GAMBARAN MANAJEMEN STRES DALAM PRAKTIK KLINIS SAAT PANDEMI COVID-19
Abstract
COVID-19 dinyatakan oleh World Health Organization (WHO) sebagai pandemi pada 11 Maret 2020. Mahasiswa Profesi Ners merupakan salah satu populasi yang terdampak oleh pandemi COVID-19 ini, mahasiswa profesi Ners mengalami kelelahan fisik dan mental akibat risiko tinggi terinfeksi COVID-19, kurangnya alat pelindung diri (APD), berada pada situasi yang penuh dengan tekanan, dan perasaan tersiksa sehingga mengakibatkan stres. Untuk mengatasi stres yang dialami, mahasiswa profesi Ners melakukan berbagai macam cara sebagai manajemen stres. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran manajemen stres pada mahasiswa profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala yang sedang menjalankan praktik klinis dimasa pandemi COVID-19. Jenis penelitian deskriptif dengan analisa univariat dan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan teknik total sampling sebanyak 78 responden. Alat pengumpulan data berupa kuesioner Perceived Stress Scale (PSS-10) modified for COVID-19 (PSS-10-C) dan Brief-COPE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemi COVID-19 dan menjalani program profesi Ners, mahasiswa mengalami stres sedang 49 responden (62.8%). Faktor penyebab stres terbanyak adalah tugas yang banyak dan deadline yang cepat 29 responden (37.2%). Mayoritas mahasiswa profesi Ners menggunakan approach/positif koping saat menghadapi suatu masalah 72 responden (92.3%). Sehingga diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk lebih memperhatikan stres pada mahasiswa profesi Ners dan juga menjadi bahan kajian bagi penelitian selanjutnya.
Full Text:
PDFReferences
Altiok, H.. & Ustun, B., 2013. The Stress Sources of Nursing Students. Educational Sciences: Theory & Practice, 13(2), pp.260–266. Available at: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eue&AN=87343946&sit e=ehost-live.
Ariviana, I.S., Wuryaningsih, E.W. & Kurniyawan, E.H. (2021). Tingkat Stres, Ansietas, Dan Depresi Mahasiswa Profesi Ners Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa. 4(4).
Doremalen, V. et. al., (2020). Corresp Ondence Aerosol And Surface Stability Of SARS-Cov-2 As Compared With SARS-Cov-1. Nejm.
Dinas Kesehatan Aceh. (2021). Info COVID19. https://dinkes.acehprov.go.id.
Dinas Kesehatan
Eweida, et.al. (2020). Mental Strain And Changes In Psychological Health Hub Among Intern-Nursing Students At Pediatric And Medical-Surgical Units Amid Ambience Of COVID-19 Pandemic: A Comprehensive Surve. Nurse Education in Practice. Elsevier. 49. 1471-5953
Gallego-Gómez, J. I., Campillo-Cano, M., Carrión-Martínez, A., Balanza, S., Rodríguez-González-Moro, M. T., Simonelli-Munoz, A. J., & Rivera-Caravaca, J. M. (2020). The COVID-19 Pandemic and Its Impact on Homebound Nursing Students. International Journal of Enviromental Research and Public Health, 17(7383), 1–12. https://doi.org/10.3390/ijerph17207383
Heath, C., Sommerfield, A., & von Ungern-Sternberg, B. S. (2020). Resilience
Strategies To Manage Psychological Distress Among Healthcare Workers During The COVID-19 Pandemic: A Narrative Review. Anaesthesia, 75(10), 1364–1371. https://doi.org/10.1111/anae.15180.
Huang, X & Liu. (2020). Detection of Colorectal Adenomas With a Real Time Computer Aided System (endoangel): a Randomised Controniled Study. Universitas Syiah Kuala. Science Direct. 5(4) 352-361.
Kementrian Kesehatan Republik Indnesia. (2018). Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. 23 Desember. http://p2ptm.kemkes.go.id/informasi-p2ptm/stress.
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Kemenkes RI.
Maramis, J. R & Tawaang, E. Y. (2021). Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Burnout Pada Mahasiswa Profesi Ners Universitas Klabat Di Era Pandemi Covid 19. Klabat Journal of Nursing. 3 (1).
Murharyati, A. et. al.,. (2021). Keperawatan Jiwa Mengenal Kesehatn Mental. Ahlimedia Press.
Novitasari, I. Kurniawan, S.T. & Kanita, M.W. (2020). Gambaran Tingkat Stress Mahasiswa Profesi Ners Universitas Kusuma Husada Surakarta Selama Study From Home (Sfh) Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan
Nurhidayah, R. E . (2011). Pendidikan Keperawatan. USU Press.
Saree, Atikah, Okti Sri Purwanti. (2017). Gambaran Tingkat Stres dan Mekanisme Koping pada Mahasiswa Profesi Ners, Universitas Muhammadiyah Surakarta.Skripsi thesis
Shanafelt, T., Ripp, J., & Trockel, M. (2020). Understanding and Addressing Sources of Anxiety Among Health Care Professionals During the COVID-19 Pandemic. Journal American Medical Association. https://doi.org/10.1001/jama.2020.5893
Son, C., Hegde, S., Smith, A., Wang, X., & Sasangohar, F. (2020) Effects of COVID-19 on College Students Mental Health in The United States: Interview Survey Study. Journal of Medical Internet Research, 22 (9), 1- 14.
Stuart, G. W. (2016). Keperawatan Kesehatan Jiwa Stuart (Vols. 978-981-4570- 13-8). Elsevier Singapore.
Stuart, G. W. (2013). Principles of Psychiatric Nursing. Edisi 10. Mosbu: Elsevier.
Taylor, R., A. Gregory., & A. Hofmeyer. (2020). Teaching Empathy And Resilience To Undergraduate Nursing Students: A Call To Action In Thecontext Of Covid-19. Nurse Education in Practice. 12. 104524.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIM FKEP
JURNAL ILMIAH MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN
ISSN (Online) : 2716-3555
Fakultas Keperawatan, Universitas Syiah Kuala
Jl. Tgk. Tanoh Abee, Darussalam, Banda Aceh 23111,
Phone/Fax. Telp: +62651 7555249.
e-mail:jim.fkep@usk.ac.id