HUBUNGAN REGULASI EMOSI DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Abstract
Mahasiswa mengalami stres akibat tuntutan akademik yang dihadapi selama menjalani perkuliahan. Ketidakmampuan mahasiswa dalam mengahadapi tuntutan tersebut menyebabkan mahasiswa mengalami ketegangan emosi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Syiah Kuala, menggunakan teknik cluster random sampling yang berjumlah 250 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan dua kuesioner, yaitu Emotion Regulation Questionnaire (ERQ) dan Academic Stress Inventory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Universitas Syiah Kualan memiliki regulasi emosi yang baik dengan rata-rata skor regulasi emosi 53,69 (SD = 9,738) dan mahasiswa Universitas Syiah Kuala Mengalami stres selama menjalani perkuliahan dengan rata-rata skor stres akademik 94,49 (SD = 11,215). Data dianalisa menggunakan uji korelasi pearson product moment, sehingga diperoleh r = -0,509 (p = 0,00) yang menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Direkomendasikan kepada mahasiswa agar dapat mengontrol emosi dengan baik selama menghadapi situasi yang penuh dengan stres sehingga dapat meminimalkan terjadinya stres akademik.
Full Text:
PDFReferences
Adha, B. C., Mayasari, S., & Pratama, M. J. (2019). Identifikasi stressor akademik pada mahasiswa tahun pertama. Jurnal Bimbingan Konseling. 8(1).
Anggraini, L. N. O., & Desiningrum, D. R. (2020). Hubungan antara regulasi emosi dengan intensi agresivitas verbal instrumental pada suku Batak di ikatan mahasiswa Sumatra Utara Universitas Diponegoro. Jurnal EMPATI, 7(3), 1103-1111. Doi: 10.14710/empati.201821864.
Bahadir, E. (2016). Academic and clinical stress, tres resources and ways of coping among turkish first-year nursing students in their firstclinical practice. Science Direct Academic and clinicalstre. 8, 146-151. Doi: 10.1016/j.kontakt.2016.08.001.
Dwiyanti, M. (2021). Gambaran regulasi emosi pada mahasiswa santri saat pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren X Tembalang Semarang. Universitas Diponegoro. Skripsi.
Endayarni, V. S., Yuniardi, M. S., & Syakarofath, N. A. (2020). Pelatihan antecedent-focused & response-focused untuk meningkatkan regulasi emosi pada remaja panti asuhan. Gajah Mada Journal of Professional Psychology, 6(1). Doi: 10.22146/gamajpp.55232.
Evan, G. W., & Kim, P. (2013). Childhood Poverty, chronic stress, self-regulation, and coping. Child DevelopmentPerspectives, 7(1), 43-48. Doi: 10.111/cdep.12013.
Geng & Midford. R. (2015). Investigating first year education students’ stress level. Australian Journal of Teacher Education. 40(6). Doi: 10.14221/atje.2015v40n6.1
Gross, J. J., (2014). Handbook of emotion regulation (2nd ed.). New York: The Guilford.
Hamzah, B., & Hamzah. R. (2020). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat stres akademik pada mahasiswa STIKES Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 2(4), 59-67. Doi: 10.24269/ijhs.v4i2.2641.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis tingkat stres akademik pada mahasiswa selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19, Jurnal Kajian Konselin dan Pendidikan. 3(1). Doi: 10.30596%2fbibliocouns.v3i1.4804.
Hasanah, U., Ludiana, & Immawati. (2020). Gambaran psikologis mahasiswa dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299-306.
Indria, I., Siregar, J., & Herawaty, Y. (2019). Hubungan antara kesabaran dan stres akademik pada mahasiswa di pekanbaru. Jurnal Fakultas Psikologi, 13(1), 21-34.
Kadi, A. R., Bahar, H., & Sunarjo, I. S. (2020). Hubungan antara regulasi emosi dengan stres akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hali Oleo. Jurnal Sublibsi, 1(2). Doi: 10.36709/sublipsi.v1i2.12002
KBBI, (2021). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diakses pada 21 Desember 2021, dari: http://kbbi.web.id/pusat..
Kurniawan, A. (2021). Pengertian mahasiswa menurut para ahli beserta peran dan fungsinya. Dikutip dari https://www.gurupendidikan.co.id/.
Ladapase, M. E., & Sona, A. (2022). Gambaran stres akademik pada mahasiswa Nusa Nipa Indonesia di Maumere. Empowerment jurnal, 2(1), 24-29.
Marliani, R., Nasruddin, E., Rahmawati, R., & Ramdani, Z. (2020). Karya tulis ilmiah LP2M UIN Bandung.
Nadhila. N., Nurjannah. N., Musadir. N., Ishak. S., & Zahra. A. (2020). Korelasi jenis strategi koping dengan tingkat stres pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jurnal Kedokteran Nanggroe Medika, 3(2). Doi:10.35324/jnkmed.v3i2.79.
Nurdin. Z. (2016). Hubungan regulasi emosi dengan stres pada mahasiswa tingkat akhir pendidikan dokter Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Skripsi
Pennebaker, j. w., & Chung. C. K. (2007). Expressive writing: connections to physical and mental health. New York: Oxford University Press.
Pramono, D. N. (2021). Hubungan regulasi emosi dengan tingkat stres mahasiswa yang melakukan study from home selama pandemic covid-19 di Indonesia. Skripsi.
Rosyidah, I., Efendi, A. R., Arfah, M. A., Jasman, P. A., & Pratami, N. (2020). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan UNHAS, Jurnal ABDI, 2(1), 33-39.
Sinaga, M. A. J. 2015. Stres akademik antara anak taman kanak-kanak yang mendapat pengajaran membaca dan tidak mendapat pengajaran membaca (Doctoral dissertation). Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga.
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan. 6(2), 91-95.
Thawabieh, A. M., & Naour, A. (2012). Assessing stresamong university students department of educational psychology. Department of Educationalpsychology, 2(2)110-116.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi. (2012). Diakses pada 18 Desember 2021, dari: https://portal.mahkamahkonstitusi.go.id/eLaw/mg58ufsc89hrsg/1f32ffaa83
Veena & Shastri, S. (2016). Stress and academic performance. The International Journal of Indian Psychology, 3(3). Doi: 10.25215/0303.068
Yang, F., & Smith, G. D. (2017). Stress, resilience ang psychological well-being in Chinese undergraduate nursing studens. Nurse Education Today, 49, 90-95. Doi: 10.1016/j.nedt.2016.10.004..
Zhang, Y., Peters, A., & Bradstreet, J. (2017). Relationships among sleepquality , coping styles , and depressive symptomsamong college nursing students/ : A multiplemediator model. Journal of Professional Nursing, 6–11. Doi: 10.1016/j.profnurs.2017.12.004.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id