PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN TERKAIT PERUBAHAN KURIKULUM DI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Eriga Mulyani, Putri Mayasari, Ahyana Ahyana

Abstract


Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala melakukan perubahan kurikulum berdasarkan kebijakan Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi pada Standar Proses Pembelajaran yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menilai persepsi mahasiswa terhadap perubahan kurikulum perlu untuk dilaksanakan sebagai salah satu bentuk proses evaluasi terhadap perubahan kurikulum yang sedang berjalan. Persepsi mahasiswa keperawatan dapat menjadi dasar penting bagi manajemen kurikulum keperawatan. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran terkait perubahan kurikulum di Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain deskriptif exploratif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 405 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran terkait perubahan kurikulum berada pada ketegori baik (97,3%).

Kata Kunci: kurikulum, keperawatan, pendidikan


Full Text:

PDF

References


Al Rothman, & Fa Ayoade. (1870). The development of learning environtment: a questionnaire for use in curriculum evaluation. Journal of Medical Education, 54, 754–759.

Arzuman, H., Yosoff, M. S. B., & Chit, P. P. (2010). Big sib students’ perceptions of the educational environtment at the school of medical sciences, universiti sains malaysia, using dundee ready educational environtment measure (dreem) inventory. Malaysian Journal of Medical Sciences, 17(3), 40–47

Chan, D. S. (2004). Nursing students’ perceptions of hospital learning environments - An Australian perspective. International Journal of Nursing Education Scholarship, 1(1). https://doi.org/10.2202/1548-923X.1002

Dirjen Dikti (2014). Panduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Diunduh pada 9 November 2021

Dirjen Dikti (2020). Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Diunduh pada 15 November 2021.

Lestari, T. R. P. (2014). Upaya menghasilkan tenaga perawat berkualitas. Aspirasi, 5, 1–10.

Nursalam (2014). Manajemen keperawatan Aplikasi dalam Praktek Keperawatan Professional (4th ed.). Jakarta: Salemba Medika.

O’Brien, A. P., Chan, T. M. F., & Cho, M. A. A. (2008). Investigating nursing students’ perceptions of the changes in a nursing curriculum by means of the Dundee Ready Education Environment Measure (DREEM) inventory: Results of a cluster analysis. International Journal of Nursing Education Scholarship, 5(1), https://doi.org/10.2202/1548-923X.1503

Reddy, S., Obremskey, A., Hochman, M., Schaff, P., Harlan, G., & Saluja, S. (2020). The impact of a new curriculum on medical students’ interest in and knowledge of health systems science. Healthcare, 8(2), 8–10. https://doi.org/10.1016/j.hjdsi.2020.100409

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior (15th ed). Library of Congress.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soematri, D., Roff, S., & McAleer, S. (2008). Student perceptions’ of the educational environtment in the midst of curriculum change. Medical Journal Indonesia, 17(1).

Syarif, H. (2014). Soft skill mahasiswa keperawatan universitas syiah kuala pada kurikulum berbasis kompetensi dan pendekatan lecturing 2011. Idea Nursing Journal, 5(1). https://doi.org/10.52199/inj.v5i1.1618


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id