GAMBARAN PENYESUAIAN PELAYANAN KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Aulia Prila Kusuma, Noraliyatun Jannah, Noraliyatun Jannah, Putri Mayasari, Putri Mayasari

Abstract


Meningkatnya kasus COVID-19 membutuhkan ketegasan dalam membuat perencanaan strategis terhadap tuntutan atau tantangan dalam menghadapi permasalahan pelayanan di Rumah Sakit. Pada saat bersamaan itu juga Rumah Sakit harus memberikan pelayanan kepada pasien umum dengan risiko penularan seminimal mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran penyesuaian pelayanan kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan pada pasien COVID-19 dan non COVID-19 mayoritas terlaksana yaitu 36 responden (100%), antisipasi penularan terhadap tenaga kesehatan dan pengguna layanan mayoritas terlaksana yaitu 34 responden (94,4%), penerapan protokol pencegahan COVID-19 mayoritas terlaksana yaitu 36 responden (100%), fase menyediakan fasilitas perawatan pada masa pandemi COVID-19 mayoritas terlaksana yaitu 36 responden (100%), fase terintegrasi sistem penanganan COVID-19 di daerah mayoritas terlaksana yaitu 36 responden (100%) dan pelaksanaan kembali pelayanan yang tertunda mayoritas terlaksana yaitu 35 responden (97,2%). Sesuai dengan hasil penelitian yang didapatkan, penyesuaian pelayanan kesehatan pada masa pandemi COVID-19 telah terlaksana dengan baik, sehingga diperlukan pengawasan oleh pihah manajemen Rumah Sakit melalui SPO (Standar Prosedur Operasional).

Full Text:

PDF

References


Djala, F. L. (2021). Hubungan komunikasi terapeutik perawat terhadap kepuasan pasien dirunag rawat inap di ruangan interna Rumah Sakit Umum daerah poso. Journal of islamic Medicine, 5(1), 41-47.

Fransisren & Ascobat Gani. (2021). Perencanaan strategis Rumah Sakit di era pandemi vuca (Volatile, Uncertain, complex, ambigue) Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Jurnal Kesehatan Al-Irsyad Volume 14, Nomor 2, September 2021.

Kartika Ratna Dwi. (2021). Tanggung Jawab Rumah Sakit Terhadap Pemenuhan Hak Pasien Pada masa Pandemi COVID-19. Fakultas Hukum, Universitas Krisnadwipayana. Jakarta. E-ISSNS.277-9674. ISNN.2776-9259. Jurnal Vol. 1, No. 3.

Kementerian Kesehatan RI. (2021). Situasi terkini perkembangan, Novel Coronavirus (COVID-19). http://www.who.int/emergencies/novel-coronavirus-2019

Undang-Undang RI. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 11 tahun 2020 tentangPenerapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus 2019 (COVID-19.

Undang-Undang RI. (2020). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 12 tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) Sebagai Bencana Nasional.

Wahyu Hamdan, Nur Khoirul, Ni’ml Zulva, Fitria elya, Darwis Robby. (2020) Strategi Pemerintah Dalam Pengelolaan Masa Transisi Di Era New Normal. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

WHO (2020). Clinical management of COVID-19. Interim Guidance. World Health Organization.

Widya Afifah.(2020). Hubungan Kepatuhan Menjalankan Protokol Kesehatan Pandemi COVID-19 Dengan Pengetahuan Dan Persepsi COVID-19 Perawat Di Rs Avicenna Bireuen, Kota Bireuen, Aceh. Skripsi Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id