MANAJEMEN WAKTU BELAJAR MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH

Irostu Qoroti, Noraliyatun Jannah, Putri Mayasari

Abstract


Manajemen waktu belajar adalah suatu proses perencanaan disertai tindakan dalam melakukan kontrol secara sadar atas sejumlah waktu yang digunakan untuk aktivitas belajar. Salah satu faktor yang menyebabkan baik buruknya manajemen waktu mahasiswa adalah metode pembelajaran yang digunakan oleh sebuah perguruan tinggi. Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu yang metode pembelajaran yang digunakan oleh perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran manajemen waktu belajar mahasiswa keperawatan dalam melaksanakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa keperawatan berjumlah 442 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner baku dari Britton dan Tesser (1991) yaitu Time Management Questionnaire (TMQ) yang dikembangkan oleh Pehlivan (2013). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen waktu mahasiswa keperawatan dalam melaksanakan metode PBL di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh sebesar (72,2%) dalam kategori baik. Kesimpulan dari penelitian adalah mahasiswa keperawatan memiliki manajemen waktu belajar yang baik terhadap pelaksanaan metode pembelajaran PBL. Direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya agar kedepannya dapat menyempurnakan penelitian ini dengan penelitian yang serupa dengan ranah yang lebih luas, seperti melibatkan fakultas lain yang juga menggunakan metode PBL juga dalam pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effects of Time Management Practices on College Grades. Journal of Educational Psychology. 83(3), 405-410.

Demak, I. P. K., Mansur, S. R., & Hutasoit, G.

N. (2018). Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran dalam Pembelajaran Berbasis Masalah di Universitas Tadulako. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 5(2), 32–45.

Fitriah, N. (2014). Manajemen Waktu Belajar Mahasiswa Keperawatan dalam Melaksanakan Metode Problem Based Learning (PBL) di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi, 1.

Hakim, N. R., Prihandhani, I. G. A. A. S., & Wirajaya, I. G. (2018). Hubungan Manajemen Waktu dengan Kebiasaan prokrastinasi penyusunan skripsi mahasiswa keperawatan angkatan VIII STIKES Bina Usada Bali. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 19(2).

Hanafi, C. N., & Widjaja, Y. (2021). Kemampuan manajemen waktu mahasiswa tahap profesi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 3(2), 250–260.

Kristianto, H., & Hudaya, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning ) Dalam Mata Kuliah Manajemen Limbah B3. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 41-47.

Kulkarni, M. (2020). Time management skills among medical students. Indian Journal of Public Health Research & Development, 11(6), 488–493.

Makatulung, D., & Samal, A. L. (2021). Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Hampir Drop Out di IAIN Manado. Journal of Islamic Education leadership, 136-152.

Nanda, D. M., & Jannah, N. (2020). Perbandingan Manajemen Waktu Pada Mahasiswa Comparison of Time Management on College Students. Jurnal Keperawatan, IV(2), 141–148.

Noprianty, R. (2019). Time Learning Management Nursing Students Using Time Management Questionnaire (Tmq) in Implementing Problem Based Learning (Pbl) Methods. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 8(1), 39.

Ozsoy, D. (2014). University students’ in the examination of skills and attitudes of time management. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 358-361.

Reswita. (2019). Hubungan Antara Manajemen Waktu dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa PG-PAUD FKIP UNILAK. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 25–

Simaremare, E. Y, Sandayati, V., & Silvia, E. (2020). Hubungan Manajemen Waktu Dengan Regulasi Diri Dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. 3:2 hal 136-145

Yuswardi., Rizal., & Fajri, M. (2016). Manajemen Waktu Mahasiswa Kurikulum Berbasis Kompetensi Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Idea Nursing Journal, 7(3), 66–


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id