GAMBARAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM MELAKSANAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Diba Nabilla Syaznas, Noraliyatun Jannah

Abstract


Metode pembelajaran yang diberikan kepada mahasiswa keperawatan sangat berpengaruh dalam kemampuan berpikir kritis dan keterampilan mahasiswa dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala telah menerapkan suatu metode pembelajaran yang mendukung hal tersebut yaitu dengan melaksanakan metode Problem Based Learning (PBL). Terdapat enam sub-skill yang dikembangkan oleh Facione sebagai indikator kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran kemampuan berpikir kritis mahasiswa keperawatan dalam melaksanakan metode pembelajaran PBL. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsyiah angkatan 2019 dan 2020, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 170 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner Critical Thinking Disposition Self-Rating Form (CTDSRF) yang dibagikan secara online melalui google form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan kemampuan berpkir kritis mahasiswa dalam kategori baik (63%), dengan aspek kemampuan berpikir kritis yang terbesar yaitu kemampuan “penjelasan” (72,4%) dan yang terkecil yaitu kemampuan “inferensi” (23,5%). Aspek lainnya kemampuan interpretasi (32,9%), analisis (33,5%), evaluasi (54,1%), dan regulasi diri (65,9%). Direkomendasikan kepada bidang akademik Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala untuk mengembangkan metode-metode pembelajaran lain yang dapat memperbaiki serta meningkatkan aspek-aspek kemampuan berpikir kritis mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Anwar, Abdullah, & Apriana, E. (2014), Penerapan problem based learning dan inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap kepedulian lingkungan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Aceh. Jurnal EduBio, 2 (2), 187-250.

Aprisunadi. (2011). Hubungan Antara Berpikir Kritis Perawat dengan Kualitas Asuhan Keperawatan di Unit Perawatan Ortopedi Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta. Universitas Indonesia.

Boud, D. & Feletti, G. I. (1998). The challenge of problem-based learning. London: Kogan page.

Chen, S.-L., Liang, T., Lee, M.-L. a., & I- Chen. (2011). Effects of concept map teaching on studens' critical thinking and approach to leraning and studying. Journal of Nursing Eduvation, 50(8).

Depdiknas. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Diane M. Billings, J. A. H. (2009). Teaching in Nursing: A Guide For Faculty. St.Loius: Elsevier.

Facione, P. A. (2015). Critical thinking : what it is and why it counts. Insight Assessment, 7(ISBN 13: 978-1-891557-07-1.), 1–28.

Fakhriyah, F. (2014). Penerapan problem based learning dalam upaya mengembalikan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 95–101.

Fitria, N., Hernawaty, T., & Hidayati, N.O. (2013). Adversity quotient mahasiswa baru yang mengikuti kurikulum berbasis kompetensi. Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(2), 99-105.

Ikram, A & Kamil, H. (2016). Metode PBL seven jumps dengan keberhasilan belajar mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. JIM FKEP, 1(1).

Koasih, E. (2014). Strategi belajar dan pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Kowiyah. (2012). Kemampuan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175-179.

Kunaefi, T. D.,& Tim Penyusun. (2008). Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Maizar, A. (2017). Gambaran Berpikir Kritis Mahasiswa Dalam Problem Based Learning (PBL) Mahasiswa Keperawatan FKIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mulyaningsih. (2013). Peningkatan perilaku caring melalui kemampuan berpikir kritis perawat. Jurnal Managemen Keperawatan, 1(2), 100–106.

PDPT. (2012). Problem Based Learning (PBL) PDPT UI. Depok.

Perry, A. G., & Potter, P. A. (2009). Potter & Perry’s fundamentals of nursing australian version. (J. Crisp & C. Taylor, Eds.) (3rd ed.). Australian: Mosby Elsevier Australia.

Potter, P. A., & Perry, A. G. (2013). Fundamentals of nursing (8th ed.). Elsevier.

Ruggerio, V. R. (2012). Beyond feelings: a guide to critical thinking. New York: McGraw-Hill.

Wahyuningsih, I. S., & Santoso, A. (2011). Pengalaman mahasiswa S1 keperawatan dalam metode pembelajaran problem based learning. Published by http://jurnal.unimus.ac.id.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id