KECERDASAN EMOSIONAL PADA SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH

Elsa Syachtiana, Budi Satria, Fithria Fithria

Abstract


Kecerdasan emosional membantu individu untuk menempatkan emosinya pada porsi yang tepat, memilah kepuasan, dan mengatur suasana hati. Remaja dengan kecerdasan emosional yang tinggi menunjukkan hubungan antar manusia dengan integritas dan mudah menyesuaikan diri dalam pergaulan sosial serta lingkungannya. Sebaliknya, remaja yang memiliki kecerdasan emosional rendah, sering kali tidak dapat secara efektif menangani masalah yang berhubungan dengan emosi, dan dapat menyebabkan hubungan teman sebaya yang tidak menyenangkan, serta lebih banyak konflik interpersonal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional pada siswa SMA di Banda Aceh. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 286 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner kecerdasan emosional yang dikembangkan oleh Afrianti (2017) berdasarkan konsep Goleman, melalui google form dan analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki kecerdasan emosional yang tinggi yaitu sebanyak 157 (54,9%) responden. Artinya, responden memiliki aspek kecerdasan emosional, yaitu dapat memahami emosi sendiri dan orang lain, mengelola emosi, mampu memotivasi diri, dan menjalin hubungan baik dengan orang lain. Direkomendasikan kepada perawat komunitas agar dapat berkerjasama dengan pihak sekolah dan orang tua agar dapat membuat program untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa.


Full Text:

PDF

References


Afrianti, N. (2017). Hubungan Fungsi Afektif Keluarga Terhadap Kecerdasan Emosional Remaja di SMP Negri 5 Banda Aceh. Universitas Syiah Kuala.

Cho, K. S., & Lee, J. M. (2017). Influence of Smartphone Addiction Proneness of Young Children on Problematic Behaviors and Emotional Intelligence: Mediating Self-Assessment Effects of Parents Using Smartphones. Computers in Human Behavior, 66, 303–311. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.09.063

D’Amico, A., & Geraci, A. (2022). Sex Differences in Emotional and Meta-emotional Intelligence in Pre-adolescents and Adolescents. Acta Psychologica, 227, 1–8.

https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2022.103594

Febbiyani, F., & Adelya, B. (2017). Kematangan Emosi Remaja dalam Pengentasan Masalah. Penelitian Guru Indonesia, 02(02), 30–31.

Gansner, M., Belfort, E., Cook, B., Leahy, C., Colon-Perez, A., Mirda, D., AB, CD, & EF. (2019). Problematic Internet Use and Associated High-risk Behavior in an Adolescent Clinical Sample: Results from A Survey of Psychiatrically Hospitalized Youth. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 22(5), 349–354. https://doi.org/https://doi.org/10.1089/ cyber.2018.0329

Goleman, D. (2015). Emotional Intelligence : Kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka utama.

Karomah, Y. S., & Widiyono, A. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosi Siswa. Jurkessutra (Jurnal Kesehatan Surya Nusantara), 8(1), 35–44. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/download/1087/683

Sun, J., Liu, Q., & Yu, S. (2019). Computers in Human Behavior Child neglect , psychological abuse and smartphone addiction among Chinese adolescents : The roles of emotional intelligence and coping style. 90(August 2018), 74–83. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.08.032

Surianto, N. N., Dewi, C., & Siu, O. C. (2021). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMA Buddhis Bodhicitta Medan Tahun Pembelajaran 2020 / 2021. Prosding Bodhi Dharma, 1(1), 52–61.

Van der Linden, D., Pekaar, K. A., Bakker, A. B., Schermer, J. A., Vernon, P. A., Dunkel, C., & S., et al. (2017). Overlap between the general factor of personality and emotional intelligence: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 143(1), 36–52. https://doi.org/https://doi.org/ 10.1037/bul0000078


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id