KECERDASAN EMOSIONAL PADA ANAK USIA REMAJA

Siti Rahmah Nusa Fitria, Inda Mariana Harahap, Sri Agustina

Abstract


Kegagalan remaja dalam mengontrol emosi yang labil dapat mengakibatkan munculnya masalah mental emosional. Remaja yang cerdas secara emosional dapat lebih percaya diri dan tenang saat menghadapi tantangan dalam kehidupan. Sangat penting mengetahui kecerdasan emosional remaja. Namun, belum banyak penelitian yang menggali terkait hal ini terutama ketika anak masuk pada masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kecerdasan emosional pada anak usia remaja. Jenis penelitian kuantitatif ini menggunakan desain cross sectional study dengan teknik nonprobability sampling dan metode total sampling. Sampel penelitian berjumlah 138 siswa-siswi kelas VIII dan IX SMP Islam Al-Azhar Cairo Banda Aceh. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner Measuring Emotional Intelligence Of School Children yang dimodifikasi oleh Raghvan dan Panboli (2018) berdasarkan konsep Goleman (2005). Hasil penelitian menunjukkan kesadaran diri, regulasi diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial pada komponen kecerdasan emosional yang dimiliki responden berada pada nilai tengah yaitu pada nilai median 95,00, nilai minimum 81, dan nilai maksimum 121, dengan kata lain, responden memiliki kecerdasan emosional yang baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Tingkat Capaian Responden (TCR) tertinggi berada pada komponen keterampilan sosial dan Tingkat Capaian Responden (TCR) terendah berada pada komponen empati. Pihak sekolah diharapkan untuk mengoptimalkan empati yang dimiliki siswa-siswinya dengan memfasilitasi metode pembelajaran yang sesuai serta mempertahankan kegiatan yang dapat menunjang keterampilan sosial yang dimiliki.


Full Text:

PDF

References


Adison, J., & Suryadi. (2021). Pengaruh kecerdasan emosional terhadap perilaku prososial peserta didik di kelas ix SMP negeri 1 koto tarusan. Mudabbir (Journal Research), 1(2), 52–61. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/article/view/75%0Ahttp://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/article/download/75/63

Arifin, M. L. (2020). Penanaman kecerdasan spiritual peserta didik di sekolah dasar islam kabupaten brebes. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 121–140. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.121-140

Arofa, I. Z., Hudaniah, H., & Zulfiana, U. (2018). Pengaruh perilaku bullying terhadap empati ditinjau dari tipe sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 6(1), 74. https://doi.org/10.22219/jipt.v6i1.5435

Astuti, D., Wasidi., & Shintia, R. (2019). Hubungan antara regulasi emosi denganperilaku memaafkan pada siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Ilmiah BK, 2)1), 6-10.

https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jconsilia

Bahdar, V. S., Mukaromah, S., & Abdurrahman, A. (2021). Hubungan verbal abuse dengan tingkat kecerdasan emosional anak kelas 5 & 6 di sdn 012 balikpapan. Jurnal Keperawatan Wiyata, 2(1), 61.

https://doi.org/10.35728/jkw.v2i1.509

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan emosi siswa ditinjau dari jenis kelamin dan jenjang kelas. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 4(2), 68. https://doi.org/10.29210/02379jpgi0005

Center For Deasease Control and Prevention. (2019). Data and statistics on children’s mental health.

https://www.cdc.gov/childrensmentalhealth/data.html

Dewi, S. S. (2018). Kecerdasan emosional dalam tradisi upa-upa tondi etnis mandailing. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 79. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.10039

Fauziatun, N., & Misbah, M. (2020). Relevansi kecerdasan emosional (eq) dan kecerdasan spiritual (sq) dengan pendidikan karakter. Jurnal Kependidikan, 8(2), 142–165. https://doi.org/10.24090/jk.v8i2.5260

Goleman, D. (2005). Emotional intelligence. New York: Bantam Dell.

Handayani. (2020). Analisis kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional peserta didik di SMP negeri 1 lumajang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Yogyakarta.

Handayani, D., & Septhiani, S. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional Aspek Kesadaran Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1352-1358.

Hastuti. R. Y., & Baiti, E. N. (2019). Hubungan kecerdasan emosional dengan tingkat stress pada remaja. Jurnal kesehatan, 8(2), 84-93.

Hidayati, W. E. (2020). Korelasi kecerdasan emosional dengan perilaku moral remaja SMP di desa samirplapan gresik. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(1), 76–94.

Ilahi, U., Neviyarni, Said A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68-74. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti

Lestari, D. P., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat kecerdasan emosi peserta didik kelas XI di SMA negeri 15 palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.8498

Maftukhah, N. A. (2018). Analisis kecerdasan emosional siswa terhadap kemampuan problem solving matematika siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Al-Hikmah, 6(2),4.

Maitrianti, C. (2021). Hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan kecerdasan emosional. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 291–305. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/mudarrisuna/article/view/8709

Prasetya, B., Safitri, M. M., & Yulianti, A. (2019). Perilaku religiusitas: analisis terhadap konstribusi kecerdasan emosional dan spiritual benny prasetiya. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 303–312.

Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14–29. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/ibrah/article/view/18

Riskesdas. (2018). Hasil utama riskesdas 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Safari, M. (2019). Analisis perbedaan kecerdasan emosional siswa laki-laki dan perempuan. Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu “Inovasi Produk Penelitian Pengabdian Masyarakat & Tantangan Era Revolusi 4.0 Industri“, 2, 10.

Sekolah Islam Al-Alzhar Cairo Banda Aceh. (2022). Profil sekolah islam al-alzhar cairo. http://alazharcairobna.sch.id/about-our-school/

Werdhiatmi, N. P. A., Diniari, N. K. S., & Ariani, N. K. P. (2019). Hubungan pola asuh orang tua dengan kecerdasan emosional remaja di sekolah menengah pertama (SMP) negeri 3 negara. Medicina, 50(2), 234–238. https://doi.org/10.15562/medicina.v50i2.352

Yunalia, E. M., & Etika, A. N. (2020). Analisa kecerdasan emosional remaja tahap akhir berdasarkan jenis kelamin. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 477–484.

Yuniar, N., Lasan, B. B., & Soejanto, L. T. (2019). Hubungan antara altruisme dan kecerdasan emosi terhadap interaksi sosial teman sebaya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 432–435.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id