SELF-ESTEEM SELAMA PENYUSUNAN SKRIPSI PADA MAHASISWA KEPERAWATAN

Fathiya Rahma, Arfiza Ridwan, Farah Diba

Abstract


penyusunan skripsi merupakan tahapan akademik yang kompleks bagi mahasiswa dan merasa tidak mampu dalam melewatinya. Untuk dapat mengetahui kemampuan dirinya dalam menyusun skripsi, mahasiswa harus dapat mengevaluasi potensi yang dimiliki berkaitan dengan proses penilaian diri atau harga diri (self-esteem). Self esteem yang tinggi adalah salah satu aspek yang dapat mempermudah proses penyesuaian diri mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran self-esteem mahasiswa selama penyusunan skripsi di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian berjumlah 131 mahasiswa, untuk sampel penelitian sama jumlahnya dengan populasi karena menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan google form dengan menggunakan instrumen kuesioner Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Hasil penelitian menunjukan bahwa selama penyusunan skripsi hampir setengahnya memiliki self-esteem sedang yaitu 52 mahasiswa (39,7%), sebagian besar memiliki self-competence tinggi yaitu 70 mahasiswa (53,4%), dan hampir setengahnya memiliki self-liking sedang yaitu 44 mahasiswa (33,6%). Bagi institusi pendidikan perlu memperhatikan faktor serta masalah yang dapat mempengaruhi mahasiswa selama penyusunan skripsi dan memberikan dukungan sehingga mahasiswa merasa keberhargaannya

Full Text:

PDF

References


Angelina, P., Christanti, F. D., & Mulya, H. C. (2021). Gambaran self-esteem remaja perempuan yang merasa imperfect akibat body shaming. Jurnal Experientia, 9(2), 94–103.

Dalifa, P. A. (2021). Hubungan antara parent attachment dengan self-esteem pada mahasiswa di sumatera barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3621-3626.

Ismiati. (2015). Problematika dan coping stress mahasiswa dalam menyusun skripsi. Jurnal Al-Bayan, 21(32), 15–27.https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bayan/article/download/420/385

Kaya, et al. (2021). The effect of psychodrama group practices on nursing student self-liking, self-competence, and self-acceptance: A quasi-experimental study. Perspect Psychiatr Care, 1-9.

Khairunnisa. (2021). Perbedaan Self-Esteem Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin pada Mahasiswa di UIN AR-RANIRY Banda Aceh. Skripsi.

Meliawati, K. (2020). Kolerasi antara self esteem dengan prestasi mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(3), 422–430.

Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 3(2), 55-62.https://doi.org/10.26858/jpkk.v0i0.3070

Sari, E. K. W., & Soejanto, L. T. (2016). Keefektifan konseling kelompok rebt untuk meningkatkan self-esteem mahasiswa. Jurnal Konseling Indonesia, 1(2), 101–106.

Sujono. (2014). Hubungan antara efikasi diri (self efficacy) dengan problem focused coping dalam proses penyusunan skripsi pada mahasiswa fmipa unmul. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 67–71.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id