Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Fase Kerja di RSP USK

Wella Mellida, Putri Mayasari, Yullyzar Yullyzar

Abstract


Komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat masih menjadi isu dikalangan masyarakat karena harapan pasien tidak sesuai dengan kenyataan yang diterima. Keberhasilan komunikasi terapeutik sangat ditentukan oleh  tingkat kepuasan pasien yang didasarkan oleh 4 fase komunikasi terapeutik diantaranya : pre orientasi, orientasi,  kerja, dan terminasi.  Komunikasi terapeutik yang diterapkan pada fase kerja merupakan inti dari hubungan yang dilakukan perawat bersama pasien serta sangat berkaitan dengan pelaksanaan rencana tindakan keperawatan yang akan dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap komunikasi teurapeutik perawat pada fase kerja di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Desain  penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap, poli rawat jalan dan IGD dengan 90 pasien sebagai sampel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dengan pendekatan cross sectional. Instrument penelitian  ini menggunakan kuesioner komunikasi terapeutik. Hasil uji kuesioner telah dilakukan uji content validity dan construct validity dengan perolehan nilai validitas yaitu v = 0,636-0,908 dan reliabilitas yaitu r = 0,981. Analisa data pada penelitian ini menggunakan analisa data univariat. Hasil penelitian didapatkan bahwa sebagian kecil responden menyatakan puas yaitu (22.2%) dan sebagian besar responden menyatakan tidak puas yaitu (77.8%). Rekomendasi penelitian ini adalah membuat pelatihan dan evaluasi terhadap komunikasi terapeutik yang diterapkan perawat di rumah sakit. 

 


Full Text:

PDF

References


Agritubella, M. S. (2018). Kenyamanan dan kepuasan pasien dalam proses interaksi pelayanan keperawatan di RSUD Petala Bumi. Jurnal Endurance, 3(1),14-26.

Agustrianti, P. (2015). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas komunikasi perawat dan pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Harapan Mulia Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 1(1), 72-83.

Anjaswarni, T. (2016). Komunikasi dalam Keperawatan : Kementrian Kesehatan RI. Pusdik SDM kesehatan.

Asmalinda, Y., Ayuni, Q. D., Silvia, M., Dora. (2019). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien. Jurnal Kesehatan Indonesia, 10(2), 42-56.

Cristiani, C. L., Ascharia, Afrilia, M. (2020). Helping relationship antara perawat dengan pasien dalam penyembuhan skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(1), 27-41.

Ernawati, Raihan, Majadanlipah, Sasmito, P. (2018). Penerapan teknik komunikasi terapeutik perawat pada pasien. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, 11(2), 58-64.

Eyanoer , P., Kasim, F., Wiyogo. (2019). Nurse-patients communication and its relation to inpatients satisfaction in Indonesia General Hospital at RSU Bina Kasih. Communication Journal, 3(1), 194-197.

Mongi, O. T. (2020). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit GMIM Kalooran Amurang, Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(3), 263-269.

Novita, A. E. Gambaran pelaksanaan komunikasi terapeutik oleh perawat pelaksana pada pasien di RSUD Dr. Rasidin Padang (Doctoral dissertation, Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang).

Rahma, N. (2020). Komunikasi terapeutik antara perawat dan pasien di Puskesmas Antang Perumnas Makassar (Doctoral dissertation, UIN Alauddin Makassar).

Rahmi, Mujiadi, Mawaddah, N. (2020). Penerapan model komunikasi terapeutik Peplau pada pasien penyakit fisik dengan ansietas, Indonesian Journal for Health Sciences, 4(1), 16-24.

Ramli, R. (2021). Hubungan pelaksanaan komunikasi terapeutik dengan kepuasan klien dalam mendapatkan pelayanan keperawatan di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Makassar, Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (11), 56-72.

Shaluhiyah, Z., Fitria, N., Analisis pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat di Ruang Rawat Inap RS Pemerintah dan RS Swasta. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 9(2), 118-128.

Snyder, J. S., Berman, A., Erb, G., Kozier, B. (2010 ). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep,Proses & Praktik . New Jersey : EGC Medical.

Sumijatun. (2019). Analisis penerapan etika keperawatan pada perawat pelaksana di Ruang Rawat Inap RS GPI Depok. Jurnal Keperawatan Indonesia, 2(1), 88-97.

Windy, F., Maisa, A. E., Sarfika, R. (2018) . Buku Ajar Keperawatan Dasar 2. Bina Media.

Yusuf. (2017). Peran Komunikasi Terapeutik dalam Pelayanan Keperawatan. Pasuruan: Bina Media.

Yulitasari, I.B., Prabowo, T., Hadi, L.P. (2013). Komunikasi terapeutik perawat berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Dukun Magelang, Journal Ners and Midwifery Indonesia, 1(1), 6-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id