METODE PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TERHADAP KOMPETENSI INTERPRETASI ELEKTROKARDIOGRAM PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Syarifah Humayra, Devi Darliana, Cut Husna

Abstract


Interpretasi Elektrokardiogram (EKG) merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa keperawatan. Inovasi pembelajaran perlu untuk meningkatkan kompetensi salah satunya yaitu pembelajaran berbasis video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berbasis video dalam meningkatkan kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) interpretasi Elektrokardiogram pada mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian ini adalah quasy experimental study with one group pretest posttest design. Populasi penelitian mahasiswa keperawatan angkatan 2020  yaitu 147 orang dengan jumlah sampel 33 mahasiswa. Metode analisa data yaitu analisa univariat dan analisa bivariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pre-test dan post-test kompetensi (pengetahuan, keterampilan, sikap) EKG dengan p-value 0,000<0,05. Berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis video memiliki kompetensi yang baik. Mahasiswa mendapatkan materi dengan ceramah dan pemberian 3 video pembelajaran yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Pembelajaran berbasis video sangat penting diterapkan oleh mahasiswa keperawatan dalam interpretasi EKG karena video dapat memberikan informasi secara detail, cepat dan mudah diingat dalam jangka waktu lebih lama.


Full Text:

PDF

References


AIPNI. (2021). Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia Tahun 2021. www.aipni-ainec.org

Bastable, S. B. (2019). Nurse As Educator Principles Of Teaching And Learning For Nursing Practice (5th ed.). Jones & Bartlett learning.

Boateng, R., Boateng, S. L., Awuah, R. B., Ansong, E., & Anderson, A. B. (2016). Videos in learning in higher education: assessing perceptions and attitudes of students at the University of Ghana. Smart Learning Environments, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40561-016-0031-5

Breen, C. J., Kelly, G. P., & Kernohan, W. G. (2019). ECG interpretation skill acquisition: A review of learning, teaching and assessment. Journal of Electrocardiology. https://doi.org/10.1016/j.jelectrocard.2019.03.010

Chen, Y., Nasrawi, D., Massey, D., Johnston, A. N. B., Keller, K., & Kunst, E. (2021). Final-year nursing students’ foundational knowledge and self-assessed confidence in interpreting cardiac arrhythmias: A cross-sectional study. Nurse Education Today, 97(September 2020), 104699. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104699

Fent, G., Gosai, J., & Purva, M. (2015). Teaching the interpretation of electrocardiograms: Which method is best’. Journal of Electrocardiology, 48(2), 190–193. https://doi.org/10.1016/j.jelectrocard.2014.12.014

Granero-Molina, J., Fernández-Sola, C., López-Domene, E., Hernández-Padilla, J. M., Romão Preto, L. S., & Castro-Sánchez, A. M. (2015). Effects of web-based electrocardiography simulation on strategies and learning styles. Revista Da Escola de Enfermagem, 49(4), 645–651. https://doi.org/10.1590/S0080-623420150000400016

Haryanti, S., & Suwerda, B. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Praktik Pada Mata Kuliah Keselamatan Dan Kesehatan Kerja. Jurnal Pendidikan, 10(1).

Kashou, A., May, A., Desimone, C., & Noseworthy, P. (2020). The essential skill of ECG interpretation: How do we define and improve competency? In Postgraduate Medical Journal (Vol. 96, Issue 1133, pp. 125–127). BMJ Publishing Group. https://doi.org/10.1136/postgradmedj-2019-137191

Lee, N., Chae, S., Kim, H., Lee, J., Min, H. J., & Park, D. (2016). Mobile-Based Video Learning Outcomes in Clinical. January, 8–16.

Liu, Y., Chou, P.-L., & Lee, B.-O. (2020). Effect of an interactive e-book on nursing students’ electrocardiogram-related learning achievement: A quasi-experimental design. Nurse Education Today, 90, 104427. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104427

McCabe, O. L., Everly, G. S., Brown, L. M., Wendelboe, A. M., Abd Hamid, N. H., Tallchief, V. L., & Links, J. M. (2014). Psychological First Aid: A Consensus-Derived, Empirically Supported, Competency-Based Training Model. American Journal of Public Health, 104(4), 621–628. https://doi.org/10.2105/AJPH.2013.301219

Ohn, M., Souza, U., & Ohn, K. (2020). A qualitative study on negative attitude toward electrocardiogram learning among undergraduate medical students. Tzu Chi Medical Journal, 32(4), 392–397. https://doi.org/10.4103/tcmj.tcmj_91_19

Ramdani, H. T., Sulastini, S., & Susyanti, S. (2018). Pengaruh Media Video (Teman Sebaya) Terhadap Keterampilan Pemasangan Elektrocardiogram. Jurnal Keperawatan `Aisyiyah, 5.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Sablić, M., Mirosavljević, A., & Škugor, A. (2020). Video-Based Learning (VBL)—Past, Present and Future: an Overview of the Research Published from 2008 to 2019. Technology, Knowledge and Learning, 26(4), 1061–1077. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09455-5

Sari, I. P., & Sundari, S. (2021). Penggunaan Video sebagai Strategi Pembelajaran dalam Mendukung Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Klinis Mahasiswa Keperawatan. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 9(2), 188. https://doi.org/10.20527/dk.v9i2.8549

Sugiyarto, S. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dengan Audio Visual Terhadap Tingkat Kompetensi Mahasiswa Dalam Perekaman EKG. (Jkg) Jurnal Keperawatan Global, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.37341/jkg.v1i2.20

Wachtler, J., Hubmann, M., Zöhrer, H., & Ebner, M. (2016). An analysis of the use and effect of questions in interactive learning-videos. Smart Learning Environments, 3(1). https://doi.org/10.1186/s40561-016-0033-3

Winarto. (2015). Perbandingan Metode Pembelajaran The Six Stage Method (SSM) Dengan Diskriptif tentanng Hasil Interpretasi EKG Aritmia Pada Mahasiswa keperawatan.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan 2017, 234–237.

Zieber, M., & Sedgewick, M. (2018). Competence, confidence and knowledge retention in undergraduate nursing students — A mixed method study. Nurse Education Today, 62(December 2017), 16–21. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2017.12.008


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id