GAMBARAN PERILAKU ASERTIF PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP RS IBU DAN ANAK BANDA ACEH
Abstract
Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan semakin hari semakin meningkat sehingga harus direspon secara tepat oleh tenaga kesehatan. Perawat sebagai tenaga kesehatan yang berinteraksi dengan pasien selama 24 jam dituntut untuk berperilaku asertif agar pelayanan keperawatan berlangsung optimal. Namun jika perawat tidak mampu berperilaku asertif maka akan berdampak pada terganggunya hubungan perawat-pasien dan susah untuk mendapatkan kepercayaan pasien ketika memberikan asuhan keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perilaku asertif perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan desain cross sectional study. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling dengan jumlah sample 66 perawat. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner perilaku asertif perawat dengan metode analisis univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran perilaku asertif perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibu dan Anak Banda Aceh mayoritas berada pada kategori baik (86,4%) yang dibagi dalam 2 jenis, yaitu verbal behavior kategori baik (86,4%) dan non-verbal behavior kategori baik (86,4%). Direkomendasikan bagi RS Ibu dan Anak Banda Aceh untuk memberikan perhatian kepada perawat untuk mempertahankan dan meningkatkan perilaku asertif menjadi lebih maksimal sehingga pelayanan yang diberikan semakin berkualitas sesuai dengan misi-misi rumah sakit.
Full Text:
PDFReferences
Apriluana, G., Khairiyati, L., & Setyaningrum, R. (2016). Hubungan antara usia, jenis kelamin, lama kerja, sikap dan ketersediaan alat pelindung diri (APD) dengan perilaku penggunaan APD pada tenaga kesehatan. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 3(3), 82-87.
Barida, M. (2016). Modul assertiveness training untuk meningkatkan komunikasi asertif. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Budiarto, E., & Anggraeni, D. (2003). Pengantar epidemiologi edisi 2. Jakarta: EGC.
Cakrawedana, F., Palandeng, H., & Karundeng, M. (2016). Hubungan persepsi perawat dengan tindakan asertif pada klien perilaku agresif di Rumah Sakit Jiwa Prof dr. V. L. Ratumbuysang Manado. Ejournal Keperawatan, 4(1), 1-7.
Hernanto F. F., & Izza, E. L. (2020). Hubungan sikap perawat dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Wilayah Sidoarjo. Nersmid Jurnal Keperawatan dan Kebidanan, 2(1), 48-54.
Kanal Inspirasi.(2019). Keluarga pasien keluhkan perangai seorang perawat di Puskesmas Kuala Batee. Diakses dari https://kanalinspirasi.com/keluarga-pasien-keluhkan-perangai-seorang-perawat-di-puskesmas-kuala-batee/ pada tanggal 29 Juni 2021.
Laksono, A. D., & Husna, A. R. (2015). Komunikasi asertif perawat dengan tingkat kepuasan pasien. Jurnal The Sun, 2(2), 21-27.
Langit, L. (2021). Studi tentang perilaku asertif perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dan hubungannya dengan tingkat kepuasan pasien di Klinik Pratama Jepara. Skripsi Fakultas Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo Ungaran.
Purba, K. P. (2016). Gambaran Perilaku asertif perawat dalam pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Lubuk Pakam. Skripsi Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.
Sasmita, F. N., Dwiana, D., & Parera, G. (2020). Hubungan perilaku asertif perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di ruang seruni RSUD dr. M. Yunus Bengkulu. Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat, 4(2), 121-130.
Wulandari, C.I., Novietasari, E., & Purwaningsih, S. (2019). Optimalisasi manajemen konflik: perilaku asertif dalam keperawatan. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana, 2(2), 111-120.
Wulandari, T. I. P. (2012). Faktor-faktor yang melatarbelakangi laki-laki berprofesi sebagai perawat. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id