PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR NEGERI

Dea Ananda, Inda Mariana Harahap, Rahmalia Amni

Abstract


Peningkatan jumlah kasus COVID-19 masih saja terus berjalan, hal itu disebabkan karena kemunculan varian COVID-19 terbaru yaitu omicron yang memiliki pengaruh mutasi yang sangat berdampak terhadap peningkatan kasus. Hal itu mengakibatkan kekhawatiran dan kewaspadan terhadap angka kasus COVID-19. Dengan demikian diperlukannya perilaku pencegahan COVID-19 seperti penggunaan masker dengan benar, mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun/handsinitizer, menjaga jarak (sosial distancing) tetap terus diterapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui perilaku pencegahan COVID-19 pada siswa-siswi sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan desain cross-sectional dan pemilihan sampel dilakukan dengan teknik total sampling dengan responden yang berjumlah 99 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dianalisis dengan menggunakan program komputerisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berusia 12 tahun (73,3%), jenis kelamin perempuan (57,6%), pendidikan ayah dan ibu mayoritas menengah (59,6%), dan (51,5%), serta sebagian besar mendapatkan informasi COVID-19 dari media massa (43,4%). Hasil juga menunjukkan nilai median sebesar 9,00 dan nilai maksimum 10, sehingga dapat diinterpretasikan bahwa perilaku responden mayoritas kearah baik. Direkomendaikan untuk siswa-siswi dapat meningkatkan perilaku pencegahan COVID-19, sehingga kejadian COVID-19 dapat dicegah.


Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Alimansur, M., & Quyumi, E. (2020). Prevention efforts with compliance to the prevention of transmission of covid-19 to covid volunteers. Journal of Public Health Research and Community Health Development, 4(1), 81. https://doi.org/10.20473/jphrecode.v4i1.21792

Caesaron, D., Safrudin, Y. N., Salma, S. A., Yastica, T. V., & Pramadya, A. R. (2021). Factors affecting the perceived effectiveness in preventing the transmission of covid-19 in indonesia: Integrating the extended theory of planned behavior and health belief model. Binus Business Review, 12(3), 197–120. https://doi.org/10.21512/bbr.v12i3.7112

Gunawan, S., Sinsin, I., & Zani, A. Y. P. (2021). Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku pencegahan covid-19 pada peserta seminar online stikes raflesia 7 april 2020. Perilaku Dan Promosi Kesehatan: Indonesian Journal of Health Promotion and Behavior, 3(1), 47. https://doi.org/10.47034/ppk.v3i1.4553

Lin, Y., Hu, Z., Alias, H., & Wong, L. P. (n.d.). Influence of mass and social media on psychobehavioral responses among medical students during the downward trend of covid-19 in Fujian , China : Cross-Sectional Study Corresponding Author : 22(7), 1–13. https://doi.org/10.2196/19982

Moudy, J., & Syakurah, R. A. (2020). Pengetahuan terkait usaha pencegahan coronavirus disease (COVID-19) di Indonesia. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 333–346.

Muslih, M., Susanti, H. D., Rias, Y. A., & Chung, M. H. (2021). Knowledge, attitude, and practice of indonesian residents toward covid-19: A cross-sectional survey. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(9). https://doi.org/10.3390/ijerph18094473

Nguyen, M. H., Pojani, D., Nguyen, T. C., & Ha, T. T. (2021). The impact of covid-19 on children’s active travel to school in Vietnam. Journal of Transport Geography, 96(October 2020), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jtrangeo.2021.103191

Parwanto, E. (2021). Virus corona(sars-cov-2) penyebab covid-19 telah bermutasi. Jurnal Biomedika, 4(2), 47–49. https://doi.org/10.1101/2020.12.30.20249034

Prasetiyo, A. (2020). Media internet sebagai sarana edukasi pada anak usia dini tentang covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education, 3(2), 43–46. https://doi.org/10.20961/joive.v3i2.43056

Syed, M. H., Meraya, A. M., Yasmeen, A., Albarraq, A. A., Alqahtani, S. S., Syed, N. K. A., Algarni, M. A., & Alam, N. (2021). Application of the health belief model to assess community preventive practices against covid-19 in Saudi Arabia. Saudi Pharmaceutical Journal. https://doi.org/10.1016/j.jsps.2021.09.010

UNICEF. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak. Unicef.Org, 1–16. https://doi.org/https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/menuju-respons-dan-pemulihan-covid-19-yang-berfokus-pada-anak

Yulianingsih, Hayati, Y., Kurnia, T., Nursihah, A., & Arif. (2020). Pengenalan covid-19 pada anak usia dini melalui metode bercerita. Digital Library UIN Sunan Gunung Jati, April, 1–12. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30608


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JIM FKEP

JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN

ISSN (Online) : 2716-3555

Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala

Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,

Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.

e-mail:jim.fkep@usk.ac.id