Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Stres Dalam Penyusunan Skripsi Di Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Penyusunan skripsi merupakan salah satu syarat akhir untuk memperoleh gelar sarjana, hal ini menjadi kendala bagi mahasiswa karena sulitnya mencari bahan literatur dan menghabiskan banyak waktu. Pandemi COVID-19 menjadi suatu kendala baru dikarenakan proses bimbingan yang harus dilakukan secara online, pembelajaran yang dilakukan secara daring dan dibatasinya akses perpustakaan. hal ini dapat menyebabkan mahasiswa mengalami stress. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan ini, yaitu dengan adanya dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat stres dalam penyusunan skripsi di masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian adalah deskriptif korelatif dengan desain cross sectional study. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling sebanyak 134 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner, yaitu Perceived Social Support From Family (PSS-Fa) untuk dukungan keluarga dan kuesioner Perceived Stres Scale (PSS-10) untuk tingkat stres. Data dianalisa menggunakan analisis uji Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dukungan keluarga (p-value 0,000), dukungan emosional (p-value 0,000), dukungan informasional (p-value 0,000), dukungan instrumental (p-value 0,000) dan dukungan penilaian (p-value 0,000), dengan tingkat stres dalam penyusunan skripsi di masa pandemi COVID-19. Diharapkan kepada keluarga untuk selalu memberikan dukungan dalam segala bentuk dukungan keluarga untuk mengurangi tingkat stres yang dialami oleh mahasiswa dalam penyusunan skripsi.
Full Text:
PDFReferences
American College Health Association. (2013). Spring 2013 Reference Group Executive Summary. Acha.
American Psychological Association. (2013). Stress in america: missing the health care connection. Retrieved from https://www.apa.org/news/press/releases/stress/2012/full-report.pdf.
Anandayu, D. N. J. (2020). Kecemasan Akademik Dan Motivasi Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Yang Mengalami BDR (Belajar Dari Rumah). Fakultas Psikologi, 1–10. http://repository.untag-sby.ac.id/5141/8/JURNAL.pdf
Carsita, W. N. (2019). Tingkat Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Yang Menyusun Skripsi. Jurnal Kesehatan Indra Husada, 6(2), 76. https://doi.org/10.36973/jkih.v6i2.151
Friedman, M. M. (2013). Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori, dan Praktik (5th ed.). Jakarta: EGC.
Irawan, E., Hayati, S., & Purwaningsih, D. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Penderita Kanker Payudara. Jurnal Keperawatan BSI, 5(2), 121–129. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jk/article/view/2635
Nirwana. (2013). Konsep Diri, Pola Asuh Orang Tua Demokratis, dan Kepercayaan Diri. 2(2). Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 153-161. http://jurnal.untag sby.ac.id/index.php/persona/article/download/103/95
Nurhayati, S., Safitri, H. H., Apriliyanti, R., Karya, U., & Semarang, H. (2021). Dukungan Keluarga Terhadap Lansia Pada Era Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional UNIMUS, 4, 1125–1136.
Pratiwi, I. F (2012). Pengaruh Dukungan Emosional, Dukungan Penghargaan, Dukungan Instrumental dan Dukungan Informatif Terhadap Stres pada Remaja di Yayasan Panti Asuhan Putra Harapan Asrori Malang. Jurnal Ilmiah: Malang. https://core.ac.uk/download/pdf/230625736.pdf.
Permana, C. A. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Keluarga Dengan Tingkat Stress Pada Lansia Andropause. Skripsi. Jember: Universitas Jember. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/3170
Permatasari, R., Arifin, M., & Padilah, R. (2020). Retno Permatasari. Jurnal Bina Ilmu Cendekia, 2(1), 128–141. Retrieved from http://jurnal.icjambi.id/index.php
Puspitawati, H. (2010). Pengaruh Karakteristik Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Pola Asuh Belajar Siswa Sekolah Dasar dan Menengah Pertama. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 3(1), 46–55. https://doi.org/10.24156/jikk.2010.3.1.46
Sari, S. (2016). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Dukungan Keluarga Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi Di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak. Nursing Student of Nursing Department, 53(9), 1689–1699.
Ulum, M, C. (2018).Hubungan Sikap Mahasiswa dengan Tingkat Stres dalam Penyusunan Skripsi pada Mahasiswa Semester VIII S1 Keperawatan Stikes Icme Jombang. Skripsi. Jombang: Stikes ICME Jombang. https://repo.stikesicme-jbg.ac.id/1352/2/143210126%20Mohammad%20Coirul%20Ulum%20%20Skripsi.pdf.
Waruwu, A. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Stres pada Mahasiswa yang Menyusun Skripsi di Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. 1–115.http://repository.uma.ac.id:8081/bitstream/123456789/15529/1/168600129%20-%20Albertin%20Waruwu%20-%20Fulltext.pdf.
Zakaria, D. (2017). Tingkat Stres Mahasiswa Ketika Menempuh Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 1–45. Retrieved from https://eprints.umm.ac.id/43367/1/jiptummpp-gdl-dhickyzaka-47398-1-naskahp-i.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id