PENILAIAN STATUS GIZI BALITA DENGAN EMOTIONAL DEMONSTRATION DAN BOOKLET

Evi Purnama Sari, Maulina Maulina, Arfiza Ridwan

Abstract


Permasalahan malnutrisi pada balita merupakan masalah utama yang dihadapi oleh sebagian besar negara berkembang, termasuk Indonesia. Salah satu penyebab gangguan gizi adalah kurangnya pengetahuan gizi dan kemampuan seorang menerapkan informasi tentang gizi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari studi kasus ini adalah memberikan asuhan keperawanan komunitas dengan malnutrisi pada balita di Desa Gue Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Metode yang digunakan berupa kunjungan rumah dan kegiatan kelompok. Kunjungan rumah dilakukan untuk pengkajian serta kegiatan kelompok dilakukan untuk memberikan edukasi kepada ibu balita dengan media Booklet dan kegiatan Emotional demonstration. Sebelum dan sesudah diberikan edukasi kesehatan pengetahuan ibu di ukur dengan menggunakan metode Pre-Test dan Post-Test. Nilai Pre-Test kategori baik tentang penilaian status gizi sebesar 46,2% meningkat menjadi 100% pada saat Post-Test dan  Nilai Pre-Test kategori baik tentang jadwal makan sebesar 30,8% meningkat menjadi 100% pada saat Post-Test. Dari hasil data didapatkan terjadi peningkatan pengetahuan pada ibu yang memiliki balita. Sehingga dapat disimpulkan media booklet dan kegiatan emotional demonstration efektif di lakukan dan meningkatkan pengetahuan ibu tentang status gizi balita. Diharapkan kepada masyarakat dapat menerapkan informasi yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari dalam merawat anak, sehingga status gizi anak berada dalam kategori normal/baik.


Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Wirjatmaji, B. (2012). Pengantar gizi masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Alamsyah, D., Mexitalia, M., Margawati, A., Hadisaputro, S., & Setyawan, H. (2017). Beberapa faktor risiko gizi kurang dan gizi buruk pada balita 12-59 bulan (studi kasus di kota Pontianak). Jurnal Epideminologi Kesehatan Komunitas., 2(1), 46-53.

https://doi.org/10.14710/jekk.v2i1.3994

Anggraini, Y., Fahdi, F.K., & Fradianto, I. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan gizi seimbang terhadap tingkat pengetahuan ibu dengan balita usia 6-24 bulan di wilayah kerja puskesmas karya mulya kota pontianak. Tanjungpura Journal Practice and Education, 2(1), 1-11.

Azwar. S. (2013). Sikap manusia: teori dan pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, M., & Aminah, M. (2016). Penaruh Edukasi Gizi terhadap Feeding Practice Ibu Balita Stunting Usia 6-24 Bulan. Indonesia Journal of Human Nutrition, 3(1),1-8.

Fauziah & Muna, Y.M. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Balita tentang Gizi dan Asupan Makanan Balita dengan Status Gizi Balita di Desa Mee Tanjong Usi Kecamatan Mutiara Timur Kabupaten Pidie Tahun 2019. Journal Of Healthcare Technology and Medicine, 1(6), 590-598.

Febry. (2013). Ilmu gizi untuk praktisi kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

GIAN. (2017). Modul Emotional Demonstration Rumpi Sehat. Kementrian Kesehatan.

Haryani, H. (2020). Hubungan pengetahuan ibu balita tentang gizi balita dengan status gizi balita di rw 07 kelurahan dayeuh luhur wilayah kerja puskesmas benteng kota sukabumi. Jurnal Ilmiah Kebidnan (Scientific Journal of Midwifery, 6(1), 38-44.

Isnawati, R. S., Hubaedah, A., Latifah, A., & Ninggrum, N. P. (2019). Peningkatan cakupan Asi Ekslusif melalui Pelatihan Kader Kesehatan dengan Metode Emo Demo Siap Berpergian di kelurahan Silawankerto Kecamatan WonocoloKota Surabaya. Jurnal Pengamdian pada Masyarakat, 1(1), 41-48.

Jing, F ., Zhaolong G., Yongjun W., Junsheng, H., & Qin, Z. (2022). Complementary feeding and malnutrition among infants and young children aged 6–23 months in rural areas of China. Nutrients, 14(9),1-12. https://doi.org/10.3390/nu14091807

Kartini, A., Nugraheni, S. A., & Sarman. (2020). Pengaruh Pendampingan Gizi dengan Booklet terhadap Pengetahuan dan Praktik PSG Balita. Jurnal Kesehatan, 8(2), 78- 86.

Khalil, H. A., Hawi, M., & Hoteit, M. (2022). Feeding patterns, mother-child dietary diversity and prevalence of malnutrition among under-five children in Lebanon. Frontries in Nutritient, 9, 1-10.

Mishra, P. S., Jamadar, M., Tripathi, A., & Anand, A. (2022). Understanding the socioeconomic vulnerability in child malnutrition between migrants and non-migrants children (12–59 months) in india: evidence from a cross-sectional Study. https://doi.org/10.1007/s12187-022-09943-3

Nafratilawati, M., Saparwati, M., & Rosalina. (2015). Hubungan antara pola asuh dengan kesulitan makan pada anak prasekolah (3-5 tahun) di TK Leyangan Kabupaten Semarang. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 7(14), 64-71.

Par’i, H.M., Wiyono, S., & Harjatmo, T. P. (2017). Penilaian status gizi. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Permenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 2 tahun 2020 tentang Standar Antropometri Anak. Jakarta : Menteri Kesehatan RI.

PMK. (2014). Peraturan menteri republik Indonesia nomor 41 tentang pedoman gizi seimbang diakses pada tanggal 7 Juni 2022 dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK%20No.%2041%20ttg%20Pedoman%20Gizi%20Seimbang.pdf

Pratiwi, Y. F. & Puspitasari, D.I. (2017). Efektifitas Penggunaan media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang pada Ibu Balita Gizi Kurang di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Jurnal Kesehatan, 10(1), 58-67.

Rani, K. C., Jayani, N. I. E., & Darmasetiawa. N.K. (2021). Pelatihan Pembuatan Produk Makanan Berbasis Daun Kelor untuk Pemenuhan Gizi Balita di Desa Bogo Bojonegoro. Journal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 312-318.

Silvera, O., Widajanti, L., & Aruben, R. (2017). Fakto-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Buruk pada Balita di Kota Semarang Tahun 2017. Journal Kesehatan Masyarakat, 5, 186-192.

SSGI. (2021). Buku saku hasil studi stasus gizi Indonesia tingkat nasional, Provinsi, Kabupaten/kota tahun 2022. Di akses pada tanggal 7 Juni 2022 dari https://drive.google.com/file/d/1p5fAfI53U0sStfaLDCTmbUmF92RDRhmS/view

Sundari., & Khayati, Y.N. (2020). Analisi Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Gizi dengan Status Gizi Balita. Indonesian Journal of Midwaifery, 3(1), 17-22.

Susilawati, E. & Himawati, A. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu tentang Gizi Seimbang dengan Status Gizi Balita. Jurnal Kebidanan, 6, 21-25.

UNICEF. (2018). Early Chilhood Development in the UNICEF Strategic plan 2018-2021

Watson, F., Minarto., Sukotjo, S., & Rah, J. H. (2019). Pembangunan Gizi di Indonesia. Dirktorat kesehatan dan Gizi Masyarakat, Bapennas.

Zakiyyah, M., Natalia, M. S,. & Ekasari, T. (2020). Pengaruh emo demo terhadap pemberian menu MP ASI pada BADUTA. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 7(1), 42-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id