TINGKAT STRES AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS SELAMA PROSES PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Stres akademik adalah suatu kondisi dimana terjadi ketidaksesuaian antara tuntutan sekolah dengan kemampuan yang dimiliki oleh siswa sehingga siswa akan terbebani oleh berbagai tuntutan yang diberikan sekolah atau akademik. Berbagai keluhan yang dihadapi siswa jika terjadi secara terus-menerus dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah pada masa pandemi Covid-19 akan dapat menyebabkan stres akademik yang mampu mengganggu aktivitas siswa sehari-hari dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat stres akademik siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Banda Aceh selama proses pembelajaran pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif analitik dengan desain cross-sectional study. Populasi penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Banda Aceh yang berjumlah 542 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah 230 responden. Data diambil dengan menggunakan 2 kuesioner baku yaitu kuesioner Educational Stress Scale For Adolescents (ESSA) yang terdiri dari kuesioner data demografi dan kuesioner yang berisi 16 item pertanyaan tentang stres akademik pada siswa sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 161 responden (70%) mengalami tingkat stres akademik tinggi dan 69 responden (30%) mengalami tingkat stres akademik rendah, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya terjadi stres akademik pada siswa Sekolah Menengah Atas pada masa Pandemi Covid-19. Diharapkan kepada tenaga pendidik agar dapat mengurangi tekanan yang berat dalam proses pembelajaran sehari-hari disekolah.
Full Text:
PDFReferences
Atziza, R. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stres dalam Pendidikan Kedokteran Factors Influence Stress Incidence in Medical School. J Agromed Unila, 2(3), 317–320.
Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143. https://doi.org/10.29210/119800
Covid.kemkes.go.id. Status Harian Covid-19 di Indonesia.https://Covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/. Diakses pada 25 April 2020 – 12 Juli 2020
Gusella, M. (2020). Gambaran Stres Akademis Siswa SMA Selama Pandemi COVID-19. Skirpsi. Universitas Negeri Jakarta.
Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. (2020). Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1),10–14. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i1.4804
Juniar, A. (2021). Perbedaan Stres Akademik Belajar Daring Antara Siswa Perempuan Dan Siswa Laki-Laki. 6.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Kencana.
Kementrian Pendidikan. (2020). Sistem Pembelajaran Selama Pandemi. Kementrian Pendidikan.
Lal, K. (2014). Academic Stress Among Adolescent In Relation To Intelligence And Demographic Factors. Education + Training, 19(1), 15–16. https://doi.org/10.1108/eb016458
Muslim, M. (2020). Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19. 23(2), 192–201.
Maryam, S. (2017). Strategi Coping : Teori Dan Sumberdayanya. 1, 101–107.
Putro, K. Z. (2017). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25.https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362
Shafira Yusuf, N. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Stress Akademik Pada Siswa Sma
Negeri 3 Kota Makassar. Repositori.Uin-Alauddin, 13(April), 15–38.
Safiany, A., & Maryatmi, A. S. (2018). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa-Siswi Kelas XI pada SMA Negeri 4 Jakarta Pusat. IKRAITH-Humanira: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(3), 87–95.http://journals.upiyai.ac.id/index.php/ikraith- humaniora/article/view/362
Tamara, J., & Chris, A. (2018). Hubungan stres dengan prestasi akademik di SMA
Vibriyanti, D. (2020). Kesehatan Mental Masyarakat: Mengelola Kecemasan Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 69. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.550
Wulandari, R. (2014). Gambaran Tingkat Stres Akademik Pada Remaja Di SMA Negeri 1 Depok [Universitas Indonesia]. https://lib.ui.ac.id/detail?id=20388118&lokasi=lokal
Zhang, C., D, M., Ye, M., Ph, D., Fu, Y., D, M., Yang, M., D, M., Luo, F., D, M., Yuan, J., D, M., Tao, Q., & Ph, D. (2020). The Psychological Impact of the COVID-19 Pandemic on Teenagers in China. Journal of Adolescent Health, 67(6), 747–755. https://doi.org/10.1016/j.jadohealth.2020.08.026
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@unsyiah.ac.id