MOTIVASI MEMPELAJARI ELEKTROKARDIOGRAM PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

Teuku Muda Attarich Zuriansyah, Devi Darliana, Cut Husna

Abstract


Elektrokardiogram (EKG) merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh mahasiswa keperawatan. Banyaknya variasi disritmia menjadikan mahasiswa harus belajar dengan tekun agar mampu menguasai keterampilan menginterpretasi EKG dengan baik. Oleh karena itu, mahasiswa membutuhkan motivasi yang tinggi untuk mempelajari EKG kompetensi tersebut. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi motivasi mempelajari elektrokardiogram pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Jenis penelitian deskripsi exploratif dengan desain cross sectional pada mahasiswa aktif S1 ilmu Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling sebanyak 134 mahasiswa. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Motivation Strategies Learning Questionnaire (MSLQ) yang telah dimodifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa tingkat motivasi mempelajari elektrokardiogram tinggi pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan berada pada kategori tinggi dengan jumlah 111 (82,8%), kategori sedang berjumlah 23 (17,2%) dan tidak ditemukan mahasiswa dengan motivasi belajar kategori rendah.Kesimpulan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki motivasi tinggi dalam mempelajari elektrokardiogram. Diharapkan kepada instruktur maupun pihak pengajar kompetensi EKG agar dapat menerapkan model pembelajaran yang bervariasi salah satunya dengan menggunakan aplikasi berbasis digital

Full Text:

PDF

References


Adesola, S. A., & Li, Y. (2018). The Relationship between Self-regulation, Self-efficacy, Test Anxiety and Motivation. International Journal of Information and Education Technology, 8(10), 759–763. https://doi.org/10.18178/ijiet.2018.8.10.1135

Adilla, H. (2016). Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 03.

Amir, S. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa D3 Keperawatan Akper Kaltara Tarakan Semester V Tahun 2018. 08(2), 81–86.

Arianti. (2018). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 117–134.

Ariyanto, A., & Sulistyorini, S. (2020). Konsep motivasi dasar dan aplikasi dalam lembaga pendidikan Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 1. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2333

Atkinson. (1996). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Bailey, D., Almusharraf, N., & Hatcher, R. (2021). Finding satisfaction: intrinsic motivation for synchronous and asynchronous communication in the online language learning context. Education and Information Technologies, 26(3), 2563–2583. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10369-z

Bandura, A. (1997). Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Dietrich, J., Dicke, A. L., Kracke, B., & Noack, P. (2015). Teacher support and its influence on students’ intrinsic value and effort: Dimensional comparison effects across subjects. Learning and Instruction, 39(November 2017), 45–54. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.05.007

Dimyanti, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dwi, K., Pusparini, C., Suma, K., & Suswandi, I. (2020). Hubungan Motivasi Intrinsik , Persepsi Siswa , Motivasi Intrinsik dan Persepsi Siswa terhadap Pelajaran Fisika dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA. 10(1), 12–23.

Farihah, U., & Rakasiwi, P. (2020). The effect of self efficacy on students ’ motivation and learning outcome of class 8 in build flat side space material The effect of self efficacy on students ’ motivation and learning outcome of class 8 in build flat side space material. Journa; of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012069

Felaza, E., Findyartini, A., Setyorini, D., & Mustika, R. (2020). How Motivation Correlates with Academic Burnout: Study Conducted in Undergraduate Medical Students. Education in Medicine Journal, 12(1), 43–52. https://doi.org/10.21315/eimj2020.12.1.5

Giannetta, N., Campagna, G., Muzio, F. Di, Simone, E. Di, Dionisi, S., & Muzio, M. Di. (2020). Accuracy and knowledge in 12-lead ECG placement among nursing students and nurses : a web-based Italian study. 91(4). https://doi.org/10.23750/abm.v91i12-S.10349

Guraya, S. Y., Guraya, S. S., Habib, F., AlQuiliti, K. W., & Khoshhal, K. I. (2018). Medical students’ perception of test anxiety triggered by different assessment modalities. Medical Teacher, 40(sup1), S49–S55. https://doi.org/10.1080/0142159X.2018.1465178

Handayani, T. P. (2020). Self Efficacy Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Kebidanan Pada Mata Kuliah Asuhan Persalinan. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(1), 132–140. https://doi.org/10.33024/jkm.v6i1.2185

Hariyadi, A., & Darmuki, A. (2019). Prestasi Dan Motivasi Belajar Dengan Konsep Diri. Prosiding Seminar Nasional, (0291), 280–286.

Kashou, A., May, A., Desimone, C., & Noseworthy, P. (2019). The essential skill of ECG interpretation : How do we define and improve competency ? 0(0), 1–3.

Liu, Y., Chou, P., & Lee, B. (2020). Effect of an interactive e-book on nursing students’ electrocardiogram- related learning achievement: A quasi-experimental design. Nurse Education Today, 90(100), 104427. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2020.104427

Luailiyah, A., Oktaviana, R. ., & Utami, K. . (2021). Motivasi dan task value berhubbungan dengan self directed learning readiness mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(01), 33–42.

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2015). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. 8(2).

Miles, M. C., Gao, H., Vallevand, A., & Violato, C. (2018). Medical Student Personality Factors and Test Anxiety. Medical Science Educator, 28(4), 597–599. https://doi.org/10.1007/s40670-018-0619-1

Ohn, M., Souza, U., & Ohn, K. (2020). A qualitative study on negative attitude toward electrocardiogram learning among undergraduate medical students. Tzu Chi Medical Journal, 32(4), 392–397. https://doi.org/10.4103/tcmj.tcmj_91_19

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. 03(2), 333–352.

Permana, D. M. S. H. A. (2015). Elektrokardiograf (ekg) berbasis bluetooth. Fisika, Fakultas Sains & Teknologi , UIN Sunan Gunung Jati Bandung, 2(1), 38–46.

Pintrich, P. R., & Groot, E. V. De. (1990). Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance. 82(1), 33–40.

Piotrowski, C. (2021). Personality Psychology Research : A Bibliometric Analysis of Investigatory Domain. 2021.

Pranitasari, D., & Maulana, I. (2022). Intrinsic and Extrinsic Factors Affecting Student Motivation in Completing Thesis. Technium Social Sciences Journal, 7, 312–320. Retrieved from https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/332/124

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori Motivasi. 1(83), 1–11.

Rahayu, E., Hardiani, W. A. A., & Yulliamir, H. (2020). Pengaruh Motivasi Intrinsik, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Keluarga Terhadap Semangat Belajar Mahasiswa Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Indonesia. 6(2), 71–74.

Raupach, T., Hanneforth, N., Anders, S., Pukrop, T., Th J Ten Cate, O., & Harendza, S. (2010). Impact of teaching and assessment format on electrocardiogram interpretation skills. Medical Education, 44(7), 731–740. https://doi.org/10.1111/j.1365-2923.2010.03687.x

Saravanan, C., Kingston, R., & Gin, M. (2014). Is Test Anxiety a Problem Among Medical Students: A Cross Sectional Study on Outcome of Test Anxiety among Medical Students? International Journal of Psychological Studies, 6(3). https://doi.org/10.5539/ijps.v6n3p24

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Saxena, M. K., & Sharma, A. (2020). Assessment of self-efficacy and academic performance of medical students. 7(6), 2169–2172.

Suprapto, T. (2009). Pengantar teori dan manajemen komunikasi. Yogyakarta: MedPress.

Syarwanda, R., & Kamil, H. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. (2), 64–72.

The National Research Center on the Gifted and Talented. (2013). Stategies To Increase the intrinsic Value Of Task In Your Class. Retrieved from UCONN website: https://nrcgt.uconn.edu/underachievement_study/goal-valuation/gv_goalva02/#

Turan, S. (2016). Medical students’ self-efficacy in problem-based learning and its relationship with self-regulated learning. 2981. https://doi.org/10.3402/meo.v21.30049

Umboh, E., Kepel, B., & Hamel, R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 108275.

Yang, R. J., Lu, Y. Y., Chung, M. L., & Chang, S. F. (2014). Developing a short version of the test anxiety scale for baccalaureate nursing skills test - A preliminary study. Nurse Education in Practice, 14(6), 586–590. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2014.05.007

Yusof, N. S. H. C., Abd Razak, N. F., Nordin, N. I., & Zulkfli, S. N. (2021). Self-efficacy, Motivation, Learning Strategy and Their Impacts on Academic Performance. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(9), 451–457. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i9/11028

Yusri, M. A. K. (2013). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Mahasiswa Tahun Masuk 2013 Jurusan KTP FIP UNP Pada Mata Kuliah Komputer Grafis. 111–117.

Zhang, N., & Henderson, C. N. R. (2014). Test anxiety and academic performance in chiropractic students*. Journal of Chiropractic Education, 28(1), 2–8. https://doi.org/10.7899/jce-13-20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id