EFEKTIVITAS METODE STORY TELLING UNTUK PENGETAHUAN INTERPRESTASI EKG ATRIOVENTRIKULER BLOCK DAN BUNDLE BRANCH BLOCK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN
Abstract
Elektrokardiogram (EKG) adalah salah satu alat diagnostic yang digunakan untuk early detection pada gangguan kelainan jantung. Rendahnya pengetahuan mahasiswa tentang interpretasi EKG sehingga perlu diberikan pelatihan EKG dengan metode story telling agar dapat memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang interpretasi EKG. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas pembelajaran menggunakan metode story telling dalam pengetahuan interpretasi Elektrokardiogram pada mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasy experimental study menggunakan desain penelitian pre and post-test without control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa Fakultas keperawatan angkatan 2019 yaitu 134 orang dengan jumlah sampel 27 mahasiswa pada kelompok intervensi. Metode analisis data menggunakan uji paired t-test dan uji non-parametrik mann whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran story telling dapat meningkatkan pengetahuan interpretasi EKG mahasiswa dengan p-value 0,000 < 0,05. Hasil analisa data juga menunjukkan nilai pengetahuan mahasiswa dengan pembelajaran metode story telling yaitu nilai post-test metode story telling dalam kategori tinggi. Metode story telling menjadikan informasi menjadi lebih mudah dipahami, menyenangkan dan mudah diingat dalam jangka waktu yang lebih lama.
Full Text:
PDFReferences
Allison, J. J., Nguyen, H. L., Ha, D. A.,
Chiriboga, G., Ly, H. N., Tran, H. T., (2016). Culturally adaptive storytelling method to improve hypertension control in Vietnam" We talk about our hypertension": study protocol for a feasibility cluster-randomized controlled trial, 1-9
Daherman, Y., & Moekahar, F. (2021). Pengaruh Metode Storytelling terhadap Kemampuan Public Speaking Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi di Kota Pekanbaru. Jurnal Riset Komunikasi, 4(2),313–328. https://doi.org/10.w38194/jurkom.v4i2.360
Dermawan, H. (2019). Konversi yang berhasil dari blok atrioventrikular lengkap menjadi irama sinus tanpa alat pacu jantung: Laporan kasus. https://doi.org/10.20885/JKKI.Vol10.Iss3
.art12
Durães, A. R., Carlos, L., Passos, S., Souza, H.
C. De, Marques, V. R., Fernandes, M., & Solano, J. D. C. (2016). iMedPub Journals Bundle Branch Block : Right and Left Prognosis Implications Abstract, 1–6. https://doi.org/10.21767/2471- 8157.100016
Ivan, R., Maicol, C., Veronica, B., Carmela, T., Rosarian, D. R., Valeria, C., Giovani, A., ... Paola, F. (2021). The skill of nursing students trained in the evaluation of electrocardiographic trace: a comparison with emergency nurses. https://doi.10.23750/abm.v92iS2.12345
Ko, Y., Issenberg, S., & Roh, Y. (2022). Effects of peer learning on nursing students' learning outcomes in electrocardiogram education. Nurse Education Today.
https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.10518 2
Kurniawan, D. E., Wihastuti, T. A., & Kristanto, H., (2019). Perbedaan Pengaruh Pembelajaran EKG Lethal Arrhythmia Mode Kooperatif Jigsaw Dan Metode Ceramah Terhadap Pengetahuan Pada Mahasiswa S1 Keperawatan.
Miller, M. J.Weech-maldonado,R., Outman, R. C., Ray, M. N., Gary, L. C., Chen, L., …. Saag, K. G. (2016). Patient Education and Counseling Evaluating the effectiveness of patient storytelling DVD
intervention to encourage physician-patient communication about nonsteroidal anti-in fl amatory drug ( NSAID ) use. Patient Education and Counseling, 8-15
Mobrad, A. (2020). Electrocardiogram interpretation competency among paramedic students. Journal of Multidisciplinary Healthcare, 13, 823–
https://doi.org/10.2147/JMDH.S273132
Rollinson, D., & Kish. (2017). Careconcept In Advanced Nursing (St.Louis Mosby A Harcourt Health Science Company (Ed.)). St.Louis Mosby A Harcourt Health Science Company.
Supliyani, E. (2014). Kepuasan Mahasiswa Program Studi Kebidanan Bogor dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran Praktik Klinik Kebidanan III di Lahan Praktik. INFOKES, 4(2), 57–71
Syam, Y., Lilianti, E. S., Majid, A., & Saleh, A. (2019). Support Education With Digital Strorytelling Of Self Care Ostomate Improvements In Makassar In 2019. JKMM, 2019, Vol. 4 No.1 : 321-325.
Wieland, M. L., Njeru, J. W., Hanza, M. M., Boehm, D. H., Singh, D., Yawn, B P., ... Sia, I. G. (2017). Pilot Feasibility Study of a Digital Storytelling Intervention for Immigrant and Refugee Adults With Diabetes. Diabetes Educator, 43(4), 349-359.
Zare, L., Shahmari, M., Dashti, S., Jafarizadeh, R., Nasiri, E. (2021). Comparison of the effect of teaching Bundle Branch Block of electrocardiogram through storytelling and lecture on learning and satisfaction of nursing students: A quasi-experimental study. Nurse Education in Practice.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id