Perilaku Ibu Tentang Stimulasi Bahasa Dan Perkembangan Bahasa Balita Yang Menggunakan Gadget
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adillin. (2018). Hubungan pengetahuan ibu
dengan stimulasi bicara dan bahasa pada
anak usia 36-48 bulan di Paud Cempaka
Mas Medan tahun 2018. Institut Kesehatan
Medan
Aulina, C. N. (2018), Penerapan metode hole
brain eaching dalam meningkatkan
motivasi belajar anak usia dini. Jurnal
Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
(1),1-12.
Bhennita. (2019). Pengaruh gadget terhadap
perkembangan bicara anak usia 3 tahun di
TK Buah Hati Kita B Sukmawati. PLB
IKIP PGRI JEMBER
Kementerian Kesehatan, RI. (2015). Situasi
Kesehatan Anak Balita di Indonesia.
Jakarta: KEMENKES RI.
Kusumanegara, H., Hardaningsih, G., &
Rahmadi, F. A. (2015). Hubungan Antara
Stimulasi Keluarga Dengan
Perkembangan Batita, 4(4), 910–921.
Louis, C. Saint. (2015). Many children under 5
are left to their mobile devices, Survey
Finds
Mardhiyyah, Dwita & Erfan. Hubungan
Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi
Bahasa dengan Perkembangan Bahasa
Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Lengkomg
Kecamatan Mumbulsari Kabupaten
Jember. Journal of Agro medicine and
Medical Sciences. Vol. 5 No. 3
Meghan N. (2013). The relationship beetween
parental stress, parent child interaction
quality and child language outcomes.
Atlanta: Georgia Sate University
Miyati. (2021). Pengaruh tingkat pendidikan
orangtua terhadap pola asuh anak.
Kumara Cendekia
Mubarok, a. m. (2017). Menumbuhkan minat
baca siswa dari keluarga. Sindo
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017).
Pola Asuh Orang Tua dengan
Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah
(Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan
(1), 61–67.
Nizami. N.H, Sufriani & Safitri. (2021).
Gambaran Perkembangan SosialEmosional Anak yang menggunakan
gadget. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas
Keperawatan USK.
Prasetya, Fauzan Budi. (2017). Terbukti, Balita
yang sering pakai gadget berisiko
keterlambatan bicara. Jurnal IKIP Jember
Vol 3 No 1
Rahayu, Anggraini & Islam. (2021).Peran
orangtua dalam pendampingan anak usia
SD/MI dalam pembelajaran online di saat
pandemi COVID-19. Jurnal Auladuna
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas). (2018).
Badan Penelitian dan Pengembangan
Kesehatan Kementerian RI
Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang
berhubungan dengan perkembangan
bahasa balita di UPTD kesehatan baserah
tahun 2016. Jurnal Obsesi, 1(2) 2-3.
Safwat R. (2014). Effect of parent interaction on
langguage development in children. The
Egyptian Journal of Otolaryngology.
Saleha (2021). Hubungan Tingkat Pendidikan
Ibu Terhadap Perkembangan Bahasa
Balita. Jurnal Kesehatan AlMuslim
Soetjiningsih dan Ranuh, G. (2013). Tumbuh
kembang anak Ed. Jakarta: EGC
Suryana, Dadan. (2018). Stimulasi dan Aspek
Perkembangan Anak. Jakarta:
Prenadamedia Group.
Velika V., I. Nemgah Sudika Negara, and
Hendro Aryonto. (2015). Perancangan
iklan layanan masyarakat penggunaan
gadget bijaksana
Wati I. C. (2016). Hubungan stimulasi
perkembangan terhadap perkembangan
anak usia 0-5 tahun di RW 8 Kelurahan
Kalicari Kota. Semarang.
Wawan, (2011). Teori dan pengukuran
pengetahuan, sikap dan perilaku manusia.
Nuha Medika, Yogyakarta.
Wenny, (2015). Peran lingkungan keluarga
terhadap perkembangan anak. Musawa
vol. 7. No. 2
Yusuf, E. B. (2016). Perkembangan dan
pemerilehan bahasa anak. Jurnal
Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 49.
Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Surabaya.
Jurnal DKV Adiwarna 1:11.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id