Perilaku Ibu Tentang Stimulasi Bahasa Dan Perkembangan Bahasa Balita Yang Menggunakan Gadget

Zazirah S, Sufriani Sufriani, Darmawati Darmawati

Abstract


Stimulasi bahasa yang kurang disertai dengan penggunaan gadget yang tidak diawasi oleh orangtua pada balita dapat berdampak pada kecenderungan mengalami keterlambatan perkembangan bahasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan perilaku ibu tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa pada balita yang menggunakan gadget di Kota Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan crosssectional study. Populasi penelitian yaitu 146 responden dengan pengambilan sampel menggunakan convenience sampling sehingga didapatkan 114 orang ibu dan balita. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner untuk mengukur perilaku ibu tentang stimulasi bahasa balita dan lembar Denver Developmental Screening Test untuk mengukur perkembangan bahasa balita. Analisa data menggunakan uji statistik Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada balita usia 24-36 bulan, 55,3% Ibu dengan perilaku stimulasi bahasa kurang baik dengan tahapan perkembangan bahasa balita suspek sebanyak 46.8%. balita usia 36-48 bulan, 55.2% ibu dengan perilaku stimulasi bahasa kurang baik dengan tahapan perkembangan bahasa balita suspek sebanyak 55.2%. Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku ibu tentang stimulasi bahasa dengan perkembangan bahasa balita yang menggunakan gadget (p-value 0,000). Penggunaan gadget sangat besar dampaknya terhadap perkembangan bahasa anak sehingga dituntut adanya perhatian dan perilaku stimulasi bahasa yang baik dari ibu

Full Text:

PDF

References


Adillin. (2018). Hubungan pengetahuan ibu

dengan stimulasi bicara dan bahasa pada

anak usia 36-48 bulan di Paud Cempaka

Mas Medan tahun 2018. Institut Kesehatan

Medan

Aulina, C. N. (2018), Penerapan metode hole

brain eaching dalam meningkatkan

motivasi belajar anak usia dini. Jurnal

Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,

(1),1-12.

Bhennita. (2019). Pengaruh gadget terhadap

perkembangan bicara anak usia 3 tahun di

TK Buah Hati Kita B Sukmawati. PLB

IKIP PGRI JEMBER

Kementerian Kesehatan, RI. (2015). Situasi

Kesehatan Anak Balita di Indonesia.

Jakarta: KEMENKES RI.

Kusumanegara, H., Hardaningsih, G., &

Rahmadi, F. A. (2015). Hubungan Antara

Stimulasi Keluarga Dengan

Perkembangan Batita, 4(4), 910–921.

Louis, C. Saint. (2015). Many children under 5

are left to their mobile devices, Survey

Finds

Mardhiyyah, Dwita & Erfan. Hubungan

Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi

Bahasa dengan Perkembangan Bahasa

Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Lengkomg

Kecamatan Mumbulsari Kabupaten

Jember. Journal of Agro medicine and

Medical Sciences. Vol. 5 No. 3

Meghan N. (2013). The relationship beetween

parental stress, parent child interaction

quality and child language outcomes.

Atlanta: Georgia Sate University

Miyati. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan

orangtua terhadap pola asuh anak.

Kumara Cendekia

Mubarok, a. m. (2017). Menumbuhkan minat

baca siswa dari keluarga. Sindo

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017).

Pola Asuh Orang Tua dengan

Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah

(Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan

(1), 61–67.

Nizami. N.H, Sufriani & Safitri. (2021).

Gambaran Perkembangan SosialEmosional Anak yang menggunakan

gadget. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas

Keperawatan USK.

Prasetya, Fauzan Budi. (2017). Terbukti, Balita

yang sering pakai gadget berisiko

keterlambatan bicara. Jurnal IKIP Jember

Vol 3 No 1

Rahayu, Anggraini & Islam. (2021).Peran

orangtua dalam pendampingan anak usia

SD/MI dalam pembelajaran online di saat

pandemi COVID-19. Jurnal Auladuna

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018).

Badan Penelitian dan Pengembangan

Kesehatan Kementerian RI

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang

berhubungan dengan perkembangan

bahasa balita di UPTD kesehatan baserah

tahun 2016. Jurnal Obsesi, 1(2) 2-3.

Safwat R. (2014). Effect of parent interaction on

langguage development in children. The

Egyptian Journal of Otolaryngology.

Saleha (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan

Ibu Terhadap Perkembangan Bahasa

Balita. Jurnal Kesehatan AlMuslim

Soetjiningsih dan Ranuh, G. (2013). Tumbuh

kembang anak Ed. Jakarta: EGC

Suryana, Dadan. (2018). Stimulasi dan Aspek

Perkembangan Anak. Jakarta:

Prenadamedia Group.

Velika V., I. Nemgah Sudika Negara, and

Hendro Aryonto. (2015). Perancangan

iklan layanan masyarakat penggunaan

gadget bijaksana

Wati I. C. (2016). Hubungan stimulasi

perkembangan terhadap perkembangan

anak usia 0-5 tahun di RW 8 Kelurahan

Kalicari Kota. Semarang.

Wawan, (2011). Teori dan pengukuran

pengetahuan, sikap dan perilaku manusia.

Nuha Medika, Yogyakarta.

Wenny, (2015). Peran lingkungan keluarga

terhadap perkembangan anak. Musawa

vol. 7. No. 2

Yusuf, E. B. (2016). Perkembangan dan

pemerilehan bahasa anak. Jurnal

Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 49.

Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Surabaya.

Jurnal DKV Adiwarna 1:11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id