PENERAPAN ASUHAN KEPERAWATAN POST SECTIO CAESAREA DENGAN OLIGOHIDRAMNION: STUDI KASUS

Tessya Melzana, Aida Fitri, Mariatul Kifita

Abstract


Data World Health Organization (WHO), menunjukan persalinan sectio caesarea (SC) mencapai 5%-15% per 1000 kelahiran di dunia dengan salah satu penyebab adalah oligohidramnion. Pada tahun 2021, kelahiran dengan SC di RSUDZA Banda Aceh sebesar 44,31%. Oligohidramnion adalah suatu keadaan dimana air ketuban kurang dari normal yaitu kurang dari 500 cc. Oligohidramnion bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, masalah plasenta, pertumbuhan amnion yang kurang baik, dan ketuban pecah dini. Komplikasi yang terjadi pada oligohidramnion yaitu persalinan dilakukannya dengan induksi dan persalinan dilakukan dengan tindakan sectio caesarea. Oleh karena itu, dibutuhkan asuhan keperawatan lebih lanjut pada ibu post sectio caesarea dengan oligohidramnion. Tujuan studi kasus ini untuk mengetahui penerapan asuhan keperawatan pada Ny.FS post sectio caesarea dengan oligohidramnion. Diagnosa keperawatan yang diangkat adalah risiko perdarahan, nyeri akut, defisit pengetahuan, dan risiko infeksi. Intervensi yang diterapkan berdasarkan evidence based seperti manajemen nyeri secara nonfarmakologi yaitu teknik relaksasi napas dalam, relaksasi benson, hand hygiene, posisi semi fowler, pendidikan kesehatan terkait dengan manajemen laktasi, demonstrasi pijat oksitosin, perawatan payudara, pemberian terapi antibiotik, dan perawatan luka post SC. Hasil evaluasi menunjukan bahwa masalah risiko perdarahan teratasi, nyeri akut teratasi, defisit pengetahuan teratasi sebagian, dan risiko infeksi teratasi. Disarankan kepada perawat dapat menerapkan asuhan keperawatan yang komprehensif berdasarkan evidence based practice terkait pasien post partum khususnya dengan post sectio caesarea dengan oligohidramnion dan menjadikan tulisan ini sebagai referensi dalam menerapkan asuhan keperawatan.


Full Text:

PDF

References


Gupta, R. (2014). Pain Management : Essential Topic For Examination. London, United Kingdom (Uk): Springer Inc.

Kemenkes RI. (2013). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Kementrian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia., (2018). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2020.

Kenneth J. Leveno et al. (2013). Obstetri Williams. Jakarta: EGC.

Kiftia, M. (2016). Pengaruh Terapi Pijat Oksitosin Terhadap Produk Asi Pada Ibu Post Partum. Jurnal Ilmu Keperawatan, 3(1), 42-49.l

Laila. N. N. (2011). Buku Pintar Menstruasi. Yogyakarta : Buku Biru.

Lumentut, A & Tandean, H. (2015). Resiko Maternal Dan Luaran Perinatal Dengan Oligohidramnion. Jurnal Kedokteran Komunitas dan Tropik. Vol.3, No.3:1-3.

Manuaba, et. Al. (2007). Pengantar Kuliah Obstetri. Jakarta: EGC.

Nora & Amalia. (2021). Gambaran Kasus Obstetri Di Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abididn (Rsudza) Banda Aceh Di Era Covid-19. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika, 4(4), 1-8.

Purwanto. (2010). Pemeriksaan Laboratorium Pada Penderita Demam Berdarah Dengue. Media Litbang Kesehatan.

Rahmatullah, I. (2019). 9 Bulan Menjalani Kehamilan Dan Persalinan Yang Sehat. PT Gramedia Pustaka Utama.

Rinatal, E., Rusdyati, T., & Sari, P. A. (2016). Teknik Menyusui Posisi, Perlekatan Dan Keefektifan Menghisap - Studi Pada Ibu Menyusui Di Rsud Sidoarjo. Jurnal Temu Ilmiah Pengabdian Masrakat. 128-139.

Rosalina. (2017). Pengaruh Massage Effleurage Terhadap Pengurangan Rasa Nyeri Pada Persalinan Kala I Fase Aktif. Caring. 1(2). 55- 61.

Septiari, B. B. (2012). Infeksi Nosokomial. Edisi Pertama. Yogyakarta: Nuha Medika.

Tim Pokja Sdki Dpp Ppni. (2017). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia Definisi Dan Indikator Diagnostik . Jakarta : Dewan Pengurusan Ppni.

Tim Pokja Siki Dpp Ppni. (2018). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (Siki). Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

Tim Pokja Sdki Dpp Ppni. (2019). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia Definisi Dan Indikator Diagnostik . Jakarta : Dewan Pengurusan Ppni.

Wijayanti, T., & Setiyaningsih, A. (2016). Efektifitas Breast Care Post Partum Terhadap produksi Asi. Jurnal Kebidanan, 8(2), 201-208.

World Health Organization. (2018). Angka Kematian Ibu Dan Angka Kematian Bayi. Diakses Pada 4 Juni 2022.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id