EFEKTIVITAS PELATIHAN KONTROL DIRI PADA REMAJA DENGAN RISIKO KECANDUAN TERHADAP GAME ONLINE
Abstract
Survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Interet Indonesia (APJII) sebesar 90.16% penduduk Indonesia yang terkoneksi internet adalah remaja berusia 13-18 tahun dimana konten internet nomor 4 paling sering digunakan adalah game online (14.23%). Hasil pengkajian pada remaja di MTsS Lam Ujong juga menunjukkan kecenderungan kecanduan terhadap game online. Terlalu sering bermain game online dapat menjadi kecanduan yang dapat mengganggu berbagai aspek pada remaja seperti aspek kesehatan fisik, aspek kesehatan psikologis, aspek kognitif dan akademik, aspek sosial serta aspek finansial untuk itu perlu dilakukan penanganan terhadap masalah ini. Tujuan dari studi kasus ini adalah untuk menguraikan asuhan keperawatan dan melihat keefektifan pelatihan kontrol diri pada agregat remaja dengan risiko kecanduan game online di MTsS Lam Ujong Kecamatan Kreung Barona Jaya Aceh Besar. Intervensi yang diberikan berupa edukasi kesehatan, bermain terapeutik, dan pengendalian diri melalui lembar tugas remind card. Evaluasi diukur melalui angket pretest dan posttest. Hasil dari studi kasus ini ditemukan bahwa pelatihan kontrol diri efektif menurunkan tingkat kecanduan game online pada remaja. Saran yang diajukan adalah diharapkan pihak sekolah, orang tua maupun pelayanan kesehatan dapat menerapkan pelatihan ini dan mengevaluasi kegiatan bermain game online agar tingkat kecanduan dapat menurun atau tidak muncul sama sekali.
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Diakses pada 30 April 2023 pada situs https://survei.apjii.or.id/survei
Astati, Hamid, R, & Marhan, C (2020). Hubungan antara kontrol diri dengan kecanduan internet pada remaja. Jurnal SUBLIMAPSI. Vol 1(3). e-ISSN 27161854
BKKBN. (2019). Modul Pegangan bagi fasilitator kelompok kegiatan BKR membantu remaja merencanakan masa depannya. Jakarta Timur; diakses pada 8 Mei 2023 melalui situs https://www.slideshare.net/aninditasekar puri/modul-bina-keluarga-remaja-bkrbkk bn-program-prioritas-nasional-propn-2019
Gandawijaya, L.E. (2017) The correlation between Self-Control and electronic aggression on social Media users in Emerging Adulthood. Thesis: Psychology Departement, Sanata Dharma University. doi:10.13140/RG.2.2.34270.74568.
Gunawan, MS & Farliyani, BAS. (2022). Pengaruh teknik self instruction terhadap kecanduan game online pada siswa. Jurnal realita bimbingan dan konseling; 7(1), 1460 – 1582. E-ISSN: 2722 – 7340.
Hasibuan, J., & Anggreni, A. (2022). Fenomena Kecanduan Game online Pada Remaja Di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1), 20-28.
Irawan, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).
Ismi. N & Akmal. (2020). Dampak game online terhadap perilaku siswa di lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education (ISSN: 2622-237X).Volume 3 (1) 2020
King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2018). Internet gaming disorder: Theory, assessment, treatment and prevention. New York: Academic Press.
Kominfo. (2019). PUBG Disorot, Kominfo Siap Revisi Peraturan Menteri soal Game Elektronik. Diakses pada 8 Mei 2023 melalui situs https://www.kominfo.go.id/ content/detail/17519/pubg-disorot kominfo-siaprevisi-peraturan-menteri soal-gameelektronik/0/sorotan_media
Kominfo. (2022). Pemutusan Akses terhadap 15 PSE Game online yang Memuat Unsur Perjudian. Siaran Pers No. 312/HM/KOMINFO/08/2022. Diakses pada 8 Mei 2023 melalui situs https://www.kominfo.go.id/content/detai l/43441/siaran-pers-no312hmkominfo082 022-tentangpemutusan-akses-terhadap-15-psegame-online-yang-memuat-unsur perjudian/0/siaran_pers
Matur, Y. P., Simon, M. G., & Ndorang, T. A. (2021). Hubungan Kecanduan Game online Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja SMA Negeri Di Kota Ruteng. Wawasan Kesehatan, 6(2), 5566.
Miswanto, M., Armitasari, A., & Muhazir, M. (2020, September). Kecanduan Game online Ditinjau Dari Jenis Kelamin Laki-Laki dan Perempuan. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 43-51).
Nasution, M. T. (2021). Kecanduan Game online Pada Kalangan Remaja di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh Ditinjau Menurut Hukum Keluarga Islam (Doctoral dissertation, UIN ARRANIRY).
Nofitriani. N.N. (2020). Hubungan antara kontrol diri dan harga diri dengan perilaku konsumtif terhadap gadget pada Siswa Kelas XII SMAN 8 Bogor. Jurnal IKRA-ITH Humaniora. Vol 4 (1). Maret 2020
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan game online pada remaja; dampak dan pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148-158. DOI: 10.22146/buletinpsikologi.47402
Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan (Cetakan Pe). Pusat penerbitan dan percetakan Universitas Airlangga (AUP).
Panjaitan, T. D. (2017). Pemanfaatan Kartu Kendali Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Global Edukasi, 1(3), 337-342.
Putri, A., & Ningsih, Y. T. (2020). Hubungan Antara Kesepian dengan Kecanduan Game online pada Mahasiswa yang Bermain Game online X di Kota Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2760-2767.
Rahmawati, D., Mulyana, D., Amar, BR. (2021). Kecanduan game online. Jakarta: Pabrik Boekoe
Rahmayani, D. K., & Rozali, Y. A. (2021). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kecenderungan Kecanduan Game online Pada Remaja Yang Bermain Free Fire Di Jakarta. In Psychommunity Seminar Nasional Psikologi Esa Unggul (Vol. 1, No. 01).
Ramadhani, RF., Iswinarti., Zulfiana, U. (2019). Pelatihan kontrol diri untuk mengurangi kecenderungan internet gaming disorder pada anak usia sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terappan, 7 (1), 81-100, eISSN: 2540-8291
Salmi,S, Hariko, R, Afdal,A. (2018) Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan konseling. 8(2). 88-99
Shafura, I. L., & Tahlil, T. (2017). Kecanduan game online hubungannya dengan prestasi akademik remaja di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).
We are social. (2022). Digital 2022: Anotger year of bumper growth. Diakses pada 20 Januari 2023 pada link https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01 /digital-2022-another-year-of-bumpergrowth-2/
WHO. (2018). ICD-11 for mortality and morbidity statistics. Diakses pada Februari 2023 dihttps://icd.who.int /browse11/lm/en#/ht tp%253a%252f% 252fid.who.int%252ficd%252fentity%252f1448597234
WHO. (2020). Addictive behaviours: Gaming disorder. https://www.who. int/newsroom/questionsandanswers/item/addictive-behavioursgaming-disorder.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id