GAMBARAN KEPERCAYAAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP
Abstract
Kepercayaan pasien merupakan salah satu elemen yang penting bagi perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan. Tanpa adanya kepercayaan maka keberhasilan dalam menangani masalah yang dihadapi pasien akan sulit dan memengaruhi kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kepercayaan pasien terhadap pelayanan asuhan keperawatan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Jenis penelitian deskriptif ekspoloratif dengan desain cross-sectional study. Populasi adalah seluruh pasien di ruang rawat inap dengan kriteria inklusi minimal berusia 18 tahun, telah dirawat inap minimal 1 hari, dan kesadaran penuh. Jumlah sampel sebanyak 127 responden dengan cara pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kepercayaan pasien dengan nilai reliabilitas 0,966. Hasil penelitian menunjukkan kepercayaan pasien adalah baik sebanyak 61 responden (48.0%), 66 responden (52.0%) cukup. Dilihat dari dimensi kemampuan (ability) adalah cukup 89 responden (70,1%), kebaikan hati (benevolence) 89 responden (70,1%), dan integritas (integrity) perawat 79 responden (62,2%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kepercayaan pasien terhadap pelayanan asuhan keperawatan di ruang Rawat Inap Rumah Sakit Meuraxa Kota Banda Aceh memiliki kepercayaan cukup. Direkomendasikan agar instansi rumah sakit meningkatkan pelayanan di ruang rawat inap guna meningkatkan kepercayaan pasien terhadap pelayanan keperawatan, salah satunya dengan memfasilitasi kotak saran disetiap ruang rawat untuk menampung aspirasi pasien dan keluarga. Hal yang harus ditingkatkan perawat dalam memberikan pelayanan adalah dimensi kemampuan, kebaikan hati, dan integritas.
Full Text:
PDFReferences
Afrizal, A. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Dankepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Dan Implikasinya Pada Loyalitas Pasien. JEM Jurnal Ekonomi dan Manajemen , Vol. 4, No. 1 (July 2018): pp. 70-86.
Cahyati, P. (2021). Analisis Kepuasan dalam Meningkatkan Loyalitas melalui Kepercayaan: Studi pada Pasien Peserta BPJS di UPT Puskesmas Cimaragas Kabupaten Ciamis. LITERATUS, 3(1), 103-117.
Chang, C.-S., Chen, S.-Y., & Lan, Y.-T. (2013). Service quality, trust, and patient satisfaction in interpersonal-based medical service encounters. BMC Health Services Research, 13(1), 1–11. https://bmchealthservres.biomedcentral.com/articles/10.1186/1472- 6963-13-22
Djohan, A. J. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Kepercayaan untuk Mencapai Loyalitas Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Swasta di Kota Banjarmasin. Jurnal Aplikasi Manajemen, 13(2), 257-271.
Hadiyati, H. (2015). Analisis Kepercayaan Pasien Rawat Inap pada RSUD di Propinsi Kepulauan Riau. Jurnal Daya Saing, 1(3). 2.1-237.
Hadiyati, N. P. M. (2018). Pengaruh Kinerja Medis dan Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Implikasinya Pada Kepercayaan PasienRawat Inap pada RSUD di Propinsi Kepulauan Riau (Doctoral dissertation, Unpas).
Librianty, N. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruangan Rawat Inap Mawar RSUD Bangkinang Tahun 2016. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 11-20.
Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of management review, 20(3), 709- 734.
Novitasari, A. E., Wiyadi, W., & Setiawan, I. (2020, December). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Gigi RSUD Kabupaten Karanganyar yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pasien. In Prosiding University Research Colloquium (pp. 304-309).
Pambudi, N. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Revisit Intention dengan Kepuasan dan Kepercayaan Pasien sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pasien Rawat Inap di RSU Permata Medika Kebumen) (Doctoral dissertation, Universitas Putra Bangsa).
Rahmawati, R., & Sabhariyah, R. (2012). Kepercayaan Dan Komitmen Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Dengan Loyalitas. Journals of Ners Community Vol 3 No 1 Juni 2012.
Ramadhani, R., & Sediawan, M. L. (2022). Kepercayaan Pasien Terhadap Layanan Kesehatan Suatu Studi Tinjauan Sistematis. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 11(1), 71-83.
Ramdani, C. R., Fadili., D. A. dan Sudrajat, A. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Mitra Medika Narom Kabupaten Bekasi. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 7(1), 41-49.
Rusandy, D. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. (JMK) Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 1(3),191-205.
Suhermin, S., & Hermawati, A. (2021). Membangun Kepercayaan Kepada Rumah Sakit Berdasarkan Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pasien. Equilibrium: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 10(1).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2014 Tentang Keperawatan. Diakses pada tanggal 9 Maret 2016 dari http://www.kemenkopmk.go.id
Wididana, K. B. S. (2016). Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan kepercayaan pasien rumah sakit umum shanti graha buleleng. Jurnal Ekonomi & Bisnis Jagaditha, 3(1), 78-93.
Wiliana, E., Erdawati, L., & Gunawan, Y. M. (2019). Pengaruh Reputasi Dan Kepercayaan Pasien Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Bpjs Di Rumah Sakit Annisa Kota Tangerang. Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu), 1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id