Hastutiningtyas, W. R., & Putri, R. M. (2019). Motivasi Tinggi Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Melanjutkan Profesi Ners. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.33366/jc.v7i1.1145
Saragi, M., & Lubis, H. (2021). Analisis Perencanaan, Pemerataan, Penempatan Sumber Daya Kesehatan dalam Pelayanan Kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Tahun 2019. Public Health Journal, 7(2).
Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.33653/jkp.v6i2.317
Sheldon, K. M., Holliday, G., Titova, L., & Benson, C. (2020). Comparing Holland and Self-Determination Theory Measures of Career Preference as Predictors of Career Choice. Journal of Career Assessment, 28(1), 28–42.
Sidibé, C. S., Touré, O., Broerse, J. E. W., & Dieleman, M. (2019). Rural Pipeline and Willingness to Work in Rural Areas: Mixed Method Study on Students in Midwifery and Obstetric Nursing in Mali. PLoS ONE, 14(9), 1–13. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0222266
Silvestri, D. M., Blevins, M., Afzal, A. R., Andrews, B., Derbew, M., Kaur, S., Mipando, M., Mkony, C. A., Mwachaka, P. M., Ranjiti, N., & Vermund, S. (2014). Medical and Nursing Students’ Intentions to Work Abroad or in Rural Areas: A Cross-Sectional Survey in Asia and Africa. Bulletin of the World Health Organization, 92(10), 750–759. https://doi.org/10.2471/BLT.14.136051
Smith, T., Sutton, K., Beauchamp, A., Depczynski, J., Brown, L., Fisher, K., Waller, S., Wakely, L., Maybery, D., & Versace, V. L. (2021). Profile and Rural Exposure for Nursing and Allied Health Students at Two Australian Universities : A Retrospective Cohort Study. Australian Journal of Rural Health, 21–33. https://doi.org/10.1111/ajr.12689
WHO. (2020). Improving retention of health workers in rural and remote areas: Case studies from the WHO South-East Asia Region. World Health Organization.
WHO. (2021). WHO guideline on health workforce development , attraction , recruitment and retention in rural and remote areas : a summary.
World Health Organization (WHO). (2016). Health workforce requirements for universal health coverage and the Sustainable Development Goals (Issue 17). https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/250330/9789241511407-eng.pdf
Yuline, Putri, A., Halida, & Fergina, A. (2022). Urgensi dan Manfaat Pengukuran Kepribadian Karir pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Sosial, 9(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id