Ketahanan Emosional (Courage) Perawat Ruang Rawat Inap Kelas III
Abstract
Courage perawat merupakan isu etik yang penting saat ini. Dengan adanya nilai-nilai yang dianut perawat yaitu kekuatan emosional (courage) mendukung perawat mempersiapkan diri dengan segala tantangan pekerjaan yang beresiko mempengaruhi kualitas rumah sakit. Penelitian bertujuan untuk mengetahui courage perawat ruang rawat inap kelas III RSUD dr. Fauziah Bireuen. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif eksploratif. Sampel dalam penelitian ini adalah 154 perawat ruang rawat inap kelas III, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner gambaran courage perawat dan analisa data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa courage perawat rawat inap kelas III berada pada kategori tinggi 100%. Berdasarkan hasil salah satu komponen kekuatan emosional bravery juga memiliki persentase yang sama dengan courage yaitu berada pada kategori tinggi 100%. Courage perawat isu etik yang diberlakukan untuk kinerja perawat dalam menjalankan asuhan keperawatan yang dapat memperluas ilmu bagi perawat guna mengembangkan kapasitas kerja beserta kekuatan emosional sehingga dapat membentuk perawat yang memenuhi karakter yang baik dalam bekerja. Diharapkan bagi rumah sakit untuk mempertahankan kualitas terhadap pelayanan kesehatannya.
Full Text:
PDFReferences
Alfarizi, M., & Nuryana, A. (2019). “Komunikasi Efektif Interprofesi Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit.” 4(2).
Bijani, M., Ghasemi, A., Tehranineshat, B., & Mohammadi, F. (2022). “A Study Of How Moral Courage and Moral Sensitivity Correlate With Safe Care In Special Care Nursing.” The scientific World Journal, 8.
Budiarta, I., & Samuthi, M. (2019). “Pengukuran Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Di Aceh Dengan Model HSQ-Metrix.” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship 8(2): 154.
Goyal, S., Sarkar, J., & Jena, K. L. (2021). “International Journal of Nursing Sciences Sense of Courage : The Mediating Role of Courage between Emotional Re Fl Exivity and Work-Life Integration among Nurses in Indian Hospitals.” International Journal of Nursing Sciences 8(3): 318–24.
Khairurozzi, M., & Purwani, S. (2019). “Hubungan Pelayanan Dan Fasilitas Dengan Kepuasan Pasien BPJS Di Ruang Pendaftaran RSUD Dr. Zubir Mahmud Kabupaten Aceh Timur Tahun 2019.” 13(12): 1929–34.
Numminen, O., Kilpi-Leino, H., & Katajisto, J. (2019). “Development and Validation of Nurses’ Moral Courage Scale.” Nursing Ethics 26(7–8): 2438–55.
Peterson, C., & Martin E. P. S. (2004). “Character Strengths and Virtues: A Handbook and Classification. New York: Oxford University Press”.
Sanjaya, S., & Yuliastanty S. (2017). “Effect of People, Process, and Physical Evidence on Satisfaction of Services in Siti Rahmah Padang City.” UNES Journal of Social and Economics Research 2, 58–64.
Salawati, & Liza. (2010). “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perijaku Masyarakat Banda Aceh Mencari Pengobatan Ke Luar Negeri.” Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 10(2): 71–76.
Sirait., R. (2019). “Tantangan Perawat Manajer Terhadap Profesi Keperawatan Dalam Sistem Pelayanan Kesehatan.” Skripsi. Medan: Fakultas Psikologi, Universitas Syiah Kuala.
Wismanu., E. P. (2018). “Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( JIAP ) Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 4(1): 18–26.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id